Membawa bayi saat bepergian jauh menggunakan mobil tentu tak boleh sembarangan dan membutuhkan perhatian khusus. Selain keselamatan, orang tua juga harus memahami berapa minimal usia bayi bisa diajak perjalanan jauh agar sang buah hati tetap merasa aman dan nyaman. 

Tips Membawa Bayi saat Perjalanan Jauh Pakai Mobil

1. Tentukan Jadwal Perjalanan

Sebelum berpergian, sebaiknya tentukan dulu jadwal perjalanan Anda. Pastikan perjalanan bersama sang buah hati memiliki waktu yang fleksibel atau tidak terburu-buru.

Sebab, perjalanan jauh membawa bayi memerlukan banyak waktu untuk mengurusnya secara khusus, seperti mengganti popok dan istirahat. Jika perjalanan dilakukan secara terus-terusan, bayi berpotensi rewel karena mabuk perjalanan. 

2. Gunakan Baby Seat

Sebagai orang tua tentu harus mengutamakan keamanan anak di mana pun berada. Pastikan bayi Anda duduk di baby seat selama perjalanan jauh supaya tetap aman. 

Selain keamanan, baby seat juga dirancang pas untuk postur bayi. Jadi, si kecil akan merasa lebih nyaman sehingga meminimalisir kemungkinan rewel selama perjalanan jauh di mobil.

Sebagai informasi, baby seat merupakan tempat duduk khusus yang dirancang untuk bayi dan anak-anak dilengkapi fitur keamanan, seperti seat belt. Anda bisa memasang baby seat dengan bantuan teknisi bengkel supaya lebih tepat terpasang di mobil.

Baca Juga: 10 Kasur Mobil Recommended Supaya Mudik Makin Nyaman

3. Beri Suasana yang Nyaman

Selain karena lelah, bayi akan menangis jika merasa jenuh saat diajak perjalanan jauh dengan mobil. Sebagai orang tua, wajib untuk ciptakan suasana yang nyaman bagi bayi. 

Bawa mainan serta cemilan favorit sang buah hati, lalu ajak berkomunikasi supaya dirinya terhibur. Jika sudah merasa tenang maka si kecil akan mengantuk dan tertidur.

4. Selalu Bersikap Tenang 

Perjalanan jauh bersama bayi tentu akan melelahkan sehingga berpengaruh pada suasana hati Anda. Pada saat seperti ini, tetaplah tenang supaya bayi tak ikut rewel.

Jika bayi mulai rewel, redam emosi dan beristirahat di rest area terdekat guna mendapatkan suasana baru. Tanamkan dalam pikiran bahwa semua akan baik-baik saja. 

Lanjutkan perjalanan jika Anda dan bayi sudah dipastikan dalam kondisi suasana hati yang lebih baik. Dengan demikian, perjalanan akan tenang dan nyaman. 

5. Pastikan Perlengkapan Bayi Lengkap

Pastikan Anda sudah menyiapkan satu tas atau wadah khusus untuk memuat kebutuhan bayi, seperti pakaian, popok, botol susu, susu, tisu kering dan basah, makanan, perlengkapan mandi, hingga alat makannya. 

Sebagai antisipasi kemungkinan kondisi kesehatan bayi turun saat diperjalanan, jangan lupa untuk membawa obat-obatan, termometer, dan plester pereda demam. Jika seluruh perlengkapan bayi terpenuhi, perjalanan akan terasa bahagia. 

Baca Juga: Persiapan Liburan – Lupa Service, Liburan Jadi Miris!

Usia Bayi Bisa Diajak Perjalanan Jauh

Selain tips membawa bayi saat perjalanan jauh dengan mobil, tentunya sebagai orang tua juga harus memahami usia berapa buah hati boleh dibawa bepergian. Pastikan bayi sudah dalam kondisi stabil. 

Belum ada aturan menyebut, usia yang tepat bagi bayi bisa diajak perjalanan jauh. Jadi, tak sedikit pula orang tua sudah membawa bayi bepergian tak lama sejak kelahirannya. 

Pada dasarnya, bayi dianggap stabil ketika usianya 1 bulan atau berat badannya mencapai 4 kg. Di usia tersebut, buah hati dianggap aman untuk bepergian dengan menggunakan mobil. 

Kendati demikian, para pakar sepakat masa terbaik bayi untuk dibawa perjalanan jauh saat memasuki usia 3 bulan. Sebab, usia tersebut bayi sudah mendapatkan vaksinasi wajib sehingga kekebalan tubuhnya lebih terjaga.

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi saat bepergian jauh, jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi mobil. Servis mobil di bengkel terdekat dari Otoklix.