Pasti ada tantangan yang harus dilewati ketika membangun dan menjalankan bisnis. Tidak terkecuali cerita pengusaha sukses berikut ini yang memulai bisnis dari nol hingga akhirnya skala bisnis makin besar, hingga mengglobal. Bahkan, ada yang memulainya dengan menjadi pemulung hingga kemudian punya bisnis mewah.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
        

Mari kita simak cerita pengusaha sukses berikut ini dan mengambil pelajaran tentang strategi membangun bisnisnya.

Banner

Baca juga: Sejarah Bisnis Travel di Traveloka, Inovasi Industri Perjalanan

10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis dari Nol

Pengusaha-pengusaha ini punya cerita unik dalam membangun bisnis. Tidak hanya pengusaha di Indonesia, tetapi kita juga akan mengulas pengusaha di luar negeri yang memiliki cerita sukses yang menginspirasi.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

1. Stanly Erungan

Cerita pengusaha sukses yang bertama berasal dari pengusaha bengkel. Ketika memulai bisnis, Stanly Erungan tidak dalam usia yang terlalu muda, yakni menjelang 40 tahun. Stanly Erungan adalah pengusaha sukses yaitu pemilik salah satu bengkel mobil tepercaya, Mitra Service Car. 

Setelah lulus kuliah dari Universitas Padjajaran (Unpad) pada tahun 1996, Stanly bekerja di salah satu perusahaan otomotif, yaitu Astra. Stanly menapaki karir hingga mendapat posisi penting di perusahaan. Namun, keinginannya yang kuat untuk membangun usaha membuatnya akhirnya memutuskan untuk resign.

Setelah keluar, ia tidak langsung mendirikan usaha, tetapi memilih bergabung dengan perusahaan oli di Jakarta. Dengan bergabung di perusahaan tersebut, ia pun makin memiliki jaringan kuat di otomotif. Bermodal jaringan itu, akhirnya pada 2008 Stanly keluar dari perusahaan oli dan mulai mengelola bengkel mobil miliknya.

Sebenarnya Stanly sudah memulai bisnis bengkel sejak tahun 2007 saat masih bekerja di perusahaan oli, tetapi yang didirikan adalah bengkel motor.  Hingga akhirnya bengkel motor tersebut dijual pada 2009 dan fokus membesarkan bengkel mobil miliknya.

Selain menyediakan layanan servis mobil, bengkel Stanly juga menyediakan aneka onderdil mobil dengan merek sendiri, yaitu AQ Genuine. Kebanyakan onderdil AQ Genuice tersedia untuk bus dan truk. Stanly juga mengimpor onderdil mobil-mobil Eropa. Berkat usahanya ini, Stanly bisa meraup omzet lebih dari Rp1 miliar per bulan.

2. Hardianto

Nasib seseorang bisa berubah drastis. Begitu juga dengan cerita pengusaha sukses berikut ini. Kalimat tersebut bukan sekadar isapan jempol. Sebab, hal itu terjadi kepada Hardianto, pemilik sekaligus mekanik di bengkel Hardy Classic Car Interior.

Hardy Classic Car bukanlah bengkel biasa. Bengkel modifikasi ini sudah jadi langganan artis kaya dan terkenal. Contohnya Raffi Ahmad, Ammar Zoni, bahkan Atta Halilintar adalah sederet artis yang jadi langganan bengkelnya. Kalau sudah sering didatangi oleh artis, bisa terbayar berapa keuntungan yang bisa diperoleh bengkel milik Hardianto ini. 

Namun, di balik kesuksesannya, siapa yang menyangka bahwa Hardi butuh banyak pengorbanan dan kegagalan?

Memasuki kepala dua, Hardi resah karena tidak kunjung dapat pekerjaan. Akhirnya Hardi memutuskan merantau ke Jakarta pada 2007 silam. Hardi bersama temannya menumpang truk hingga sampai Jakarta. Di truk tersebut, dia bertemu dengan seorang pemulung. Pemulung tersebut memberi saran untuk mengikutinya sebagai pemulung agar bisa bertahan hidup di Jakarta.

