Kaca lampu mobil OtoFriends tampak kotor dan mulai menguning? Jangan dibiarkan begitu saja ya. Selain membuat penampilan mobil kurang menarik, kaca lampu mobil yang kotor dapat mengganggu pandangan terutama di malam hari. Hal itu tentu berbahaya dan rentan menjadi penyebab kecelakaan. 

Untuk itu, cari tahu cara membersihkan lampu mobil, alasan wajib dibersihkan secara rutin, hingga tips mencegahnya menguning atau buram di bawah ini!

Tahapan Membersihkan Lampu Mobil dengan Pasta Gigi

Salah satu cara termudah membersihkan peranti ini adalah dengan menggunakan pasta gigi. Berikut cara membersihkan lampu mobil dengan pasta gigi agar bersih dan tampak seperti baru lagi:

1. Alat dan bahan yang dibutuhkan

Sebelum membersihkan kaca lampu mobil, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu, sebagai berikut:

  • Sikat gigi
  • Pasta gigi yang mengandung baking soda
  • Wax
  • Sabun
  • Kain microfiber atau kanebo
  • Botol semprotan
  • Air bersih

2. Bersihkan kaca lampu mobil

Seperti membersihkan eksterior pada umumnya, yang perlu OtoFriends lakukan terlebih dahulu adalah menyiram permukaan lampu mobil dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan dengan kain microfiber atau kanebo. Pastikan tidak ada sisa air yang tersisa.

Baca juga: Servis Lampu Mobil Apabila Kamu Temukan 4 Penyebab Ini

3. Oleskan pasta gigi

Selanjutnya, oleskan pasta gigi yang sudah disiapkan secara merata ke seluruh permukaan kaca lampu mobil. Pastikan tidak ada permukaan termasuk sudut-sudut kaca lampu yang belum diolesi oleh pasta gigi tadi. Diamkan beberapa menit. 

Lalu, semprotkan air bersih sedikit saja ke olesan pasta gigi tersebut. Lalu, sikat dengan sikat gigi sampai benar-benar bersih. Gosok terus sampai kaca lampu tampak kinclong. 

Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain microfiber yang bersih. Pastikan tidak ada residu pasta gigi atau air yang masih menempel di kaca lampu mobil OtoFriends. Kamu juga bisa menggunakan wax untuk memberi efek glossy finish. Caranya cukup oleskan saja was ke kaca lampu secara merata lalu bersihkan dengan kain microfiber. 

4. Cara menggosok kaca lampu mobil yang benar

Sebagai tambahan, penting juga mengetahui cara menggosok kaca lampu mobil dengan benar. Tujuannya agar tidak menimbulkan goresan baru di permukaan kaca tersebut. Upayakan gosok kaca dengan perlahan saja dan searah jarum jam atau berlawanan. Tak hanya itu, pastikan jangan terlalu menekan permukaan kaca saat melapisi pasta gigi, sebab hal itu bisa membuatnya menipis.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Alasan Kaca Lampu Mobil Harus Dibersihkan Secara Rutin

Kaca lampu mobil merupakan komponen penting, untuk itu membersihkannya secara rutin menjadi penting. Tidak hanya soal penampilan, menjaga kebersihan kaca lampu mobil juga dapat menghindari kerusakan yang tak diinginkan seperti timbulnya kerak atau bersarangnya jamur. Bila sudah berkerak atau berjamur, bisa menghalangi pandangan. Selain itu, ada risiko lainnya bila malas membersihkan kaca lampu mobil, berikut selengkapnya:

1. Menghalangi Jarak Pandang

Kotoran atau debu maupun bekas air hujan yang menempel di kaca lampu mobil, bila tidak dibersihkan dapat membuatnya menjadi kusam atau menguning. Akibatnya, jarak pandang selama berkendara menjadi terbatas karena kejernihan kaca yang menurun. Bila dibiarkan, bisa membahayakan apalagi jika OtoFriends sering menyetir pada malam hari.

2. Tumbuh Jamur

Masalah lainnya yang bakal muncul dari kebiasaan buruk malas membersihkan kaca mobil adalah kaca lampu mobil bakal berjamur. Bercak jamur bisa membiaskan cahaya, sehingga sorotan cahaya yang mengarah ke kaca lampu mobil akan dipantulkan kembali. Akibatnya, akan mengganggu pandangan pengemudi selama perjalanan, dan tentu ini berbahaya bagi keselamatan.

Tips Merawat Kaca Lampu Mobil Agar Tak Mudah Menguning

Selain rutin membersihkan, berikut tips merawat lampu mobil agar tidak mudah menguning dan tetap kinclong:

  • Hindari memarkir mobil di bawah terik sinar matahari. Upayakan parkir mobil di tempat yang teduh untuk menghindari oksidasi, sehingga tidak mudah buram.
  • Pilih bohlam lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil masing-masing. Hindari lampu yang watt-nya terlampau besar.
  • Gunakan cairan khusus untuk melindungi kaca lampu mobil seperti wax dan cairan anti sinar UV.
  • Bersihkan dan keringkan kaca lampu mobil secepat mungkin usai diguyur hujan atau terciprat becek di jalan. Jangan dibiarkan air hujan atau becek tadi terlalu lama menempel di kaca lampu mobil, agar tak meninggalkan noda yang susah dibersihkan.

Nah, itu tadi pembahasan seputar cara membersihkan lampu mobil dengan pasta gigi. Bila tak ada waktu untuk membersihkan secara rutin, kunjungi atau hubungi saja bengkel terdekat. Saat ini, menemukan bengkel terdekat lebih mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi Otoklix. Bahkan, kamu bisa melakukan booking berbagai jenis perawatan mobil mulai dari servis lampu mobil, cuci mobil, ganti oli, ganti aki, tune up, hingga perawatan ban dan AC mobil.