Melakukan road trip bersama keluarga atau teman-teman tentunya mengasyikkan. Tapi, bakal jadi pengalaman yang jelek juga kalau ternyata kamu gampang mabuk perjalanan saat naik mobil ber AC.  Oleh karena itu, Otoklix di sini akan memberikan beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil ber AC.

Mabuk perjalanan ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti suhu di dalam mobil yang terlalu dingin atau terlalu panas, makanan yang dikonsumsi, kebersihan mobil, hingga kondisi jalanan yang dilewati. 

OtoFriends bisa mencegah mabuk perjalanan dengan mengidentifikasi penyebab utama yang membuat kamu mudah mabuk perjalanan. Yuk, simak beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil ber AC berikut ini.

Tips Tidak Mabuk Perjalanan saat Naik Mobil Ber-AC

Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil ber AC yang bisa OtoFriends aplikasikan.

1. Atur Suhu AC sesuai Kenyamanan

Jika OtoFriends sangat sensitif dengan suhu AC yang ada di mobil, maka sebelum melakukan perjalanan sebaiknya OtoFriends mengatur suhu AC sesuai dengan kenyamanan, yakni jangan terlalu dingin dan jangan juga terlalu panas. 

OtoFriends bisa menset temperatur AC mobil di angka 24-26 derajat celcius, di mana angka ini biasanya sesuai dengan suhu udara di Indonesia pada umumnya. 

2. Makan Secukupnya

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya OtoFriends makan dalam jumlah yang sewajarnya saja, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hindari juga mengonsumsi makanan berat atau berlemak dan pilih makanan yang ringan saja, misalnya sandwich, oat, smoothies, roti gandum, dan makanan ringan lainnya yang bergizi dan mudah dicerna.

3. Cari Tempat Duduk dengan Posisi yang Nyaman

Posisi tempat duduk juga menjadi faktor penting agar OtoFriends tidak mabuk perjalanan. Pilih tempat duduk yang nyaman di dalam mobil, seperti di depan atau di tengah. Hindari duduk di bagian belakang atau di tempat yang goyang seperti di kursi tengah belakang.

Apabila masih kurang nyaman, OtoFriends bisa mengatur posisi kursi mobil sampai menemukan posisi yang nyaman.

4. Jangan Membaca Buku atau Menatap HP

Aktivitas yang membutuhkan fokus visual, seperti membaca buku atau menggunakan ponsel pintar, dapat menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan. Sebaiknya hindari kegiatan semacam ini selama perjalanan.

Dibandingkan membaca buku atau melihat layar handphone, OtoFriends sebaiknya fokus pada jalanan yang dilewati, sambil kamu juga bisa melihat-lihat pemandangan.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan lupa untuk menyetok air putih yang cukup selama perjalanan. Minum air putih yang cukup juga bisa mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Hindari juga minum minuman dengan kandungan kafein atau alkohol selama perjalanan. 

6. Minum Obat Anti Mabuk

Sekarang, sudah tersedia banyak obat atau permen anti mabuk perjalanan yang bisa kamu beli di apotek atau di minimarket. 

OtoFriends juga bisa memilih permen dengan rasa jahe atau mint karena bisa membuat badan lebih hangat dan tenang, sehingga mencegah mual dan muntah. 

7. Menghirup Aromaterapi

Selain obat-obatan, OtoFriends juga bisa membawa beberapa aromaterapi yang membuat perasaan jadi tenang dan mencegah mual atau muntah. Oleskan juga aromaterapi di sekitar leher, lengan, dan juga baju, sehingga lebih mudah tercium. 

8. Istirahat Secara Teratur

Untuk mencegah tubuh kelelahan saat perjalanan, jangan lupa untuk beristirahat secara teratur, ya. OtoFriends bisa mampir di rest area atau restaurant untuk makan dan meregangkan tubuh.

Jika sudah merasa bugar, OtoFriends bisa melanjutkan perjalanan kembali. Dengan begitu, perjalanan jadi lancar dan tidak terjadi mabuk perjalanan. 

Nah, itu dia beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil ber AC yang bisa OtoFriends aplikasikan. Pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan jauh, apalagi dengan mobil ber AC, ya. 

Selain mempersiapkan kesehatan, jangan lupa juga mempersiapkan mobil dengan baik agar perjalanan bisa lancar tanpa kekurangan apa pun. Pastikan mobil sudah ganti oli, dilakukan tune up, pengecekan aki, hingga servis AC mobil

OtoFriends bisa melakukan perawatan mobil di bengkel Otoklix. Kenapa? Karena bengkel Otoklix menyediakan banyak layanan perawatan mobil dengan harga yang terjangkau. OtoFriends bahkan bisa mengecek harganya terlebih dahulu di website atau aplikasi Otoklix. 

Kalau OtoFriends booking lewat aplikasi, OtoFriends akan dapat banyak promo hingga 50% dibandingkan bengkel mobil lainnya. Yuk, booking di bengkel Otoklix sekarang!

Dapatkan diskon hingga 50% kalau booking servis mobil di Aplikasi Otoklix. Ada jaminan garansinya juga sampai 14 hari setelah servis. Download Aplikasi Otoklix sekarang!

Pertanyaan seputar Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan saat Naik Mobil Ber AC

Atur suhu AC sesuai kenyamanan
Makan secukupnya
Cari tempat duduk dengan posisi yang nyaman
Jangan membaca buku atau menatap HP
Minum air putih yang cukup
Minum obat anti mabuk
Menghirup aromaterapi
Istirahat secara teratur.

Agar tidak terus-terusan mabuk perjalanan, sebaiknya jaga agar kondisi kesehatanmu bugar dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Jika masih mabuk perjalanan, jalan satu-satunya dengan mengonsumsi obat atau permen anti mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti suhu di dalam mobil yang terlalu dingin atau terlalu panas, makanan yang dikonsumsi, kebersihan mobil, hingga kondisi jalanan yang dilewati.