Mengendarai mobil dengan bau menyengat memang membuat tidak nyaman, seperti bau rokok. Oleh sebab itu, bersihkan mobil terlebih dahulu sebelum bepergian. Namun, bagaimana bila mobil sudah terlanjur bau rokok? Simak beberapa cara menghilangkan bau rokok di mobil berikut ini!

Cara menghilangkan bau rokok di mobil

1. Gunakan penghilang bau berbahan enzim

Cara menghilangkan bau rokok di mobil yang pertama adalah gunakan penghilang bau berbahan enzim. Sebagai informasi, enzimatik bisa menghilangkan noda yang menguning akibat rokok. Bersihkan di bagian kaca maupun material logam pada interior mobil. Enzimatik juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya antara lain gula cokelat, ragi, air hangat, dan kulit jeruk segar. Campurkan semua bahan tersebut.

2. Bersihkan sistem sirkulasi

Cara menghilangkan bau rokok di mobil yang kedua adalah bersihkan sistem sirkulasi dalam mobil. Perlu diingat bahwa bau rokok tidak hanya menempel di kabin saja, melainkan juga bisa masuk ke sistem sirkulasi udara.

Apabila OtoFriends mencium bau tidak sedap dari sirkulasi udara mobil, itu bisa diatasi dengan cara memarkirkan mobil di tempat terbuka. Namun, pastikan tempat tersebut tidak banyak debu. Setelah itu, nyalakan mesin mobil dalam kondisi semua pintu terbuka. Tunggu 5-10 menit sampai bau rokok tidak tercium lagi.

3. Buang sampah yang ada di mobil

Jangan biarkan sampah menggunung di dalam mobil. Biasanya terdapat tong sampah dan pengguna mobil yang merokok saat berkendara kerap membuang puntung rokok di tong sampah tersebut. Akibatnya, kabin mobil akan tercemar bau tidak sedap.

Oleh sebab itu, buang sampah yang ada di dalam mobil setiap hari atau setelah bepergian. OtoFriends bisa membersihkan kabin dengan vacuum cleaner atau cairan pembersih khusus untuk interior mobil. Setelah sampah dibuang, bersihkan interior mobil di bagian karpet, jok, kursi, hingga atap.

Baca juga: Ini Cara Penghilang Bau Mobil yang Ampuh, Wajib Tahu!

4. Gunakan bahan alami

Cara menghilangkan bau rokok di mobil selanjutnya adalah menggunakan bahan alami. Di antaranya bubuk kopi, bubuk kayu manis, bubuk vanilla, hingga baking soda. Letakkan bahan alami tersebut di salah satu sudut kabin.

a. Bubuk kopi

Sebarkan bubuk kopi di dalam kabin, misalnya di jok atau di bawah kabin. Biarkan bubuk kopi di dalam mobil semalaman. Setelah itu, buang bubuk kopi dan angin-anginkan mobil dengan cara membuka semua pintu. Hal itu agar sirkulasi udara tetap terjaga.

b. Bubuk kayu manis dan cuka apel

Aroma yang kuat pada bubuk kayu manis berguna untuk membuat kabin mobil lebih harum. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel, kemudian aduk hingga rata. Letakkan campuran bubuk kayu manis dan cuka apel tersebut di wadah yang memiliki penutup. Lubangi bagian atasnya sebagai jalan udara, kemudian letakkan di salah satu sudut kabin.

c. Bubuk vanilla

Bubuk vanilla juga memiliki aroma yang kuat sehingga bisa menyerap bau tidak sedap. Cara menggunakannya adalah bungkus bubuk vanilla dengan kain tipis, kemudian letakkan di bawah kursi ataupun di sudut kabin.

d. Baking soda

Cara menghilangkan bau rokok di mobil secara alami juga bisa menggunakan baking soda. Sebarkan baking soda pada kabin mobil, lalu diamkan selama beberapa hari. Setelah bau tak sedap hilang, bersihkan mobil secara menyeluruh. OtoFriends bisa membersihkan mobil di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Lakukan booking secara online agar terbebas dari antrian panjang.

Baca juga: Pengharum Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Ini Pilihannya!

5. Buka kaca jendela ketika merokok

Cara menghilangkan bau rokok di mobil selanjutnya adalah membuka kaca saat berkendara. Walaupun bisa mengurangi aroma rokok di area kabin, namun pastikan situasi lalu lintas tidak terlalu ramai. Sebab, asap rokok yang keluar dari kabin dapat membahayakan pengendara lainnya. Selain itu, asap yang masuk ke dalam kabin juga dapat membahayakan pernapasan.

6. Gunakan pewangi mobil

Memakai pewangi mobil juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau rokok di mobil. Pewangi mobil dapat menghilangkan dan menetralkan bau tidak sedap yang ada di dalam kabin. Selain itu, pewangi mobil juga dapat menambah kenyamanan saat berkendara karena harum.

7. Manfaatkan jasa salon mobil

Apabila OtoFriends tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kabin mobil, gunakan jasa salon mobil. Dengan demikian, OtoFriends tidak perlu repot-repot membersihkan mobil sendirian. Selain itu, kabin mobil akan lebih kinclong apabila ditangani oleh salon mobil.

Itulah tujuh cara menghilangkan bau rokok di mobil. Terpenting adalah disiplin membersihkan mobil agar tetap wangi dan bisa terbebas dari bau asap rokok.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar cara menghilangkan bau rokok di mobil

Ada beberapa cara menghilangkan bau di mobil. Di antaranya menggunakan vacuum cleaner, bubuk kopi, pengharum mobil beraroma lembut, daun pandan, hingga air purifier. Selain itu, bau di dalam mobil juga bisa dihilangkan dengan cara menjemur mobil di tempat terbuka.

Penyebab utama bau mobil tidak enak adalah mobil yang kurang bersih sehingga menimbulkan bau apek. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kebersihkan mobil. Bukan hanya di bagian luar, melainkan juga di bagian dalam. Dengan demikian, mobil tidak akan menjadi tempat bakteri dan kuman yang menyebabkan bau tidak sedap.

Fogging mobil adalah kegiatan mengasapi interior mobil. Hal itu bertujuan agar komponen-komponen yang ada di dalam mobil tetap terjaga kebersihannya. Fogging mobil dilakukan secara menyeluruh pada kursi, AC, setir, dashboard, hingga sabuk pengaman.