OtoFriends, sudahkah kamu tahu apa itu tune up mobil matic? Tune up sendiri merupakan perawatan rutin yang tujuannya untuk meningkatkan performa mesin mobil matic kamu, sehingga bisa kembali seperti mesin baru.

Perawatan mobil matic tentunya berbeda dengan mobil manual. Ada beberapa komponen mobil matic yang membutuhkan perawatan ekstra, termasuk perawatan bagian mesinnya. 

Meskipun OtoFriends sudah melakukan service secara rutin, namun tidak menjamin bahwa mobil matic performanya sudah bagus. OtoFriends tetap harus mengimbanginya dengan melakukan tune up agar mesin mobil matic tetap bagus dan tidak ada kendala. 

Nah, kali ini Blog Otoklix akan menjabarkan terkait tune up mobil matic, manfaat melakukan tune up, hingga biayanya berikut ini. 

Apa Itu Tune Up Mobil Matic?

Tune up mobil berbeda dengan service mobil biasa. Perawatan tune up mobil matic ini dilakukan dengan tujuan untuk menyeting ulang komponen-komponen mobil agar bisa kembali seperti semula setelah digunakan dalam waktu yang lama. 

Jadi, tenaga pada mesin mobil yang hilang atau berkurang karena proses pembakaran yang kurang efektif akan dikembalikan lagi seperti semula, sehingga performanya bisa maksimal. 

Pembakaran yang kurang efektif pada mesin mobil juga terkadang menimbulkan suara-suara pada mesin mobil yang mengganggu. Hal ini pun bisa diatasi dengan melakukan tune up mobil. 

Perawatan tune mobil matic yang biasa dilakukan yakni dengan memeriksa bagian-bagian seperti filter udara, busi, filter bahan bakar, hingga sistem pengapian. 

Pada proses tune up ini, komponen-komponen yang aus atau sudah tidak berfungsi pun akan segera diganti. 

Manfaat Tune Up Mobil

Tune up mobil penting dilakukan untuk mencegah kerusakan mobil yang lebih parah. Kalau kerusakan mobil sudah banyak, tentunya biaya yang harus dikeluarkan juga akan membengkak. Tidak mau hal tersebut terjadi, kan?

Berikut ini beberapa manfaat tune up mobil yang harus OtoFriends ketahui.

1. Bisa memperpanjang usia pakai mobil

Salah satu manfaat penting dari melakukan tune up mobil adalah bisa memperpanjang usia pakai mobil. 

Perawatan tune up bisa mengembalikan tenaga mesin mobil seperti baru, sehingga performa mesin mobil juga akan tetap maksimal dan terjaga.

Meskipun mobil matic OtoFriends adalah mobil keluaran lama, performanya akan tetap bagus dan lincah jika rutin melakukan tune up. 

2. Performa mesin mobil jadi lebih optimal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tune up mobil bertujuan untuk meningkatkan performa mesin mobil. Oleh sebab itu, mobil yang rutin melakukan tune up akan memiliki tarikan yang bagus. Bahkan, mobil akan tetap lincah ketika melewati berbagai kondisi jalanan. 

3. Berkendara jadi lebih nyaman

Mobil yang rutin dilakukan tune up pun akan semakin mudah dikendarai. Apalagi jika OtoFriends berencana melakukan perjalanan jauh dari kota satu ke kota lainnya. 

Selain nyaman, mobil yang rutin melakukan tune up juga akan aman karena komponen-komponennya sudah baru, sehingga meminimalisir masalah saat perjalanan.

4. Bahan bakar lebih efisien

Tune up mobil akan membuat mesin mobil bekerja dengan baik. Hal ini pun akan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan hemat. Jadi, OtoFriends bisa lebih menghemat bahan bakar saat bepergian. 

5. Mencegah kerusakan yang lebih serius

Berikutnya, tune up mobil bisa mencegah kerusakan mesin mobil yang lebih serius. Bayangkan jika mobil jarang melakukan tune up, mungkin beberapa komponen pada mesin mobil akan berkurang fungsinya. Lalu, dari kerusakan komponen yang satu akan merembet ke komponen lainnya. 

Dengan rutin melakukan tune up, teknisi akan mengecek seluruh komponen mesin mobil dengan detail. Jadi, ketika ada kerusakan di satu komponen bisa segera diperbaiki agar tidak merembet ke komponen lainnya dan tidak bertambah parah.

6. Nilai jual mobil meningkat

Selain membuat performa mesin mobil meningkat, nilai jual mobil juga akan meningkat. Hal ini lantaran performa mesin mobil masih lincah dan bagus.

Tentunya, pembeli mobil akan merasa senang dan puas karena performa mesin mobil tetap[ terjaga dengan baik.

Kapan Harus Melakukan Tune Up Mobil?

Tune up pada mobil biasanya berbeda-beda tergantung pada usia mobil, jarak yang sudah ditempuh, hingga rekomendasi dari pabriknya. 

Jika usia mobil sudah tua, tune up bisa dilakukan setiap dua tahun sekali. Semakin tua usia mobil, maka sebaiknya lebih sering dalam melakukan tune up mobil. 

Berikut ini tanda-tanda di mana OtoFriends harus segera melakukan tune up mobil matic. 

  • Penggunaan bahan bakar jadi boros tiba-tiba
  • Muncul bunyi mesin mobil yang tidak biasa saat idle
  • Muncul getaran yang berlebihan ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi
  • Mesin mobil terasa tidak mulus dan mobil sulit dihidupkan

Apabila kamu mengalami beberapa tanda di atas, itu tandanya mesin mobil butuh dilakukan perawatan dengan tune up mobil. Jangan ditunda dan segera bawa ke bengkel terdekat, ya!

Biaya Tune Up Mobil Matic

Biaya tune up pada mobil matic bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari beberapa hal seperti merek mobil, usia mobil, jenis perawatan yang dilakukan, komponen yang harus diganti, dan lain sebagainya.

Namun, umumnya biaya tune up untuk mobil matic adalah sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Biaya tersebut bisa lebih apabila ada komponen yang harus diganti. Jadi, baiknya kamu langsung bertanya pada pihak bengkel secara langsung, ya. 

Nah, itu dia informasi seputar tune up mobil matic, lengkap dengan manfaat dan biayanya. Agar kinerja mobil matic OtoFriends tetap bagus, jangan lupa untuk rutin melakukan tune up mobil, ya.

Pertanyaan seputar Apa Itu Tune Up Mobil Matic

Perawatan tune up mobil matic meliputi, pemeriksaan mesin, penggantian oli mesin dan filter oli, penggantian filter udara, penggantian busi, pengecekan untuk sistem kelistrikan, sistem pegereman, dan suspensi.

Biaya tune up pada mobil matic bisa berbeda-beda. Namun, umumnya biaya tune up untuk mobil matic adalah sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Tune up pada mobil biasanya berbeda-beda tergantung pada usia mobil, jarak yang sudah ditempuh, hingga rekomendasi dari pabriknya. Jika usia mobil sudah tua, tune up bisa dilakukan setiap dua tahun sekali. Semakin tua usia mobil, maka sebaiknya lebih sering dalam melakukan tune up mobil.