Tanpa kita sadari, ternyata ada beberapa hal yang menghambat produktivitas. Sejumlah faktor ini bisa dari dalam dan luar diri sendiri. Kalau dibiarkan pekerjaan kita bisa terhambat hingga akhirnya menjadi bumerang bagi kita sendiri.

Apalagi sebagai karyawan kita dituntut untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat agar mendapat penilaian baik dari atasan. Penilaian kinerja yang baik akan membawa karir kita lebih tinggi. Tentu saja tingkatan yang lebih tinggi bakal mendapat keuntungan yang lebih tinggi pula.

Oleh sebab itu, kita bakal bahas tips produktif supaya waktu terpakai dengan efektif. Simak selengkapnya di Otoklix.com.

Banner

10 Tips Produktif yang Sederhana

1. Menetapkan tujuan yang jelas

Tips produktif yang pertama adalah menetapkan tujuan yang jelas. Ada metode SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely) supaya lebih terbantu dalam menetapkan tujuan. Tujuan yang sudah ditetapkan secara jelas akan membantumu memahami kenapa tujuan tersebut harus dicapai.

2. Membuat jadwal harian

Tips produktif kedua adalah dengan meningkatkan manajemen waktu yang tepat. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan membuat jadwal harian. Bagi pegawai, Anda bisa membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya. Adanya jadwal membuat rutinitas terbentuk sehingga kita lebih termotivasi menyelesaikan tugas tersebut.

Baca juga: Cara Tingkatkan Motivasi Kerja Karyawan Agar Lebih Produktif

3. Memiliki ruang kerja yang nyaman

Ruang kerja yang nyaman bisa menunjang produktivitas. Ruang kerja yang tidak nyaman bisa menghambat kegiatan. Jadi, buat dan aturlah suasana ruang kerja untuk membangkitkan mood. Ada beberapa cara buat bikin ruang kerja jadi nyaman.

  • Menaruh aromaterapi.
  • Memasang musik.
  • Membiarkan cahaya alami masuk ke ruangan.
  • Menambah tanaman untuk meningkatkan kualitas udara.
  • Merapikan meja kerja agar tidak tampak penuh dan sesak.
  • Pilih warna yang sesuai untuk meningkatkan mood bekerja.
  • Mengatur suhu yang tepat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin, sekitar 20-25 derajat Celcius.

4. Membuat daftar aktivitas di malam hari untuk esoknya

Dengan membuat daftar tugas, tujuan harian bisa lebih mudah dicapai. Sehingga tujuan jangka panjang juga makin mudah tercapai.

5. Bangun tidur dan kerjakan tugas di pagi hari

Bangun tidur di pagi hari dan mengerjakan tugas di pagi hari juga menjadi salah satu tips produktif. Hindari untuk langsung mengambil ponsel pintar dan scroll media sosial. Ternyata kebiasaan ini bisa menghambat produktivitas dan kreativitas. 

Sebisa mungkin untuk mengecek media sosial atau e-mail setelah jam makan siang. Sementara itu, lakukan hal prioritas di pagi hari. Tugas yang selesai di pagi hari menjelang siang efektif meningkatkan mood sepanjang hari.

Baca juga: 50 Kata-kata Motivasi Kerja Karyawan, Bikin Semangat Bangkit

6. Berolahraga

Meskipun sibuk bekerja, tetap sempatkan berolahraga meskipun sebentar. Olahraga ringan seperti jogging di sekitar rumah atau bersepeda santai bisa jadi solusi. Sebab, olahraga sangat memengaruhi kebugaran tubuh. Tubuh yang sehat secara fisik dan mental bisa meningkatkan produktivitas.

7. Jeda waktu untuk istirahat

Tugas yang terlalu banyak dengan jadwal aktivitas yang padat adalah hal yang terelakkan kalau kita ingin mencapai tujuan tertentu. Namun, tetap sempatkan diri untuk beristirahat. Memberi jeda waktu untuk istirahat dan tidak memaksa diri bekerja tanpa henti bisa bikin produktivitas meningkat.