Penghasilan Hardi saat jadi pemulung jauh dari kata cukup, hanya Rp6.000 per hari. Sedangkan untuk makan saja butuh uang Rp10 ribu untuk sekali makan. Bahkan, Hardi pernah dituduh mencuri karena mengambil barang bekas di rumah warga.

Nasib pun berubah ketika Hardi kenal dengan seorang pengusaha bengkel mobil. Hardi pun bekerja di sana dan mengalami kenaikan penghasilan. Penghasilan tersebut dikumpulkan untuk modal. Setelah modal terkumpul, Hardi menjalankan bisnisnya sendiri, yaitu bengkel Hardy Classic Car Interior.

Baca juga: Sejarah Blibli: Navigasi Sukses di Lautan E-Commerce Indonesia

3. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey adalah seorang wanita yang berasa dari keluarga yang sulit dan masa kecil yang keras. Kemudian, Oprah membangun karir sebagai pembawa acara talk show terkenal. Di sisi lain, dia juga mendirikan Oprah Winfrey Network (OWN), yaitu jaringan hiburan yang sukses.

4. Soichiro Honda

Soichiro Honda awalnya hanya seorang mekanik. Kemudian, dia memulai usaha dari sebuah gudang kecil. Hingga akhirnya dia membangun Honda Motor yang memproduksi motor dan mobil dan jadi salah satu pemain besar di industri otomotif.

5. Jack Ma

Pada awalnya, Jack Ma ditolak oleh banyak perusahaan dan universitas. Namun, semangatnya tidak suruh. Dia justru berani membangun Alibaba Group dari nol hingga saat ini jadi salah satu perusahaan teknologi (e-commerce) terbesar di dunia.

6. Susi Pudjiastuti

Nama Susi Pudjiastuti makin terkenal sejak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di era pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla. Selama menjabat sebagai Menteri, Susi dikenal sebagai sosok yang nyentrik dan tegas.

Meskipun hanya berbekal ijazah SMP, tetapi Susi memang sudah punya jiwa bisnis sejak masih muda. Setelah drop out dari SMA, Susi memulai bisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran. Susi menjual perhiasannya untuk mendapatkan modal bisnis.

Bisnis Susi kian maju. Hingga akhirnya dia bisa membeli pesawat untuk mempermudah mengangkut produk laut. Kemudian, satu demi satu pesawat mulai terkumpul. Sehingga Susi memutuskan mendirikan maskapai, yaitu Susi Air untuk melayani carteran atau rute di pedalaman. Hingga akhirnya cerita Susi jadi salah satu cerita pengusaha sukses yang bisa kita teladani.

Baca juga: 10 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Menghadapi Krisis

7. Sunny Kamengmau

Salah satu impian pebisnis adalah bisa memasarkan produk hingga dikenal negara lain. Sunny Kamengmau merupakan seorang pria asal NTT yang bisa sukses menciptakan dan memasarkan tas merek Robita. Tas ini bahkan sangat populer di kalangan sosialita kelas atas di Jepang.

Sunny tidak menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Dengan bermodal nekat, Sunny pergi ke Bali dan menjadi tukang sapu di sebuah hotel. Kinerja yang bagus membuatnya diangkat jadi satpam. Ketika bekerja di hotel, Sunny tekun belajar bahasa Inggris dan Jepang. Gaji pertamanya juga disisihkan untuk membeli kamus bahasa asing tersebut.

Pekerjaan di hotel itu membuatnya bertemu dengan pengusaha asal Jepang yang meminta Sunny memasok tas kulit ke Jepang. Namun, perjuangannya dalam menjalankan bisnis tidak semudah itu hingga sukses. Sunny sempat nyaris kehilangan semua penjahit karena usaha yang tidak maju-maju.

Hingga akhirnya Sunny memperkuat bisnisnya hingga bisa merekrut 100 karyawan. Hingga kemudian tasnya digemari kalangan atas di Jepang. Sunny bercita-cita ingin menguasai pasar tas berkualitas di Indonesia. Cerita pengusaha sukses ini menginspirasi pebisnis lain yang memulai bisnis dari nol.

