Umumnya, tim HRD dan team leader akan mengisi form penilaian kinerja karyawan pada periode tertentu untuk mengetahui performa setiap karyawan dan menjadi bahan evaluasi untuk periode selanjutnya.

Adapun form penilaian karyawan baru dan form penilaian kinerja tenaga kontrak berfungsi sebagai alat untuk meninjau dan menentukan kontrak baru bagi karyawan tersebut. 

Selain itu, berkas penilaian kinerja karyawan ini juga dapat mempengaruhi besaran upah, tunjangan, bonus hingga sebagai alat untuk mempertimbangkan promosi kenaikan jabatan bagi karyawan tersebut. Simak ulasan tuntas mengenai form penilaian kinerja karyawan berikut ini.

Banner

Baca juga: Mengenal Prima Armada Raya, Perusahaan Sewa Mobil Terbaik!

Mengenal Penilaian Kinerja Karyawan

Form penilaian kinerja karyawan merupakan form penilaian dalam angka-angka tertentu berdasarkan hasil kerja karyawan tersebut. Kendati demikian, ada juga form penilaian yang menggunakan elemen lain namun tetap memberikan informasi tentang performa karyawan secara objektif.

Biasanya tim HRD meminta team leader atau manager divisi atau supervisor untuk menganalisis hasil kerja karyawan di dalam divisi mereka pada periode tertentu, misalnya dalam periode 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Fungsi form penilaian ini berguna sebagai parameter untuk perusahaan memberikan penghargaan, penentuan bonus, bahan evaluasi untuk menentukan apakah karyawan tersebut pantas mendapatkan promosi jabatan hingga perencanaan bisnis untuk periode selanjutnya.

Manfaat penilaian kinerja bagi karyawan, antara lain:

  • Menerima evaluasi hasil kerja pada periode tertentu.
  • Mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri untuk kemudian ditingkatkan kembali skill yang dimiliki.
  • Menemukan dan membangun langkah-langkah supaya mendapatkan promosi.

Sedangkan manfaat penilaian kinerja bagi manajer atau team leader, antara lain:

  • Mengidentifikasi kemampuan masing-masing karyawan dalam satu tim.
  • Mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing karyawan untuk kemudian membantu meningkatkannya.
  • Memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawan berprestasi.
  • Membantu menempatkan masing-masing karyawan pada posisi yang tepat.

Alasan Pentingnya Penilaian Kinerja Karyawan

Sebenarnya pembuatan form penilaian kerja ini merupakan dokumen yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Melalui form ini, perusahaan dapat mengetahui bagaimana efisiensi kerja pada periode tertentu, khususnya efisiensi dan evaluasi dari projek-projek bisnis tertentu.

Meskipun penting bagi perusahaan, akan tetapi evaluasi karyawan ini juga penting bagi para pekerja. Berikut ini alasan mengapa penting membuat form penilaian kinerja karyawan.

1. Menilai Karyawan Lebih Objektif dan Adil

Karyawan mendapatkan penilaian dan evaluasi yang lebih objektif dan adil dari team leader, manajer divisi, hingga dari perusahaan. Termasuk di dalamnya penilaian terhadap para bos seperti manajer divisi dan team leader dari perusahaan dan juga anak buahnya.

2. Menjadi Tolok Ukur Kualitas Hasil Rekrutmen

Bagi perusahaan, mereka mengetahui bagaimana kualitas hasil rekrutmen dari tim HRD. Walaupun begitu, proses penyeleksian karyawan atau rekrutmen ini juga bukan faktor utama kualitas karyawan menurun. BIsa jadi karena lingkungan kerja.

3. Menjadi Alat Evaluasi dan Performa Karyawan

Setiap karyawan dengan status dan jabatannya masing-masing memiliki penilaian performa kerja mereka masing-masing untuk kemudian dijadikan sebagai bahan untuk mengevaluasi agar periode selanjutnya lebih berkembang.

Melalui form penilaian kinerja karyawan ini juga mereka berhak mendapatkan promosi jabatan. Sedangkan bagi karyawan baru yang sedang melalui masa probation dan karyawan kontrak akan berkesempatan mendapatkan promosi kenaikan status menjadi karyawan tetap melalui hasil penilaian kerja yang objektif.

4. Membantu Proses Staffing

Berkaitan dengan promosi jabatan yang berhak didapatkan setiap karyawan, perusahaan perlu mengetahui kelayakan tersebut dan penempatan posisi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki karyawan.

Dengan begitu, setiap divisi melakukan fungsinya masing-masing dengan tepat sehingga kemampuan karyawan akan lebih optimal. Perkembangan bisnis pun akan semakin terjamin.

5. Menjadi Parameter Pengembangan Diri Karyawan

Karyawan berkesempatan mendapatkan pengembangan diri dan skill dengan berdasarkan tolok ukur hasil evaluasi performa kerjanya.

Perusahaan mengetahui kekurangan masing-masing karyawan dan memberikan training atau pengembangan-pengembangan diri lainnya seperti workshop atau pelatihan untuk membantu mengasah skill karyawan tersebut.

