Apa itu gardan mobil? Gardan mobil adalah salah satu komponen yang ada di sistem penggerak kendaraan. Mungkin kita sering mendengar tentang oli gardan untuk menunjang kinerja gardan mobil. Simak pembahasan lengkap tentang gardan mobil yang bakal Otoklix bahas di bawah ini.

Pengertian Gardan Mobil

Gardan mobil dikenal juga sebagai differential. Ini adalah salah satu komponen penting untuk meneruskan tenaga putar dari mesin menuju poros penggerak. Disebut differential karena juga memiliki arti ‘beda’. Fungsinya memang sebagai pembeda gerakan putar poros ban kiri dan kanan saat berbelok.

Biasanya komponen ini ada pada mobil dengan penggerak RWD atau 4WD. Dengan adanya gardan, ban mobil kiri dan kanan akan punya kecepatan yang sama. Biasanya gardan kiri dan kanan memiliki kecepatan berbeda, terutama saat mobil berbelok.

Fungsi Gardan Mobil

Fungsi utama gardan mobil memang meneruskan tenaga putar dari mesin mobil ke roda penggerak. Sebelumnya tenaga ini dihubungkan ke sistem kopling, transmisi, batang propeller, baru sampai ke gardan. Lebih jelasnya, ini dia fungsi gardan mobil.

1. Sebagai pembeda putaran poros roda kiri dan kanan

Maksud dari pembeda putaran poros roda kiri dan kanan adalah pembeda gerak putar porosnya. Sehingga radius belok mobil jadi lebih pendek dan mobil tidak perlu berputar lebih jauh saat mobil berbelok secara keseluruhan. Selain memudahkan mobil saat berbelok, dengan adanya gardan juga membuat ban tidak mengalami slip yang membuat cepat aus dan rusak.

2. Sebagai penerus tenaga putar

Fungsi berikutnya adalah sebagai penerus tenaga putar mesin ke poros penggerak. Gardan akan meneruskan tenaga putar dari mesin ke ban mobil. Dengan adanya gardan, laju kendaraan akan terpengaruhi, baik untuk maju, mundur, atau berbelok.

3. Mengubah arah putar sebesar 90 derajat

Gardan mobil juga bisa mengubah arah putar sebesar 90 derajat. Tenaga putar yang awalnya lurus dari mesin kemudian transmisi dan kopling akan diubah menjadi 90 derajat sampai bisa memutar poros penggerak. 

Baca juga: Kapan Oli Gardan Harus Diganti dan Berapa Harganya?

4. Meningkatkan tenaga putar

Fungsi gardan mobil berikutnya adalah meningkatkan tenaga putar atau momen. Tenaga dari mesin ini akan ditingkatkan jadi lebih besar dan bakal disalurkan ke poros-poros roda penggerak.

Cara kerja gardan mobil bisa dilihat saat gigi pinion gear yang berukuran kecil akan memutar ring gear yang berukuran lebih besar. Kerja gigi pinion gear ini bisa optimal kalau pelumasnya cukup. Pemberian pelumas yang cukup juga bisa menghilangkan bunyi dengung yang berasal dari gardan mobil.

Setelah mengetahui fungsi gardan mobil, selanjutnya mari kita bahas tentang cara kerja gardan mobil.

Cara Kerja Gardan Mobil

Bagaimana cara kerja gardan yang menjadi pusat pengaturan gerak atau laju kendaraan? Ini dia cara kerja gardan di berbagai posisi mobil saat berjalan atau berbelok.

1. Posisi mobil berbelok

Saat mobil berbelok, roda sisi bagian dalam akan menerima tahanan putar roda depan yang berubah arah. Posisi ini membuat side gear roda kiri lebih berat dibandingkan side gear roda kanan. Kemudian, pinion gear akan berputar karena perbedaan berat side gear tersebut. Side gear sebelah kanan bakal berputar lebih cepat sehingga putaran kedua roda jadi berbeda. Pinion gear akan membedakan putaran dan membuat arah berputar keduanya jadi berlawanan. 

