Mobil hemat BBM kerap jadi salah satu kriteria dalam memilih mobil operasional. Di Indonesia juga tersedia mobil-mobil dengan konsumsi BBM yang irit, tetapi dengan mesin yang mumpuni. Daftar mobil hemat BBM ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Mobil operasional yang dipakai perusahaan ada yang berfungsi untuk mobilitas karyawan, kebutuhan pelanggan, maupun kebutuhan distribusi. Otoklix bakal memberikan pilihan mobil hemat BBM untuk dijadikan mobil operasional. Simak juga tips memilih mobil hemat BBM.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Banner

Baca juga: Konsumsi BBM Xpander Irit? Ini Faktanya

Daftar Mobil Hemat BBM di Indonesia

Selain harganya yang terjangkau, salah satu kriteria dalam memilih mobil operasional biasanya adalah hemat BBM. Sebab, konsumsi BBM yang irit bisa menekan biaya operasional. 

Berikut adalah daftar mobil hemat BBM yang bisa dijadikan sebagai mobil operasional. 

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil yang jadi favorit banyak perusahaan. Tidak heran, pasalnya mobil ini bisa dibeli dengan harga terjangkau. Selain itu konsumsi BBM-nya juga terbilang irit untuk sebuah MPV dengan kapasitas besar. Apalagi desainnya juga cukup futuristik. 

Toyota Avanza dibekali dengan mesin yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Teknologi ini bisa bikin konsumsi BBM-nya tetap irit. Konsumsi BBM Toyota Avanza sekitar 12,5 km hingga 14 km per liter. 

2. Honda Mobilio

Honda Mobilio jadi salah satu mobil hemat BBM yang bisa dijadikan mobil operasional. Mesin yang disematkan berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC. Hanya dengan konsumsi satu liter BBM, Mobilio bisa menempuh jarak 17 km. Bahkan dengan mode ECO driving bisa mencapai 22,8-28 km/liter. Tidak heran mobil ini banyak dipakai untuk taksi online

3. Suzuki All New Ertiga

Suzuki All New Ertiga dibekali mesin berkubikasi 1.462 cc dengan konfigurasi 4 silinder DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 103,2 dk. All New Ertiga dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis dan manual. Konsumsi BBM-nya mencapai 25 km/liter.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

4. KIA Picanto

Mobil jenis city car juga kerap dibutuhkan oleh perusahaan sebagai salah satu mobil operasional. Pasalnya, mobil ini gesit untuk menyalip di antara kepadatan mobil di lalu lintas kota. Kapasitas mesinnya cukup besar, yaitu 1.200 cc. Sementara itu konsumsi BBM-nya mencapai 19 km/liter.

5. Honda Brio

Sama seperti Kia Picanto, Honda Brio juga bisa jadi pilihan city car untuk mobil kantor. Mesinnya bertenaga dan irit BBM. Konsumsi BBM-nya tercatat dengan angka yang fantastis, yakni 20-30,1 km per liter! 

Baca juga: Konsumsi BBM Brio Irit? Bandingkan dengan Mobil City Car Lain!

6. Corolla Cross Hybrid

Bagi kantor yang butuh mobil mewah dengan konsumsi BBM yang irit, Corolla Cross Hybrid bisa jadi pilihan. Mobil ini dibekali dengan mesin konvensional 1.800 cc 4 silinder DOHC VVT-i. Mesin ini dikombinasikan dengan motor listrik. Sehingga satu liter bensinnya bisa menempuh jarak 23,25 km. 

7. Honda Civic

Satu lagi mobil hemat BBM yang mewah. Namun, kali ini berjenis sedan. Honda Civic dibekali dengan mesin 1.498 cc yang ditunjang dengan tenaga turbo. Sehingga tenaga yang dihasilkan visa mencapai 173 ps. Top speed-nya bisa mencapai 200 km/jam. Meskipun mesinnya bertenaga, ternyata konsumsi BBM-nya bisa mencapai 18-20 km/liter.

8. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander adalah mobil berjenis MPV, tetapi memberikan pengalaman berkendara menyerupai SUV. Pasalnya, suspensi yang tersemat dalam mobil ini membuatnya tetap nyaman meskipun di jalanan yang tidak rata. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.499 cc. 

