OtoFriends, apakah kamu pernah mendengar istilah TNKB? TNKB adalah singkatan dari Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. 

TNKB adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (ranmor). Namun, kebanyakan orang mengenal TNKB dengan istilah pelat nomor atau nomor polisi (nopol) ketimbang istilah resminya.

TNKB diterbitkan oleh Korlantas Polri. TNKB terdiri dari Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) dan masa berlaku pajak kendaraan yang sesuai dengan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dengan kata lain, TNKB adalah bentuk fisik dari NRKB.

OtoFriends tentu tahu kalau warna pelat nomor maupun nomor yang tertera di pelat nomor kendaraan itu berbeda-beda. Alasan di balik perbedaan itu adalah TNKB dibuat dari bahan dengan unsur-unsur keamanan sesuai spesifikasi khusus yang telah ditentukan. Termasuk di antaranya logo lantas dan pengaman lainnya untuk menegaskan legalitas TNKB.

Supaya lebih paham tentang TNKB, yuk, simak info tentang kode angka dan hurufnya!

 

Arti Kode Angka dan Huruf pada TNKB

Bisa dibilang, TNKB adalah identitas yang diberikan pihak kepolisian untuk kendaraan bermotor berupa kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku pelat.

Dengan mengetahui info ini, kamu bisa mengidentifikasi kendaraan bermotor berdasarkan warna pelat nomor, huruf, dan angka yang tertera di pelat tersebut.

Kode wilayah menandakan asal wilayah kendaraan tersebut. Kode wilayah bisa terdiri dari satu atau dua huruf yang berarti kode tempat kendaraan bermotor tersebut didaftarkan.

Kode angka dan huruf pada pelat nomor adalah bagian dari nomor registrasi. Nomor registrasi ini dipilih berdasarkan jenis kendaraan, biasanya terdiri dari satu hingga empat angka secara acak, tetapi memiliki arti terselubung.

Sementara, kode huruf pada TNKB adalah penanda sub wilayah kendaraan bermotor. Kode huruf terdiri dari satu hingga tiga huruf yang berada setelah kode angka. 

Komponen terakhir pada TNKB adalah masa berlaku TNKB itu sendiri, yang terdiri dari empat angka menunjukkan bulan dan tahun. Sebagai contoh, 12-23 menandakan bahwa masa berlaku TNKB berakhir pada bulan Desember (12) tahun 2023 (23).

Memahami Spesifikasi Warna TNKB

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi warna TNKB? Apa arti dari warna TNKB atau warna pelat nomor yang berbeda-beda? 

Penjelasannya dimuat dalam Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor 5 Tahun 2020. Berikut penjelasannya: 

  • Warna TNKB dasar hitam, tulisan putih untuk ranmor perseorangan dan ranmor sewa
  • Warna TNKB dasar kuning, tulisan hitam untuk ranmor umum
  • Warna TNKB dasar merah, tulisan putih untuk ranmor dinas Pemerintah
  • Warna TNKB dasar putih, tulisan biru untuk ranmor Korps Diplomatik negara asing
  • Warna TNKB dasar hijau, tulisan hitam untuk ranmor di kawasan perdagangan bebas (free trade zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan

Peraturan Menteri Keuangan. Ranmor kategori ini tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya.

Jadi, bisa dipahami bahwa warna TNKB adalah salah satu penanda perbedaan kepemilikan kendaraan bermotor.

Cara Mengurus TNKB

Bila TNKB hilang atau rusak, OtoFriends harus mengajukan permohonan baru di kantor Samsat. Tahapan umumnya seperti berikut:

  • Mengisi formulir permohonan
  • Melampirkan tanda bukti identitas
  • Melampirkan STNK
  • Melampirkan surat tanda penerimaan laporan dari Polri (bila TNKB hilang)
  • Melampirkan TNKB yang rusak (bila TNKB rusak)
  • Melampirkan tanda bukti pembayaran penerimaan negara bukan pajak 

Sebagai pemilik kendaraan, OtoFriends perlu tahu makna spesifikasi warna TNKB, terutama yang sesuai dengan mobilmu. 

Jangan lupa juga untuk punya jadwal rutin servis kendaraan di bengkel. Dalam servis rutin ini, mobilmu akan dicek kondisi mesinnya maupun komponen-komponen yang lain. Jadi kalau ada masalah atau kerusakan, bisa segera ditangani oleh ahlinya.

OtoFriends bisa booking jadwal servis mobil lewat aplikasi Otoflix. Setelah dapat jadwal servis, kamu tinggal datang pada waktu yang telah ditentukan, jadi tak perlu antre. Mudah dan praktis, bukan?

 

Pertanyaan Seputar TNKB

Apa itu TNKB di STNK?

TNKB adalah singkatan dari Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, atau biasa disebut pelat nomor atau nomor polisi (nopol), yaitu tanda registrasi dan identifikasi resmi kendaraan bermotor.

Kenapa TNKB putih?

TNKB berwarna putih untuk memudahkan kamera tilang elektronik (e-TLE) dalam menangkap gambar pelat nomor.

Apa saja warna TNKB?

Warna-warna TNKB terdiri dari dasar hitam, tulisan putih, lis biru; dasar kuning, tulisan hitam, lis biru; dasar merah, tulisan putih, lis biru; dan dasar putih, tulisan putih, lis biru.

Apa itu TNKB putih?

TNKB putih yang diluncurkan pada 2023 untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, perwakilan negara asing, dan badan internasional.