8. Reza Nurhilman

Pada zamannya, keripik “setan” Maicih sangat terkenal. Reza memulai bisnis keripik singkong pedas ini pada usia 23 tahun. Saat mendirikan UKM ini Reza bekerja sama dengan produsen keripik lokal di Bandung.

Modal awal yang dimilikinya hanya Rp15 juta. Kemudian, Reza melakukan pemasaran produk dari mulut ke mulut hingga memanfaatkan situs jejaring sosial Twitter. Selain itu, Reza membuat sistem reseller dan keagenan untuk lebih banyak menjangkau konsumen. Hingga akhirnya Maicih terkenal ke luar kota hingga dipasarkan di supermarket-supermarket.

9. Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal Bob Sadino? Cerita pengusaha sukses ini sudah dikenal masyarakat. Bob Sadino ternyata juga mengalami berbagai tantangan dalam perjalanan merintis bisnis hingga sukses. Padahal, Bob Sadino telah bekerja di BUMN selama sembilan tahun, tetapi memutuskan keluar untuk merintis bisnis.

Pada mulanya, Bob memulai bisnis penyewaan mobil dengan satu mobil dan dia sebagai supirnya. Namun, usaha tersebut tidak berjalan lancar. Sehingga, Bob Sadino memutuskan untuk bekerja sebagai buruh bangunan dengan upah harian.

Ketika bekerja di sektor ini, Bob Sadino melihat peluang bisnis di peternakan ayam dan produksi telur. Hal ini yang membuatnya memutuskan menjalankan bisnis telur. Hingga akhirnya bisnis telur yang dijalankan Bob Sadino sukses dan membuka jalan bagi Bob Sadino untuk memulai bisnis lain, seperti daging dan budidaya sayuran hidroponik.

Salah satu usaha sukses yang didirikannya adalah Kem-Chicks yang menjual beragam produk peternakan dan pertanian.

10. Dato Sri Tahir

Cerita pengusaha sukses yang terakhir adalah sosok yang mendirikan bisnis garmen. Dato Sri Tahir adalah pendiri Mayapada Group. Dato Sri Tahir merupakan salah satu figur di balik kelompok bisnis yang beroperasi di berbagai sektor industri. Dato Sri Tahir bukan sosok yang berasal dari kalangan anak, melainkan dari keadaan ekonomi menengah, ayahnya bekerja sebagai tukang becak sedangkan ibunya punya toko pakaian.

Sebenarnya Dato Sri Tahir bercita-cita jadi seorang dokter, tetapi cita-citanya harus kandas karena ayahnya jatuh sakit dan keadaan ekonomi keluarga makin buruk. Akhirnya, dengan tekad dan kerja keras, Dato Sri Tahir dapat beasiswa di sekolah bisnis Nanyang Technological University, Singapura. Setelah selesai menempuh pendidikan, Tahir mulai mendirikan usaha garmen hingga sukses.

Itu dia 10 cerita pengusaha sukses yang bisa menginspirasi pengusaha yang sedang membangun bisnis dari nol.

Salah satu cara menjalankan bisnis agar berjalan dengan lancar adalah dengan merawat mobil operasional.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Cerita Pengusaha Sukses


Beberapa pengusaha sukses yang terkenal di dunia adalah Elon Musk, Jack Ma, Waffen Buffett, Oprah Winfrey, Barack Obama, hingga Bill Gates.


Indonesia tentu punya banyak sosok inspiratif yang sudah sukses di usia muda, antara lain Robert Budi Hartono, Anthony Salim, Dato Sri Tahir, Chairul Tanjung, Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa, Achmad Zaky, hingga Ferry Unardi.


Sejumlah bisnis yang dijalankan oleh pengusaha sukses adalah di bidang keuangan dan investasi, teknologi, manufaktur, mode, kesehatan, makanan dan minuman, hingga perumahan.