6. Menjadi Tolok Ukur Kriteria Kompensasi dan Tunjangan

Alasan yang terakhir mengapa penting membuat form penilaian kinerja karyawan yakni untuk memberikan penghargaan dan kompensasi lainnya kepada karyawan yang sudah berusaha keras memajukan bisnis. Perhitungan tunjangan atau kompensasi dan penghargaan atau hadiah dalam bentuk apapun akan jadi lebih akurat dan tepat sasaran.

Baca juga: Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix, Ini 15 Keunggulannya

Unsur Fundamental dalam Form Penilaian Kinerja Karyawan

Terdapat 2 unsur penting di dalam form penilaian kinerja karyawan, yakni unsur kompetensi karyawan dan hasil kerja karyawan.

1. Unsur Kompetensi Karyawan

Unsur kompetensi karyawan merupakan penilaian yang berkaitan tentang perilaku dan moral karyawan serta skill dan kemampuan karyawan terhadap pekerjaan yang diemban.

Tim penilai dapat memberikan penilaian dalam bentuk angka atau indikator lain seperti sangat memuaskan, memuaskan dan tidak memuaskan untuk masing-masing penilaian kinerja karyawan.

2. Unsur Hasil Kerja Karyawan

Informasi dalam bentuk kesimpulan berdasarkan analisis terhadap produktivitas dan performa kerja karyawan tersebut. Kesimpulan umumnya bersifat lebih mendetail seperti capaian target dan tingkat kedisiplinan karyawan dalam bekerja.

Melalui hasil kesimpulan yang lebih detail dan objektif tersebut yang nantinya menjadi tolok ukur perusahaan dalam membuat perencanaan bisnis untuk periode selanjutnya.

Elemen Mendasar dalam Memilih Partner Bisnis

Selain menilai seberapa berkualitas dan performa karyawan, dalam mengembangkan bisnis, penilaian lain yang mesti Anda lakukan yakni menilai seberapa efektifnya kerja sama yang terjalin antara Anda dan mitra bisnis.

Untuk mengetahuinya, langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apakah kerja sama bisnis yang sedang terjalin memang hal yang diperlukan oleh perusahaan. 

Sebagai contoh, perusahaan memiliki banyak mobil dinas operasional untuk mendukung bisnis. Maka dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif atau bengkel merupakan langkah tepat untuk membantu merawat mobil perusahaan.

Kemudian, mencari tahu bagaimana background dan track record perusahaan tersebut dalam berbisnis dan bekerja sama. Termasuk di dalamnya bagaimana kehandalan mitra bisnis dalam menjalankan bisnisnya. 

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Operasional dengan Otoklix for Business

Misalnya saja Otoklix, untuk menyempurnakan layanannya maka Otoklix bekerja sama dengan lebih dari 200 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga Anda dapat servis mobil perusahaan dari mana saja.

Faktor terpenting yang terakhir adalah bagaimana perusahaan tersebut berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap jalinan kerja sama bisnis. Profesionalisme di sini memiliki peran penting agar kedua perusahaan dapat meraup keuntungan yang setimpal.

Untuk merealisasikannya, Otoklix memberikan banyak fasilitas dan layanan khusus bagi perusahaan yang mempercayakan kendaraan dinas operasional perusahaannya pada Otoklix.

Temukan banyak promo dan fasilitas menarik lainnya melalui aplikasi Otoklix. Untuk mendaftarkan perusahaan dalam layanan Otoklix for Business bisa menghubungi OtoBuddy 0811-920-025.

Selain memfasilitasi ratusan bengkel, Otoklix memiliki layanan dasbor service online untuk memudahkan Anda melihat riwayat servis mobil perusahaan, fasilitas emergency handling, layanan antar jemput gratis, home service hingga fleksibilitas metode dan waktu pembayaran servis.

Menariknya, biaya servis di bengkel Otoklix ini lebih hemat hingga 30% dari biaya servis mobil di bengkel resmi. Segera nikmati kemudahan merawat dan memperbaiki mobil perusahaan melalui layanan servis mobil operasional Otoklix for Business.

Pertanyaan Seputar Form Penilaian Kinerja Karyawan

Form penilaian kinerja karyawan merupakan form penilaian dalam angka-angka tertentu berdasarkan hasil kerja karyawan tersebut. Kendati demikian, ada juga form penilaian yang menggunakan elemen lain namun tetap memberikan informasi tentang performa karyawan secara objektif.

Manfaat form penilaian kinerja karyawan bagi perusahaan dan karyawan antara lain sebagai alat untuk menilai karyawan lebih objektif dan adil, tolok ukur kualitas sistem seleksi karyawan, sebagai alat evaluasi dan performa karyawan, membantu perusahaan dalam proses staffing hingga parameter keberhasilan bisnis.

Umumnya form penilaian kinerja karyawan meliputi unsur kompetensi karyawan tersebut seperti perilaku dan moral karyawan serta skill dan kemampuan. Unsur lain yang penting yakni hasil kerja karyawan dalam periode tertentu.