Lepaskan diri dari pekerjaan setelah pulang kantor. Anda juga bisa menikmati waktu bersama keluarga dan berwisata ringan tanpa memikirkan pekerjaan. Beristirahat secara fisik dan mental atau re-charge diri bisa membangkitkan semangat ketika kembali bekerja.

8. Memasukkan kebiasan kunci

Tips produktif berikutnya adalah memasukkan kebiasaan kunci. Apa itu kebiasaan kunci? Kebiasaan kunci adalah aktivitas utama yang harus kita lakukan untuk membentuk kebiasaan baik. Tidak hanya membentuk kebiasaan, tetapi juga bisa menghilangkan kebiasaan buruk.

Terkadang kita terlalu terlena membuka media sosial, bermain game, atau terlalu sering nongkrong bersama teman. Tanpa disadari bahwa aktivitas tersebut bisa membuang waktu berharga yang seharusnya bisa kita pakai secara produktif.

Baca juga: Memahami Unsur Penting pada Form Penilaian Kinerja Karyawan

9. Menghindari multitugas

Multitugas atau multitasking memang terlihat keren. Namun, ternyata otak kita tidak dibuat untuk mengerjakan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Dengan melakukan multitugas membuat otak kita terlalu lelah, sehingga bisa kehilangan fokus dan justru butuh waktu untuk kembali berkonsentrasi.

10. Mematikan notifikasi media sosial

Salah satu tips produktif yang paling penting adalah mematikan notifikasi media sosial. Notifikasi pada media sosial seringkali tidak ada habisnya. Kita juga merasa perlu mengecek ketika melihat atau mendengar notifikasi.

Oleh sebab itu, coba matikan semua notifikasi media sosial (kalau memang pekerjaan Anda tidak menuntut untuk selalu mengecek media sosial). Kalau sesekali butuh mengecek media sosial demi kelancaran tugas, cobalah untuk membukanya melalui peramban web.

Itu dia 10 tips produktif yang bisa kita aplikasikan pada keseharian. Dengan meningkatkan produktivitas, tugas akan cepat selesai sehingga kita bisa beristirahat atau melakukan hal lainnya dengan perasaan nyaman.

Kemudahan dalam mengerjakan tugas kantor berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Termasuk kemudahan dalam servis mobil operasional.

Mobil operasional perusahaan butuh perawatan secara berkala agar kondisinya tetap baik. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa mobil operasional kantor memiliki mobilitas yang tinggi dan digunakan untuk kepentingan banyak orang.

Otoklix for Business hadir sebagai solusi servis mobil operasional. Tidak ada lagi rasa khawatir akan kualitas servis yang buruk, suku cadang yang palsu, atau bahkan getok harga. Dengan servis di bengkel Otoklix, mobil bakal lebih prima, menggunakan suku cadang asli, harga yang kompetitif serta transparan, bahkan garansi servis 14 hari.

Download aplikasi Otoklix di PlayStore demi kemudahan reservasi mobil. Otoklix bakal mengarahkan Anda ke bengkel terdekat.

Booking servis juga bisa dilakukan dengan menghubungi WhatsApp di nomor 0811-9200-25. Kunjungi halaman https://otoklix.com/bisnis untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Tips Produktif


Selain bekerja dengan efisien, contoh kegiatan produktif lainnya adalah olahraga, tidur cukup, menekuni hobi, konsumsi makanan sehat, dan me time.


Beberapa tips agar lebih produktif adalah menetapkan tujuan dengan jelas, membuat jadwal harian, memiliki ruang kerja yang nyaman, melakukan pekerjaan di pagi hari, menghindari multitugas, dan mematikan notifikasi media sosial.


Kegiatan produktif adalah cara untuk mendapat hasil yang diinginkan dengan mengeluarkan sedikit usaha dan waktu. Saat sedang produktif, artinya kita sedang berusaha mencapai tujuan. Orang yang produktif sering dianggap sebagai orang yang sibuk.