Cabang olahraga tertua di dunia adalah atletik yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah peradaban manusia dalam berolahraga. Atletik, juga dikenal sebagai track and field, melibatkan serangkaian disiplin seperti lari, lompat, dan lempar.

Aktivitas ini adalah aktivitas fisik yang telah ada sejak zaman kuno, di mana manusia pertama kali bersaing dalam bentuk-bentuk sederhana yang sekarang kita kenal sebagai balapan, lompat jauh, dan lempar lembing.

Yuk, kita selami lebih dalam apa aja, sih, cabang olahraga tertua di dunia. 

Daftar Cabang Olahraga Tertua di Dunia

Cabang olahraga pertama kali dan tertua di dunia adalah atletik yang sudah ada sejak peradaban Yunani Kuno. Alasan utama atletik disebut sebagai cabang olahraga tertua adalah karena memiliki akar sejarah yang sangat dalam dan telah ada sejak zaman kuno.

Pada Olimpiade pertama pada tahun 776 SM di Yunani, tercatat beberapa perlombaan seperti lari cepat dan gulat dilombakan. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Lari atau Sprint 

Cabang olahraga tertua di dunia adalah lari atau sprint yang bahkan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Pada Olimpiade pertama pada tahun 776 SM, lari menjadi salah satu olahraga utama dan disebut-sebut menjadi awal ketika lari digunakan sebagai olahraga.

Atletik adalah cabang olahraga tertua dan sumber dari berbagai macam olahraga sehingga disebut mother of sport. Tidak seperti banyak olahraga lainnya yang memerlukan peralatan khusus, lari adalah olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan peralatan sama sekali.

Oleh karena itu, lari juga dianggap sebagai olahraga paling dasar dan universal di dunia.

Baca Juga: 10 Cara dan Tips Produktif agar Aktivitas Lebih Efektif

2. Gulat 

Salah satu cabang olahraga tertua di dunia adalah gulat yang diperkirakan telah ada selama 15.000 tahun. Bukti awalnya dapat ditemukan dalam lukisan gua di Prancis, seperti yang digambarkan dalam lukisan gua Lascaux yang berasal dari sekitar 15.300 tahun yang lalu.

Lukisan ini memperlihatkan seorang pegulat dalam aksinya, memberikan bukti konkret tentang eksistensi gulat dalam masyarakat zaman prasejarah. Teknik-teknik gulat yang melibatkan menangkap, melempar, atau menjatuhkan lawan dalam pertarungan telah menjadi bagian integral dari sejarah olahraga manusia. 

Gulat, yang dianggap sebagai salah satu olahraga tertua di dunia, tercatat pula dalam sejarah bangsa Sumeria 5000 tahun lalu. Orang Mesir juga menjadikan gulat sebagai olahraga seperti yang ditemukan di makam Beni Hasan. 

3. Panahan 

Panahan adalah olahraga kuno yang juga memiliki sejarah yang cukup kaya. Panahan pertama kali ditemukan pada akhir era Paleolitik Muda sekitar tahun 20.000 SM. 

Ini adalah olahraga yang digunakan untuk berburu dan berperang di berbagai budaya kuno seperti Mesir, Persia, dan Cina.

Selain itu, panahan pertama kali muncul di Olimpiade pada tahun 1900 dan masih menjadi bagian dari Olimpiade saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga panahan telah mempertahankan popularitasnya selama ribuan tahun.

4. Renang 

Cabang lain yang dianggap sebagai cabang olahraga tertua di dunia adalah renang yang sudah dilakukan manusia ribuan tahun. Bukti untuk memperkuat argumentasi ini ditemukan di Gua Perenang di Gurun Libya. 

Meski sudah berlangsung ribuan tahun, renang kompetitif pertama kali muncul pada abad ke-19 di Inggris, dan menjadi olahraga pria pertama di Olimpiade pada tahun 1896. Olahraga yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Renang Nasional Inggris itu kemudian menjadi sangat populer. 

