Bevel gears adalah salah satu jenis roda gigi pada mesin mobil yang memiliki peran penting dalam gear box. Bagi Otofriends yang belum pernah mendengar istilah bevel gears, berikut informasi lengkapnya. 

Apa Itu Bevel Gears?

Bevel gears merupakan jenis roda gigi yang berbentuk kerucut. Jika OtoFriends pernah memperhatikan mesin penggerak mobil, OtoFriends dapat melihat bevel gears yang tersusun bersamaan dengan jenis gears mobil lainnya. Bevel gears memiliki peranan penting untuk menerima dan menyalurkan putaran ke gears lainnya yang tersusun dalam gear box. Putaran tersebut kemudian akan diteruskan ke bagian onderdil mesin mobil lainnya, untuk dapat diolah atau diproses menjadi putaran mesin dan diubah menjadi tenaga.

Sekilas Tentang Gardan Mobil

Membahas bevel gears tidak akan lengkap jika OtoFriends tidak memahami apa itu Gardan mobil. Baik mobil penggerak roda belakang, maupun mobil penggerak roda depan, pasti memiliki gardan mobil. Gardan mobil merupakan komponen pemindah tenaga yang berperan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, sehingga mobil bisa bergerak. Ada dua bagian, yaitu final gear dan differential gear. 

Banner

Baca juga: Fungsi Gardan Mobil, Cara Kerjanya, dan Komponennya

Final gear tersusun dari dua jenis roda gigi, yaitu hypoid bevel gears dan helical gear. Dua jenis roda gigi tersebut saling bekerja sama untuk mencapai fungsi dan tujuan final gear, yaitu menurunkan kecepatan putaran mesin dan merubah arah putaran gerakan sebesar 90 derajat. 

  1. Hypoid Bevel Gears

Hypoid bevel gears banyak digunakan pada mobil yang memiliki penggerak roda belakang. Hypoid bevel gears ini dipasang secara offset dengan garis tengah ring year, sehingga terdapat banyak persinggungan antar sesama roda gigi lainnya. Oleh sebab itu, OtoFriends harus selalu memberikan pelumas, agar tidak terjadi keausan di setiap komponen penggerak. OtoFriends dapat menggunakan oli hypoid bevel gears untuk menjaga komponen dari keausan, karena oli hypoid bevel gears memiliki oli film yang kuat. 

Baca juga: Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan, Ini Ciri-cirinya! 

  1. Helical Gear

Kebalikan dari Hypoid bevel gears, helical gears banyak digunakan pada mobil yang memiliki penggerak roda depan. Helical gear disusun secara sejajar dengan komponen roda gigi lainnya dan selalu dalam posisi yang sama. OtoFriends dapat menggunakan oli pelumas transmisi untuk melumasi bagian komponen helical gear ini, agar terhindar dari keausan. 

Karakteristik Bevel Gears 

Sudah mengenal apa itu gardan mobil dan jenis komponen yang ada di dalamnya, OtoFriends perlu mengetahui lebih lanjut terkait karakteristik dari bevel gears secara khusus. Bevel gears berbeda dengan helical gears yang terletak di tengah dan bersinggungan dengan banyak jenis roda gigi dan komponen mesin penggerak lainnya. Oleh sebab itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Bevel gears berbentuk seperti kerucut, berfungsi untuk mentransmisikan putaran antar dua poros yang berpotongan dalam satu titik. 
  • Terdapat banyak persinggungan antara satu roda gigi dan roda gigi lainnya yang akan menimbulkan panas, sehingga diperlukan ketebalan oli khusus untuk melindungi setiap komponen dan roda gigi dari keausan. 
  • Karakteristik tersebut membuat OtoFriends harus selalu memperhatikan ketinggian oli pelumas hypoid bevel gears. Pastikan bahwa bevel gears terendam dengan oli pelumas yang memiliki viskositas yang sesuai dengan spek pabrikan gear box.

Baca juga: Mengenal Viskositas Oli dan Rekomendasi untuk Mobilmu

Susunan Komponen Bevel Gears

Sebagai penerima putaran, bevel gears bekerja sama dengan berbagai komponen dan roda gigi lainnya yang ada di dalam gear box. Berikut susunan komponen dan cara kerja bevel gears:

  • Motor penggerak, berfungsi sebagai penggerak onderdil mesin
  • Kopling meneruskan gerakan dari motor penggerak ke pinion gear
  • Flange shaft menghubungkan pinion gear dengan shaft kopling, sehingga pinion gear dapat menerima putaran dan meneruskannya ke bevel gear
  • Bevel gear mentransmisikan dan meneruskan putaran ke roda gigi lainnya yang ada di dalam gear box

Tips Perawatan Bevel Gears

Selain memperhatikan kondisi dan penggunaan oli untuk melumasi roda gigi bevel gears, OtoFriends juga perlu memperhatikan kondisi mesin running inspeksi dan mesin stop inspeksi. Kedua mesin ini berperan penting, mesin running inspeksi saat bevel gears sedang bekerja, dan mesin stop inspeksi saat bevel gears sedang dalam kondisi istirahat atau mesin mati.

Saat kondisi mesin running, beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan adalah:

  • Volume oli bevel gears pada gear box
  • Temperatur shaft bevel
  • Suara noise dari bevel gear unit
  • Dan getaran pada body bevel gear

Sedangkan saat kondisi mesin mati, beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan, antara lain:

  • Ketinggian oli yang meredam bevel gears
  • Kondisi keausan bevel gears
  • Viskositas oli pelumas, biasanya berkisar 320-680
  • Kondisi bearing dudukan shaft bevel gear 

Melakukan pengecekan pada setiap komponen dan proses kerja bevel gears tidak bisa dilakukan secara mandiri. Terdapat alat-alat khusus seperti pengecek vibrasi meter dan alat deteksi temperatur meter yang hanya terdapat di bengkel. OtoFriends harus membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan rutin. OtoFriends dapat menghubungi kami untuk melakukan konsultasi dan pemilihan bengkel rekanan apabila terjadi kerusakan atau keausan pada komponen roda gigi mobil milik OtoFriends.  

Otoklix, your trusted automotive partner.

Pertanyaan Seputar Bevel Gears

Hypoid bevel gears adalah roda gigi berbentuk kerucut yang memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran ke roda gigi atau komponen lainnya dalam gear box.

Bevel gears bekerja sama dengan roda gigi dan komponen lainnya untuk dapat menyalurkan putaran dan menghasilkan tenaga.

Gardan mobil merupakan komponen pemindah tenaga yang berperan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, sehingga mobil bisa bergerak.