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi katup variabel MIVEC. Teknologi ini membuatnya irit BBM. konsumsi BBM-nya tercatat hingga 12 km/liter untuk perjalanan di dalam kota. Namun, untuk perjalanan keluar kota dengan kecepatan konstan dan menggunakan mode ECO driving konsumsi BBM-nya mencapai 19,8 km/liter.

Itu dia 8 pilihan mobil hemat BBM yang bisa dijadikan alternatif mobil kantor. Selanjutnya kita akan membahas tips memilih mobil irit BBM.

Baca juga: Konsumsi BBM Innova Bensin: Bandingkan dengan Diesel dan Zenix

Tips Memilih Mobil Hemat BBM

Berikut adalah tips ketika memilih mobil yang hemat BBM, mulai dari dimensi dan desainnya, transmisi, kapasitas mesin, hingga suku cadangnya.

1. Pilih mobil dengan dimensi kecil

Makin besar dimensi sebuah mobil, biasanya konsumsi BBM-nya akan makin besar. Jadi, kalau mau mobil yang konsumsi BBM-nya irit, Anda bisa memilih jenis mobil yang berukuran kecil seperti city car maupun hatchback. Konsumsi BBM mobil kecil biasanya sekitar 18-20 kilometer per liter.

Sebagai perbandingan, jenis mobil SUV dengan ukuran yang besar, double cabin, hingga mobil berjenis offroad hanya bisa menempuh 5 kilometer tiap liter bensin. Untuk mobil-mobil medium SUV bisa mencapai 10-15 km/liter.

2. Mencari mobil dengan kapasitas mesin kecil

Kapasitas mesin mobil yang akan dipilih juga perlu diperhatikan. Mobil yang kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc untuk mesin bensin atau di bawah 2.000 cc untuk mesin diesel biasanya irit BBM. Namun, meskipun sudah memakai mobil dengan kapasitas kecil tetapi masih sering terjebak di situasi macet, tetap saja akan boros BBM.

3. Memilih mobil transmisi manual

Mobil dengan transmisi manual jauh lebih hemat daripada matik. Pasalnya transmisi manual mempunyai daya putaran mesin per menit (RPM) dan beban penggerak yang lebih kecil. Sehingga mesin hanya butuh sedikit bahan bakar untuk mempercepat putaran mesin.

4. Memilih mobil dengan penggerak roda depan

Mobil dengan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) tidak butuh banyak energi untuk menggerakkan keempat rodanya. Mobil FWD cocok bagi mobil operasional yang banyak berkendara di jalanan yang mulus.

5. Punya aerodinamika yang baik

Desain dan bentuk mobil tentunya dibuat dengan perencanaan yang matang. Apalagi mobil-mobil sekarang sudah mengusung aerodinamis dengan bentuk seperti kapsul. Tujuannya agar angin tidak menghambat laju mobil. Sehingga, mesin tidak perlu bekerja terlalu keras dan bisa irit BBM.

Itu dia sejumlah mobil hemat BBM untuk dijadikan mobil operasional dan tips memilihnya. Pastikan memilih sesuai kebutuhan.

Servis mobil secara rutin bisa mempertahankan kinerja mesin. Sehingga konsumsi BBM juga jadi lebih hemat. Oleh sebab itu, Otoklix for Business hadir untuk kemudahan servis rutin mobil operasional perusahaan Anda.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Mobil Hemat BBM


Beberapa mobil yang terkenal dengan konsumsi BBM yang irit antara lain adalah Toyota Avanza, Honda Mobilio, Honda Brio, KIA Picanto, Mitsubishi Xpander, Suzuki All New Ertiga, Honda Civic, hingga Corolla Cross Hybrid.


Hasil pengujian menunjukkan konsumsi BBM Toyota Calya mencapai angka 17-18 km/liter. Hasil ini merupakan kombinasi jalanan tol dan dalam kota dan memakai transmisi otomatis.


Daihatsu Ayla adalah salah satu LCGC (low cost green car. Sebagai mobil LCGC, Daihatsu Ayla punya tingkat konsumsi bahan bakar yang irit, yakni mencapai 25 km/liter.