5. Tinju 

Tinju memiliki asal-usul dari Mesopotamia kuno, digambarkan dalam sebuah relief Sumeria dari milenium ketiga atau kedua SM. Relief kuno itu menggambarkan dua pria yang tampaknya tengah terlibat dalam pertarungan tanpa menggunakan pelindung tangan. 

Kedua pria itu berdiri berhadapan satu sama lain dengan lengan mereka ditekuk, dan tinjunya terkunci. Sementara itu, orang Minoan adalah peradaban manusia yang pertama kali menggunakan sarung tangan tinju. 

Pada ajang Olimpiade, olahraga tinju mulai muncul pada tahun 688 SM di mana para petinju melilitkan tangan mereka dengan kain. Tinju modern semakin berkembang di Inggris, terutama pada abad ke 16 hingga 18. 

Baca Juga: Terlengkap! 10 Daftar Kejuaraan Balapan Mobil Di Dunia

6. Tsu Chu atau Cuju 

Tsu Chu atau Cuju adalah permainan bola kuno Tiongkok yang muncul sekitar tahun 2500 SM yang telah mendapatkan pengakuan FIFA sebagai bentuk sepak bola awal. Meskipun ada pandangan yang menyatakan bahwa sebenarnya, sepak bola modern berkembang dari “sepak bola mob” yang tidak ada hubungannya dengan Cuju.

Olahraga Tsu Chu populer pada era Dinasti Han, namun mulai merosot selama Dinasti Ming. Permainan ini juga dikenal di luar Cina seperti Korea, Jepang, dan Vietnam. Di Jepang, permainan ini dikenal sebagai “kemari” dan masih dimainkan di Kyoto serta beberapa kuil lainnya di Jepang.

7. Senam 

Terakhir dalam daftar cabang olahraga tertua di dunia adalah Senam yang dikembangkan orang Yunani kuno sekitar tahun 500 SM. Selama periode Helenistik Yunani, senam menjadi populer di kalangan warga biasa dan diikutsertakan dalam Olimpiade. 

Tentara Romawi, yang menginvasi Yunani kemudian mengadopsi olahraga ini untuk pelatihan pasukannya. Sayangnya, sempat ada larangan terhadap permainan ini pada 393 M sehingga membuatnya hampir musnah. 

Namun, pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, dua dokter Jerman, Johann Friedrich GutsMuths dan Friedrich Ludwig Jahn, memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali ketertarikan pada senam. Mereka menciptakan latihan khusus untuk anak laki-laki dan remaja putra yang melibatkan gerakan-gerakan yang sekarang kita kenal dalam senam modern.

Cabang olahraga tertua di dunia adalah berbagai macam olahraga yang sudah banyak dilakukan bahkan pada masa sebelum Masehi. Walau kala itu olahraga digunakan sebagai ajang pertarungan, namun hal tersebut jugalah yang membantu tubuh mereka terjaga kebugarannya.

Sama seperti tubuh yang dirawat dengan berolahraga rutin, mobil juga membutuhkan perawatan yang rutin juga, OtoFriends. Salah satu caranya yakni dengan melakukan servis di bengkel terpercaya. Jadwalkan servismu secara online hanya di Otoklix!

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Olahraga atletik umumnya dibagi menjadi empat nomor cabang olahraga, yaitu lari, lompat, jalan, dan lempar. Asal kata “atletik” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “athlon,” yang berarti pertandingan atau perlombaan.

Atletik adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia karena gerakan dasarnya telah dilakukan oleh manusia sejak zaman peradaban awal di bumi ini. Gerakan-gerakan dalam atletik adalah gerakan yang umumnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Induk organisasi atletik seluruh dunia dikenal sebagai World Athletics. Pada awalnya, organisasi ini dikenal dengan nama IAAF (International Amateur Athletic Federation).