Penyebab gas mobil kosong sebenarnya dapat terlihat dari munculnya beberapa gejala. Salah satu gejala yang paling mudah dideteksi adalah pedal gas yang tidak merespon atau mobil tersendat ketika pedal gas diinjak. Apabila hal ini terjadi, segera bawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan servis dan perbaikan. Penyebab gas mobil kosong harus segera diatasi karena tentu akan sangat berbahaya dan dapat memberikan risiko kecelakaan apabila terjadi pada saat OtoFriends sedang berkendara di jalanan umum.

Penyebab Gas Mobil Kosong

Menghindari risiko mesin mobil rusak dan kecelakaan saat sedang berkendara, beberapa penyebab gas mobil kosong sangat penting untuk diketahui, yaitu:

  1. Masalah pada Electric Injector

Electric Injector memiliki peran penting untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam mesin mobil. Apabila ada masalah pada electric injector, bisa dipastikan bahwa proses mengalirkan bahan bakar akan terganggu, alhasil tidak ada bahan bakar yang dapat diproses di mesin pembakaran. Dengan kata lain, mobil tidak memiliki tenaga untuk menyalakan mesin. Hal tersebut menjadi penyebab gas mobil kosong dan tidak memberikan respon saat pedal gas diinjak.

  1. Mesin Mobil Overheat

Mesin mobil yang overheat biasanya terjadi karena rusaknya radiator mobil. Jika mobil sudah overheat, disarankan OtoFriends tidak menggunakan mobil untuk berkendara jauh, karena akan sangat berisiko membuat mesin mobil menjadi semakin panas dan rusak.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Overheat dan Solusi Mengatasinya

OtoFriends harus segera memperbaiki radiator mobil karena radiator berperan sebagai sistem pendingin mesin mobil. Jika mesin mobil panas, maka akan membuat kinerja mesin mobil menjadi semakin berat, alhasil saat pedal gas diinjak, pedal gas tidak akan memberikan respon atau mesin mobil akan tersendat-sendat karena tenaga mesin mobil cepat habis. 

  1. Filter Udara Tersumbat

Filter udara mobil yang kotor dan tersumbat juga akan menjadi penyebab gas mobil kosong dan tidak memberikan respon saat pedal gas diinjak. Hal ini karena, filter udara yang kotor akan memberikan pengaruh pada kinerja mesin pembakaran bahan bakar. Tidak adanya udara bersih yang tersaring membuat mesin pembakaran tidak bekerja optimal, alhasil tidak ada bahan bakar yang terproses dengan baik, pedal gas mobil kosong karena mobil tidak memiliki tenaga yang cukup untuk bergerak. 

  1. Busi Mobil Kotor

Sama halnya dengan filter udara, kondisi busi mobil juga harus selalu diperhatikan kebersihannya. Busi mobil memiliki peran yang sama pentingnya dengan filter udara, yaitu memberikan pengaruh besar pada kinerja mesin pembakaran mobil. Busi yang kotor akan berkerak, dan menghambat kinerja mesin pembakaran. Jika masalah busi mobil kotor tidak segera diatasi, dikhawatirkan tidak hanya menjadi penyebab gas mobil kosong terjadi, melainkan dapat memberikan pengaruh pada berbagai macam komponen mesin mobil lainnya.

  1. Fuel Pump Mobil Bermasalah

Fuel pump mobil memiliki fungsi penting dalam mengalirkan dan menyedot bahan bakar ke ruang pembakaran. Jika fuel pump mobil bermasalah atau tersumbat, bisa dipastikan bahwa aliran bahan bakar mobil tidak akan lancar dan menjadi penyebab gas mobil kosong. Oleh sebab itu, OtoFriends harus selalu rutin melakukan pengecekkan dan servis rutin, agar fuel pump mobil bebas dari kotoran. Servis rutin di bengkel rekanan Otoklix bisa menjadi salah satu solusi tepat karena tangki bahan bakar dari mobil OtoFriends akan dibersihkan, sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk.

Baca juga: Mobil Susah Menyala? Waspadai Fuel Pump Mobil Bermasalah

  1. Sensor Oksigen Rusak

Salah satu penyebab gas mobil kosong yang terakhir adalah rusaknya sensor oksigen mobil. Sensor oksigen mesin mobil berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menetapkan bahan bakar di ruang bakar. Jika sensor oksigen rusak, maka bisa dipastikan bahwa mobil tidak dapat memproses bahan bakar dengan optimal. Mengatasi hal ini, OtoFriends harus melakukan perbaikan di bengkel tepercaya OtoFriends agar mobil bisa ditangani oleh tenaga profesional.

Cara Atasi dan Temukan Penyebab Gas Mobil Kosong

Membawa mobil ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan komponen mobil yang rusak adalah satu-satunya solusi untuk menemukan penyebab gas mobil kosong yang tepat. OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Otoklix untuk menemukan bengkel yang tepercaya dan dekat dengan lokasi OtoFriends berada. Melakukan pembersihan dan penggantian komponen dapat dilakukan oleh tenaga profesional sehingga masalah dan penyebab gas mobil kosong dapat ditangani dengan baik.

Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel mobil Otoklix

Jika ingin melakukan pencegahan, OtoFriends bisa melakukan servis rutin setiap 6 bulan sekali atau maksimal 1 tahun sekali untuk memastikan setiap komponen mesin mobil bekerja secara optimal. Servis rutin banyak diabaikan oleh pengendara, sehingga membuat mesin mobil gampang rusak, alhasil risiko keselamatan di jalan bisa menjadi taruhannya. Jadilah pengendara yang bijak dengan rutin melakukan servis mobil di bengkel tepercaya, agar keamanan dan kenyamanan saat sedang berkendara dapat selalu terwujud. 

Pertanyaan Seputar Penyebab Gas Mobil Kosong

Gas mobil tidak stabil atau penyebab gas mobil kosong umumnya terjadi karena beberapa hal, seperti kotornya komponen mesin mobil atau kerusakan pada salah satu sistem mesin mobil. Sehingga gas mobil menjadi tidak stabil karena proses pembakaran bahan bakar yang terganggu.

Gas mobil ngempos terjadi karena mobil tidak punya bahan bakar atau tenaga yang cukup untuk menjalankan kendaraan. Segera cek kondisi tangki bahan bakar atau komponen mesin mobil untuk memastikan bahwa bahan bakar telah terisi penuh dan tidak ada kerusakan atau masalah pada setiap komponen mesin mobil.

Gas mobil yang tidak stabil jika dibiarkan akan menjadi penyebab gas mobil kosong dan berdampak pada kerusakan mesin mobil yang lainnya.