Baca juga: Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan, Ini Ciri-cirinya!

2. Mobil berjalan lurus

Saat mobil berjalan lurus artinya posisi setir juga lurus. Sehingga tenaga putar yang dihasilkan dari gardan (propeller shaft) masuk ke pinion drive gear. Tenaga putar itu bakal dihubungkan ke ring gear yang punya mata gigi lebih banyak.

Saat posisi lurus, gardan mobil membuat rpm di ring gear lebih rendah dibandingkan rpm di pinion drive gear. Namun, meskipun rpm ring gear lebih rendah, torsinya justru tetap bertambah. Kemudian, putaran di ring gear bakal diteruskan ke differential case.

Differential case adalah rangka pada rangkaian side gear dan pinion. Pada posisi ini, poros pinion bertumpu ke sisi differential case. Kemudian, kedua ujungnya diletakkan ke dua gigi pinion yang sudah terhubung dengan dua side gear. Aliran dari differential case ini akan menuju ke poros pinion yang kemudian diteruskan ke pinion gear dan side gear.

Pinion gear ini akan berputar di poros pinion agar roda kanan dan kiri terlihat berbeda dari sisi putarannya. Namun, karena setir lurus, beban roda sebelah kanan dan kiri menjadi sama. Kemudian, pinion hanya melanjutkan putaran ke side gear dari case saja.

Baca juga: Apa Beda Oli Mesin dan Oli Gardan? Ini Perbedaan 5 Jenis Oli

3. Saat roda mobil masuk ke lumpur

Selain kedua posisi di atas, ada lagi cara kerja gardan saat salah satu roda masuk ke dalam lumpur. Seperti yang kita tahu, bagian roda yang masuk ke lumpur bakal punya tahanan yang lebih besar dibandingkan roda yang tidak terjebak. Kecepatan putar rodanya juga jadi lebih lambat.

Jadi, supaya cara kerja gardan mobil tetap optimal, selalu pastikan kondisi pelumas tetap baik agar bisa mengatur pergerakan poros putaran. Cek kondisi oli gardan supaya performa mobil jadi maksimal.

Komponen Gardan Mobil

Setelah mengetahui fungsi dan komponen gardan mobil, kita juga perlu tahu apa aja komponen gardan mobil. Paling tidak kita sudah pernah mendengar bagian-bagian dari gardan mobil seperti di bawah ini.

1. Drive Pinion Gear

2. Drive Pinion Shaft

3. Ring Gear

4. Spider Gear

5. Spider Gear Shaft

6. Differential Carrier / Differential Case

7. Axle Shaft Bearing

8. Side Gear

9. Adjuster Nut

10. Bearing Cap

11. Axle Shaft Housing

12. Axle Shaft Housing Cap

13. Differential Oil Tube

14. Universal Joint Flange

15. Gasket

Itu dia pembahasan tentang gardan mobil, mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, sampai dengan komponennya. Tidak hanya mesin yang perlu diganti olinya secara berkala, ganti oli gardan juga perlu dilakukan secara rutin. Datangi bengkel terdekat untuk mengecek kondisi dan juga ganti oli gardan. Temukan bengkelnya di aplikasi Otoklix!

Pertanyaan Seputar Gardan Mobil

Gardan mobil adalah komponen untuk meneruskan tenaga putar dari mesin menuju poros penggerak. Ganti oli gardan di bengkel terdekat.

Kerusakan pada gardan bisa dilihat dari adanya rembesan oli gardan atau saat terdengar suara dengung dari kolong mobil.

Komponen gardan mobil di antaranya adalah Drive Pinion Gear, Drive Pinion Shaft, Ring Gear, Spider Gear, Spider Gear Shaft, Differential Carrier / Differential Case, Axle Shaft Bearing, Side Gear, Adjuster Nut, Bearing Cap, Axle Shaft Housing, Axle Shaft Housing Cap, Differential Oil Tube, Universal Joint Flange, Gasket.