Genap satu dasawarsa Blibli telah beroperasi di Indonesia. Penasaran bagaimana sejarah Blibli? Siapa yang mendirikannya dan fitur apa saja yang ada di Blibli? Blibli secara resmi beroperasi tahun 2011 hingga saat ini masih menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Tahun kemarin di tahun 2022 Blibli secara resmi diperkenalkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Initial Public Offering (IPO) pertama kali Blibli terjadi sekitar bulan Oktober 2022. Hingga kini Blibli semakin sukses dengan beragam kerjasama dan fitur-fitur menariknya.

Bahkan beberapa fitur terbarunya adalah pembukaan toko offline dan fitur pembayaran syariah. Berikut ini sejarah Blibli hingga sukses saat ini dan fitur-fiturnya.

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Sejarah Blibli

Sebenarnya Blibli sudah dikembangkan sejak tahun 2010, akan tetapi secara resmi diluncurkan sejak tanggal 25 Juli 2011. PT Global Digital Niaga (DGN) merupakan pendiri Blibli pertama kali merupakan anak perusahaan dari PT Global Digital Prima (GDP). Kantor pusat Blibli berada di kawasan Jakarta Barat.

Saat itu yang menginisiasi Blibli pertama kali adalah Martin Hartono, Kusumo Martanto, Hendry, Lisa Widodo, dan Lay Ridwan Gautama. 

Adapun model bisnis marketplace terbesar di Indonesia ini menggunakan model bisnis B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Customer). Jenis model tersebut mengartikan bahwa Blibli sebagai sarana pelaku bisnis untuk menjual produk-produknya serta Blibli sendiri yang menawarkan produk Blibli kepada konsumen.

Saat ini lebih dari 100 ribu mitra usaha yang bergabung di Blibli dengan keberagaman produk sebesar 16 kategori.

Saat pertama kali peluncurannya, Blibli menjadi salah satu industri niaga-el pertama di Indonesia yang memiliki program cicilan 0% dan pelayanan khusus antar tengah malam.

Baru di tahun 2014 Blibli memiliki gedung gudang pertama di Batu Ceper. Layanan dan fitur Galeri Indonesia menjadi bentuk komitmen Blibli memberikan support terhadap produk lokal dan UMKM Indonesia. 

Satu tahun kemudian, Blibli mengupgrade layanan pelanggan yang beroperasi selama 24/7. Di tahun 2015 itu juga gedung keduanya resmi beroperasi di Cakung. Adapun gedung ketujuh yang menjadi gudang niaga-el terbesar se-Asia Tenggara secara resmi beroperasi di Surabaya pada tahun 2017.

Tahun 2019 Blibli memiliki fitur khusus Blibli Cinta Bumi yang merupakan situs khusus yang berisikan tentang produk ramah lingkungan hasil kurasi.

Menjawab kebutuhan produk halal untuk umat Muslim, Blibli memiliki fitur khusus Blibli Hasanah untuk mendukung sistem perekonomian syariah dengan memudahkan umat muslim menemukan produk halal.

Baca juga: Official Store Otoklix Hadir di Blibli, Beli Oli Mulai Rp70 ribuan! 

Perkembangan Blibli kian pesat dengan bekerja sama menciptakan fitur-fitur khusus yang dibutuhkan masyarakat, di antaranya sebagai berikut:

  • Blibli mengakuisisi Tiket.com untuk memberikan layanan bisnis travel daring di tahun 2016 dan upgrade fitur tersebut dengan elemen terbaik di tahun 2021 pada Program Paritas bersama Tiket
  • Blibli bekerja sama dengan Samsung dan Tukar Tambah untuk membuka toko offline di beberapa lokasi di tahun 2021
  • Blibli bekerja sama dengan PT Supra Boga Lestari, Tbk sebagai pengelola supermarket premium Ranch Market di tahun 2021
  • Blibli menjadi perusahaan niaga-el pertama yang mengintegrasikan aplikasi dengan bank digital di Indonesia pada tahun 2021 melalui layanan BLU
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Kelebihan Blibli

Apa bedanya aplikasi Blibli sebagai marketplace atau e-commerce dengan aplikasi belanja online lainnya? Berikut ini kelebihan Blibli di antaranya sebagai berikut:

  • Gratis ongkir ke seluruh Indonesia
  • Ada banyak kupon, diskon, dan promo
  • Program reward atau hadiah khusus bagi pelanggan yang mengikuti program newsletter Blibli
  • Keamanan packing khususnya produk-produk elektronik
  • Layanan customer service dan merchant care terbaik
  • Harga produk yang ditawarkan kompetitif
  • Keberagaman produk yang ditawarkan yang bila diklasifikasikan sudah ada 16 kategori

Keunggulan aplikasi Blibli ini sejalan dengan nilai-nilai perusahaan yang diterapkan sebagai landasan untuk bertindak dan bertumbuh sebagai perusahaan, adapaun nilai-nilai perusahaan Blibli antara lain:

  • Risk taking
  • Excellence
  • Serving
  • Passionate & Proud
  • Encourage Growth & Innovation
  • Customer First
  • Team Work

Baca juga: Otoklix Tebar Diskon untuk Servis dan Beli Oli di Marketplace, Ini Cara Pemesanannya

Fitur & Produk Blibli

Genap 10 tahun Blibli sudah beroperasi di Indonesia memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan berbelanja online, apa saja fitur-fitur yang sudah ada di aplikasi Blibli? Berikut ini fitur-fitur tersebut, antara lain:

  • Blibli Mitra, fitur untuk para pelaku usaha mikro skala kecil seperti toko kelontong dan toko serta produk digital lain seperti token listrik, pulsa dan BPJS
  • BlibliPay, pilihan metode pembayaran non tunai
  • Blibli Paylater, pilihan metode pembayaran yang memberikan konsumen akses kredit individual melalui Indodana
  • Blibli Creativepreneur, fitur khusus yang menawarkan produk fashion
  • Blibli Work with Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), pelanggan berkesempatan mendapatkan produk berkualitas terbaik dengan harga bersahabat
  • Blibli Logistics, fitur bagi para petani untuk menawarkan hasil pertanian secara online. Fitur ini telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian
  • Blibli Express Service, layanan antar produk dengan kurir internal dari Blibli
  • BlibliMart Offline Store, fitur khusus dalam bentuk toko offline
  • Asuransi Pengiriman Gratis, layanan khusus yang memberikan jaminan pengiriman kepada pelanggan secara gratis
  • BlibliMart, sesuai namanya, layanan ini memenuhi kebutuhan rumah tangga atau groceries sehari-hari
  • Fitur Diskusi Produk, memudahkan pelanggan untuk bertanya dan berdiskusi tentang spesifikasi produk dan toko kepada Blibli
  • Blibli Instore, solusi omnichannel yang didukung dengan Seller App
  • Blibli Click & Collect, layanan khusus di mana pelanggan dapat memilih produk secara online melalui aplikasi lalu diambil secara langsung di toko ritel partner

Blibli menjadi perusahaan marketplace atau perusahaan pada industri niaga-el terbesar di Indonesia yang dipercaya banyak masyarakat.

Sementara itu, bila Anda sedang mencari bengkel mobil terbaik yang dapat memelihara dan merawat seluruh mobil operasional perusahaan maka Bengkel Otoklix menjadi pilihannya karena memiliki layanan khusus Otoklix For Business.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Sejarah Blibli :


Sebenarnya Blibli sudah dikembangkan sejak tahun 2010, akan tetapi secara resmi diluncurkan sejak tanggal 25 Juli 2011. PT Global Digital Niaga (DGN) merupakan pendiri Blibli pertama kali merupakan anak perusahaan dari PT Global Digital Prima (GDP). Kantor pusat Blibli berada di kawasan Jakarta Barat.


Saat itu yang menginisiasi Blibli pertama kali adalah Martin Hartono, Kusumo Martanto, Hendry, Lisa Widodo, dan Lay Ridwan Gautama.


Kelebihan Blibli di antaranya ada banyak produk kupon dan promo, gratis ongkir se-Indonesia, keamanan packing, program reward khusus pelanggan yang mengikuti program newsletter Blibli, keberagaman produk, layanan customer service dan merchant care terbaik dan harga produk kompetitif.