Dalam dunia bisnis, mengetahui bagaimana cara membangun kerjasama bisnis menjadi ilmu dasar. Sebab untuk perkembangan bisnis, Anda memerlukan bantuan bisnis lain. 

Sebagai contoh bila Anda perusahaan logistik dan pengiriman barang membutuhkan rekan bisnis yakni bengkel mobil untuk membantu perawatan kendaraan. Begitu pula bagi perusahaan yang memiliki inventaris perusahaan dalam bentuk properti seperti kendaraan, maka pemilik bisnis wajib memperhatikan perawatan dan pemeliharaan kendaraan tersebut.

Banner

Saat kondisi kendaraan perusahaan dalam kondisi stabil dan optimal untuk digunakan maka aktivitas bisnis bisa terlaksana dengan maksimal. Lantas, bagaimana cara mengajak kerjasama bisnis untuk membantu merawat dan memelihara kendaraan operasional perusahaan?

Baca juga: Terlengkap! Ini Cara Menghadapi Kompetitor Paling Efektif

1. Pilih Rekan Bisnis yang Memiliki Kesamaan Nilai dan Prinsip

Langkah awal saat mencari mitra kerjasama usaha adalah memastikan bahwa bisnis Anda dengan calon mitra bisnis sejalan. 

Walaupun memiliki perbedaan motif, namun dalam menjalankan kerjasama kedua belah pihak harus memastikan nilai-nilai dan prinsip kerjasama yang tertuang di dalam visi dan misi kerjasama sejalan.

Ada banyak bengkel mobil yang menyediakan layanan servis mobil terbaik namun untuk memelihara kendaraan operasional perusahaan tak cukup sekadar mampu memperbaiki mobil dengan baik.

Bengkel tersebut harus memiliki layanan khusus untuk memperhatikan seluruh kendaraan operasional perusahaan Anda yang jumlahnya lebih dari 2 kendaraan tersebut.

Jangan sampai hanya 1-2 kendaraan saja yang memiliki performa baik, namun kendaraan lainnya terbengkalai karena ketidakmampuan bengkel dalam memelihara dan merawat seluruh kendaraan perusahaan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

2. Pilih Rekan Bisnis yang Dapat Memberikan Kebutuhan Bisnis

Ungkapkan secara jelas dan detail apa yang Anda butuhkan dari rekan bisnis tersebut. Dalam konteks mencari partner bisnis untuk memelihara dan merawat kendaraan operasional, maka katakan dengan jelas apa yang perusahaan butuhkan.

Tak melulu kerjasama usaha bagi hasil, yang terpenting adalah mitra bisnis dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda, begitu pula sebaliknya Anda dapat memenuhi kebutuhan mitra bisnis.

Dalam kasus ini, perusahaan memiliki sejumlah kendaraan operasional bisnis yang sering digunakan untuk operasional bisnis setiap harinya. 

Ada kendaraan yang digunakan di dalam kota ada yang lintas kota atau bahkan lintas provinsi. Jelaskan keadaannya sedetail mungkin dan kebutuhan Anda bagaimana kendaraan-kendaraan perusahaan tersebut dapat terpelihara.

Bengkel berkualitas tentu dapat mengatur regulasi perawatan dan pemeliharaan kendaraan perusahaan sebanyak apapun kendaraannya dan sepadat apapun mobil akan digunakan, bengkel tersebut mampu mengatur waktu pemeliharaan dan perawatannya agar tidak bentrok saat akan digunakan.

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

3. Cari Tahu Keunggulan dan Kelebihan Mitra Bisnis

Meskipun calon rekan bisnis menyanggupi kerjasama untuk memberikan perawatan dan pemeliharaan menyeluruh kendaraan perusahaan. Namun, Anda sebagai pemilik bisnis tetap perlu melakukan riset untuk mencari tahu seberapa kredibel mitra bisnis tersebut.

Misalnya saja Bengkel Otoklix yang menyediakan layanan khusus yakni Otoklix For Business yang fokus untuk merawat dan memelihara kendaraan perusahaan. Pemilik bisnis perlu mencari tahu apa keunggulan layanan Otoklix For Business tersebut.

Keunggulan layanan yang dimaksud misalnya apakah bengkel tersebut memiliki layanan antar jemput mobil untuk servis, apakah bengkel tersebut memiliki sistem dokumentasi yang terintegrasi untuk membuat jadwal servis setiap kendaraan, atau adakah layanan khusus di situasi darurat.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

4. Pilih Rekan Bisnis yang Mampu Melengkapi Kekurangan Bisnis Perusahaan

Ingat bahwa mencari mitra bisnis atau rekan bisnis bertujuan untuk mempermudah pencapaian tujuan bisnis Anda. Seorang pengusaha roti butuh bekerja sama dengan pengusaha terigu sebagai pemasok bahan pokok dalam pembuatan roti.

Begitu pula perusahaan Anda yang memiliki kendaraan perusahaan namun sulit untuk merawat dan memelihara kendaraan. Jangan tunggu sampai kendaraan tersebut rusak dan harus dijual murah demi membeli mobil baru yang harganya tentu saja mahal.

Inventaris perusahaan harus dirawat agar bisa digunakan seoptimal mungkin untuk jangka panjang. Apabila tidak memungkinkan untuk merekrut karyawan khusus merawat semua kendaraan perusahaan, maka lebih baik cari mitra bisnis yang menyediakan layanan khusus untuk memelihara dan merawat kendaraan perusahaan.

Baca juga: Intip Mobil Dinas DPR Toyota Crown Royal Saloon, Minat Beli?

5. Pilih Rekan Bisnis dengan Kemampuan Komunikasi Baik

Cara membangun kerjasama bisnis terakhir dan cukup fundamental adalah memilih rekan bisnis yang memiliki cara dan gaya berkomunikasi yang baik.

Tak dipungkiri, di tengah jalan akan terjadi berbagai problem yang bisa berasal dari perusahaan Anda ataupun dari bengkel tersebut. Misalnya saja bengkel mobil lupa mengganti oli kendaraan perusahaan atau memeriksa kondisi filter udara dan AC mobil.

Karenanya pilih bengkel yang memiliki layanan customer service terbaik dan dapat dihubungi kapan saja tanpa perlu menunggu. Bahkan di tengah kepadatan dan kesibukan Anda atau karyawan, sehingga owner tak perlu datang ke bengkel untuk mempertanyakan hal-hal yang dianggap menjadi permasalahan tersebut.

Meskipun jarang sekali, akan tetapi ada satu bengkel yang memiliki layanan terintegrasi bagi pelanggannya untuk melakukan booking service, layanan dasbor service online untuk memeriksa jadwal servis kendaraan hingga pilihan metode pembayaran secara online yakni Bengkel Otoklix.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Cara Membangun Kerjasama Bisnis :


Cara kerjasama usaha adalah dengan melihat apakah rekan bisnis atau partner bisnis Anda memiliki kesamaan nilai dan prinsip yang akan dituangkan ke dalam visi dan misi perjanjian kerjasama bisnis.


Cara membangun kerjasama bisnis terakhir dan cukup fundamental adalah memilih rekan bisnis yang memiliki cara dan gaya berkomunikasi yang baik.


Ungkapkan secara jelas dan detail apa yang Anda butuhkan dari rekan bisnis tersebut. Dalam konteks mencari partner bisnis untuk memelihara dan merawat kendaraan operasional, maka katakan dengan jelas apa yang perusahaan butuhkan.