Cara menentukan harga pada bisnis rental kendaraan cukup sederhana yakni mempertimbangkan beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti harga beli kendaraan, garansi, waktu sewa dan keuntungan pemilik kendaraan. Adapun faktor eksternal yakni perbandingan harga dengan kompetitor dan permintaan pasar.

Belum lagi pertimbangan biaya perawatan kendaraan, bahan bakar kendaraan hingga asuransi kendaraan. Umumnya pemilik bisnis rental akan menyiasatinya dengan menyediakan paket atau layanan khusus dengan biaya sewa yang berbeda.

Bagaimana dengan biaya sewa ke luar kota atau ke luar wilayah? Apakah harganya akan sama atau berbeda sedikit? Simak penjelasan selengkapnya.

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Faktor-Faktor untuk Menentukan Harga Sewa pada Usaha Rental

Sewa atau rental mobil merupakan bisnis otomotif di industri jasa transportasi yang menyediakan berbagai jenis kendaraan bermotor roda 4 yang disewakan dalam periode tertentu.

Apakah bisnis sejenis ini menguntungkan? Bagaimana cara menentukan harga sewa mobil? Berikut ini penjelasan lebih terperincinya.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

1. Harga Beli Mobil

Harga beli mobil cukup mempengaruhi biaya sewa mobil. Namun harga beli tersebut juga tergantung dari pilihan pembayaran yang Anda pilih.

Jika Anda membeli secara cash atau tunai, misalnya membeli mobil Toyota Avanza dengan harga Rp200 jutaan, maka harga beli mobil tersebut Rp200 jutaan.

Namun bila Anda membeli mobil yang sama dengan metode cicilan maka harga belinya bukan Rp200 juta lain melainkan harga beli setelah lunas kredit.

Misalnya saja cicilan mobil sebesar Rp6,3 jutaan per bulan yang dicicil selama 3 tahun atau setara dengan 36 bulan. Bila ditotal Rp6,3 juta dikali 36 bulan sama dengan Rp226,8 juta. 

Bila Anda mengeluarkan uang DP sebesar Rp18 juta maka total harga belinya Rp226,8 juta + Rp18 juta sama dengan Rp244,8 juta.

2. Garansi Kendaraan

Banyak pemilik bisnis rental kendaraan yang menyepelekan faktor garansi kendaraan. Padahal dengan mempertimbangkan garansi kendaraan ini maka Anda dapat memprediksikan waktu ideal untuk mendapatkan balik modal sewa.

Pertimbangkan garansi kendaraan seperti garansi servis mobil atau garansi komponen khusus seperti garansi mesin mobil. Umumnya garansi mesin mobil selama 1 tahun.

Dengan mempertimbangkan faktor garansi kendaraan ini maka Anda dapat memprediksikan sewa balik modal.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

3. Durasi Sewa Kendaraan

Harga sewa kendaraan harian, mingguan, bulanan dan tahunan akan berbeda. Secara total biaya sewa, tentu harga sewa tahunan akan lebih besar daripada harga sewa harian dan mingguan.

Kendati begitu, bila dilihat harian maka paket sewa bulanan atau tahunan justru lebih kecil. Umumnya harga sewa mingguan akan lebih murah 5% per harinya dibandingkan harga sewa harian. Harga sewa bulanan selisih 10% per harinya dan harga sewa tahunan akan selisih sekitar 20% per harinya daripada harga sewa harian.

Mengapa semakin lama sewa kendaraan semakin murah? Sebab durasi mobil yang lama untuk satu pelanggan dapat menekan risiko kerusakan mobil atau risiko kehilangan mobil akibat lama tidak digunakan.

Selain itu potensi kerusakan akibat kebiasaan berkendara lebih ringan karena mobil akan digunakan oleh orang yang sama dalam periode tertentu. Berbeda bila dalam waktu 7 hari mobil digunakan oleh berbeda pengemudi.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Rental Mobil Bulanan, Aman dan Untung!

4. Laba Bisnis

Bisnis rental atau sewa mobil cukup menggiurkan karena pemilik bisnis berpotensi untung sekitar 25% – 50%. 

Keuntungan atau laba tersebut bersifat bersih dari biaya-biaya lain seperti biaya pemeliharaan dan perawatan kendaraan.

Trik untuk mengatasi pemeliharaan dan perawatan tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan bengkel khusus yang memiliki pengalaman memelihara dan merawat mobil operasional perusahaan dalam jumlah banyak. Salah satunya Bengkel Otoklix melalui layanan khususnya Otoklix For Business.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

5. Riset Harga Sewa dari Kompetitor

Cara menentukan harga pada bisnis rental kendaraan yang terakhir adalah dengan melakukan riset terhadap harga sewa mobil dari bisnis rental mobil di wilayah Anda.

Riset harga sewa dilakukan untuk mengetahui apakah harga yang sudah Anda tetapkan lebih mahal atau justru sebaliknya.

Perkembangan teknologi ini memudahkan Anda untuk melakukan riset kompetitor melalui internet. Cukup mencari bisnis rental sewa di wilayah Anda melalui media sosial atau Google maka Anda dapat mengetahui rata-rata harga sewa mobil.

Harga sewa mobil juga dapat dipengaruhi dengan musim-musim tertentu. Misalnya saja musim liburan akhir tahun atau musim libur memperingati hari umat beragama tertentu.

Di musim-musim khusus permintaan sewa kendaraan akan semakin tinggi, Anda dapat mengambil sedikit untung di musim-musim tertentu untuk menutupi kerugian di bulan-bulan sebelumnya dengan pertimbangan harga pasaran juga. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia

Pertanyaan Seputar Cara Menentukan Harga pada Bisnis Rental Kendaraan :


Sewa atau rental mobil merupakan bisnis otomotif di industri jasa transportasi yang menyediakan berbagai jenis kendaraan bermotor roda 4 yang disewakan dalam periode tertentu.


Bisnis rental atau sewa mobil cukup menggiurkan karena pemilik bisnis berpotensi untung sekitar 25% – 50%.


Ada 5 cara untuk menentukan harga sewa mobil pada bisnis rental kendaraan yakni harga beli mobil, garansi kendaraan, durasi sewa kendaraan, laba bisnis dan riset harga sewa mobil dari bisnis rental kompetitor di wilayah yang sama.