Cara melepas aki mobil yang benar dan memasangnya kembali bukan hal yang sulit dilakukan. Kamu tidak perlu ke bengkel untuk melepas aki mobil. Apalagi jika aki sudah bermasalah, biasanya mobil mogok. Jadi kamu harus menggantinya sendiri di rumah atau melakukan panggilan montir.

Kadang kala kamu juga butuh melepaskan aki saat menyimpan mobil yang akan lama tidak digunakan untuk waktu yang lama atau saat terpaksa memarkir mobil di pinggir jalan untuk menghindari kecurian mobil.

    Berikut ini adalah cara melepas aki mobil yang benar.

    Cara Melepas Aki Mobil

    Ini dia beberapa langkah yang perlu kamu ikuti dengan benar dan berurutan untuk melepaskan aki.

    1. Lakukan secara hati-hati

    Kamu perlu melepas aki secara hati-hati karena aki adalah komponen mobil yang berfungsi menyalurkan daya listrik. Proses atau cara yang salah bisa menyebabkan sistem kelistrikan mobil rusak.

    2. Siapkan alat

    Alat yang harus disiapkan pada cara melepas aki mobil cukup sederhana. Beberapa alat yang dibutuhkan adalah obeng minus, tang, kunci inggris atau kunci pas yang ukurannya cocok pada baut-baut aki, dan perkakas lain jika dibutuhkan. Biasanya kunci pas no. 10 atau no. 12.

    3. Pastikan kunci kontak off

    Untuk menghindari terjadinya korsleting, maka kamu perlu mematikan dulu mesin mobil dan memastikan kunci kontak berada pada posisi off. Kadang terjadi throttle reset pada beberapa mobil ketika dilakukan pelepasan dan pemasangan aki.

    4. Melepaskan bagian kutub negatif

    Terdapat kabel aki positif dan negatif dan komponen lainnya seperti baut dan klem pada kutub positif dan negatif. Kamu juga mungkin bertanya-tanya, melepas dan pasang aki mobil positif atau negatif dulu?

    Nah, saat melepas aki, kamu perlu fokus pada bagian kutub negatif terlebih dahulu. Bagian ini biasanya berwarna hitam dan ada tanda (-) minus. Kabel, baut, dan klem pada kutub negatif dilepaskan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek. Korsleting yang terjadi bisa menyebabkan aki bermasalah dan membahayakan diri sendiri.

    5. Melepaskan bagian kutub positif

    Setelah bagian kutub negatif sudah terlepas, maka langkah selanjutnya adalah melepaskan bagian kutub positif. Kutub positif ini ditandai dengan warna merah dan ada tanda (+) plus. Caranya sama dengan melepas kutub negatif, yaitu melepaskan kabel, baut, dan klem.

    Mengapa tidak bagian kutub positif terlebih dahulu dalam cara melepas aki mobil? Kutub positif yang bersentuhan dengan logam seperti kunci inggris, kunci pas, atau bahkan cincin akan menimbulkan hubungan arus pendek atau setrum. 

    Setelah kutub positif terlepas, usahakan tidak menyentuh bodi mobil. Khawatir terdapat sisa listrik yang mengganggu 

    6. Lepas bracket aki

    Pada aki terdapat bracket yang menghubungkannya dengan rangka mobil. Sebelum melepaskan aki, kamu perlu melepas bracket pada bodi aki menggunakan kunci pas no. 10 atau no.12.

    7. Angkat aki secara perlahan dan tegak lurus

    Cara melepas aki mobil yang terakhir adalah mengangkatnya dari rangka mobil. Apabila seluruh kabel, baut, dan klem kedua kutub aki tidak lagi tersambung, maka kamu bisa mulai mengangkat aki. Usahakan untuk mengangkat aki secara perlahan dan posisi tegak lurus untuk menghindari cairan aki tumpah.

    Cairan aki memiliki konsentrasi asam sulfat yang pekat. Jika terkena tangan atau bodi mobil bisa menyebabkan iritasi dan korosi pada logam lain.

    Melepas aki adalah salah satu cara menjaga agar kondisi aki tetap baik meskipun mobil tidak digunakan untuk waktu yang lama. Baterai pada aki akan tetap tersimpan. Kamu bisa memasangnya lagi ketika mobil akan digunakan.

    Selain melepas aki, terdapat cara-cara lain untuk merawat agar aki menjadi lebih awet.

    Cara Merawat Aki Mobil

    Berikut panduan untuk merawat aki agar bisa lebih awet:

    1. Mengontrol beban penggunaan aki

    Menggunakan banyak komponen yang memerlukan listrik akan membuat aki bekerja keras sehingga aki menjadi cepat tekor. Kamu bisa melakukan pengecekan beban penggunaan aki di bengkel dan dapat dilakukan secara berkala.

    2. Membersihkan aki

    Membersihkan aki juga bisa menjadi salah satu cara merawat aki mobil. Bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian terminal aki yang biasanya tertutup kotoran dan debu. Terminal aki yang kotor bisa menjadi isolator atau penghambat arus listrik ke komponen mobil. Terminal aki ini bisa dibersihkan menggunakan sikat kawat atau sikat plastik.

    3. Memanaskan mobil

    Memanaskan mobil tidak hanya menjaga komponen aki agar kualitasnya tetap baik, tetapi juga menjaga komponen lain agar kinerjanya maksimal. Mobil yang dipanaskan akan membuat arus listrik mengalir dan aki akan terhindar dari soak. Kamu bisa memanaskan mobil selama 10-15 menit setiap minggu.

    4. Memastikan ketersediaan listrik dalam aki

    Cara memastikan ketersediaan listrik dalam aki adalah dengan memperhatikan tanda-tanda aki lemah pada mobil. Aki yang lemah biasanya membuat mobil sulit distarter. Untuk memastikannya, kamu bisa melakukan pengecekan di bengkel. Jika memang ketersediaan listrik dalam aki menipis, kamu bisa melakukan isi ulang listriknya.

    5. Memilih aki berkualitas baik

    Saat ini banyak produsen aki memproduksi aki dengan berbagai spesifikasi. Pilih aki dengan kualitas yang baik dan cocok dengan kebutuhan mobil kamu. Apabila suplai listrik terganggu maka komponen mobil tidak bisa bekerja maksimal bahkan bisa merusak komponen pada mobil.

    Nah, jadi sudah paham bagaimana cara melepas aki mobil yang benar, kan? Jangan sampai terbalik urutannya ya.
    Kamu bisa melakukan pengecekan kondisi aki dan ganti aki melalui aplikasi Otoklix. Harga lebih murah dan dijamin orisinal!