Pemilihan ban mobil yang tepat akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Salah satunya adalah pilih ban mobil yang paling senyap alias tidak berisik sampai ke kabin mobil.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Kali ini Otoklix akan membahas merk ban mobil yang paling senyap. Ada sejumlah merk di bawah ini. Berikut ulasannya.

1. Bridgestone Turanza

Siapa yang tidak kenal dengan merek ban mobil Bridgestone? Merek ini memiliki salah satu tipe ban yang tenang atau senyap. Suara yang tidak berisik ini adalah karena ban mobil Bridgestone Turanza menggunakan bahan yang lebih empuk. Selain itu, grip ban juga menggunakan tipe model yang mampu mereduksi tingkat kebisingan sehingga berkendara menjadi lebih nyaman.

Khususnya tipe Turanza T005A yang merupakan salah satu merk ban mobil yang paling senyap. Ban ini memiliki pola telapak dengan pitch variable sehingga menghasilkan suara yang senyap.

Ada pula fitur canggih berupa kompon Nano Pro Tech yang membuat ikatan silika dan polimer menjadi lebih kuat. Sehingga panas yang dihasilkan lebih sedikit dan juga mencegah kehilangan banyak energi saat mobil dikendarai.

Selain senyap, Turanza ini memiliki performa yang sangat baik pada berbagai medan, baik kering maupun basah. Kelebihan-kelebihan ban Bridgestone Turanza bisa dilihat pada poin-poin di bawah ini.

Keunggulan Turanza T005A:

  1. Tidak bising
  2. Empuk sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara
  3. Aman pada jalanan basah maupun kering
  4. Cengkeraman maksimal
  5. Daya tahan ban lebih lama
  6. Harga terjangkau, sekitar Rp800 ribu – 1 jutaan. Akan tetapi harga ini bisa saja berbeda-beda sesuai toko.

2. Dunlop SP Sport LM705

Merk ban mobil yang paling senyap kedua adalah Dunlop tipe SP Sport LM705. Dunlop menggunakan teknologi Shinobi yang mampu mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban. Profil dindin samping dapat menyerap kejutan permukaan jalan. 

Kemudian, jumlah blok telapak yang lebih banyak membuat getaran ban pada jalan bergelombang lebih teredam. Sebab, ban mobil akan menyentuh jalanan secara bertahap dari pusat ke arah luar. Sehingga, ban ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Dunlop SP Sport LM705 ini diklaim sebagai ban yang anti bising. Dari segi harga, Dunlop SP Sport LM705 memiliki harga yang tidak terlalu tinggi, yaitu Rp600 – 900 ribuan.

3. Dunlop Grandtrek AT20

Masih dari merek Dunlop, kali ini adalah tipe Grandtrek AT20 All-Season. Ban mobil ini cocok digunakan pada mobil-mobil SUV. Dunlop memberikan fitur tambahan poliester dengan dimensi yang stabil untuk meredam kebisingan. Selain itu, terdapat desain tapak multi-pitch dengan pola empat saluran yang juga membantu mengurangi kebisingan.

4. GT Radial Champiro

Merk ban mobil yang paling senyap berikutnya adalah dari produk lokal, yaitu GT Radial. Tipe Champiro HPY dan Champiro LUXE adalah dua tipe ban dengan fitur low noise atau senyap dan tidak bising (comfort). Tipe ban Champiro HPY memiliki variasi ukuran ring 16 sampai 20. Sementara itu tipe LUXE hanya ada ukuran ring 16.

Selain senyap, ban mobil ini juga memiliki daya cengkeram dan traksi prima yang baik pada jalanan basah atau kering karena menggunakan pola telapak asimetris. Selain itu, ban ini juga sangat aman karena memiliki pengendalian yang stabil akibat penggunaan rib tengah yang solid.

Kemudian, penggunaan empat alur utama yang lebar juga mencegah dari terjadinya aquaplaning, sehingga air bisa ditepis lebih cepat. Kompon silika juga membuat ban ini memiliki hambatan gulir yang rendah. Harga ban mobil GT Radial tipe Champiro HPY dan LUXE ini dibanderol sekitar Rp750 ribu sampai Rp1,2 jutaan. 

5. Michelin Primacy 3 ST

Ban Michelin dengan tipe Primacy 3 ST ini juga merupakan salah satu merk ban mobil yang paling senyap. Menggunakan ban mobil ini dapat menjaga kesenyapan di luar maupun di dalam kabin. Sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman.

Michelin  menggunakan teknologi pengikat interlocking di antara blok tapaknya. Teknologi ini disebut dengan Silent Rib Generasi ke-2. Teknologi ini membuat suara udara dari ban berkurang ketika mobil melaju.

Beberapa pengguna ban Michelin menyebut bahwa Michelin adalah ban paling senyap dibandingkan dengan ban mobil premium di kelasnya, lebih baik sebesar 8%. Ini dia fitur-fitur ban Michelin Primacy 3 ST:

  • Keamanan Maksimum

Ban Michelin memiliki jarak pengereman terpendek, yaitu 2,2 meter pada jalanan basah dibandingkan dengan kompetitornya.

  • Lebih awet

Michelin mengklaim bahwa ban mobil produksinya lebih awet 25% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

  • Garansi standar terbatas

Ban Michelin memiliki garansi 6 tahun dari tanggal pembelian. Garansi ini mencakup cacat pengerjaan pada telapak ban.

Dari segi harga, ban Michelin Primacy 3 ST dibanderol dengan harga Rp1-1,2 jutaan per ban.

6. Goodyear EfficientGrip SUV

Goodyear juga tidak ketinggalan memproduksi ban low noise, yaitu tipe EfficientGrip SUV. Terdapat teknologi QuietT Red yang membuat ban mobil mengeluarkan suara yang lebih senyap, tetapi tetap memiliki kemampuan handling yang mumpuni.

Selain itu, desain closed shoulder juga dapat mencegah perluasan gelombang kebisingan. Kerapatan suara ini membuat blok berfungsi optimal meredam suara bising dari ban.

7. Yokohama

Merk ban mobil paling senyap terakhir adalah dari Yokohama. Yokohama memiliki fitur Silent Shoulders dengan desain tapak simetris. Baik untuk jalan perkotaan maupun jalanan curam, kamu bisa merasakan kesenyapan dari ban ini. Tingkat kesenyapan yang tinggi ini didukung juga dengan pengereman, traksi, dan cengkeraman yang aman dalam segala gaya berkendara.

Itu tadi 7 merk ban mobil yang paling senyap. Semua merek ban tersebut sudah dikenal di pasaran dan memiliki kualitas yang mumpuni. 

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, ban mobil juga perlu diservis secara rutin. Jadwalkan servis rutin ban mobil kamu seperti spooring, balancing, dan lainnya di bengkel ban mobil terdekat.

Cari bengkel ban mobil terdekat dengan praktis melalui aplikasi Otoklix. Otoklix akan mendeteksi lokasi kamu dan mencarikan bengkel rekomendasi terbaik.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.