Steering axis pada mobil memiliki peranan yang cukup penting, yakni berpengaruh terhadap kerja geometri suspensi mobil. 

Dengan adanya steering axis, mobil pun bisa bergerak dengan baik dan juga lebih stabil, terutama saat melaju pada kecepatan yang tinggi. 

Berikut ini informasi lengkap terkait apa itu steering axis, fungsi, dan komponen-komponen pendukung lainnya. 

Pengertian Steering Axis

Mungkin beberapa dari OtoFriends masih asing dengan istilah steering axis. Steering axis ini merupakan bagian komponen dari wheel alignment berupa sumbu atau sudut keselarasan roda. 

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, peranan steering axis ini cukup penting, yakni berpengaruh terhadap stabilitas kemudi mobil. 

Jadi, ketika OtoFriends mengendarai mobil dan berbelok ke kiri atau ke kanan, maka sistem kemudi akan tetap stabil karena adanya sudut steering axis ini. Steering axis juga dikenal dengan istilah Kingpin Inclination. 

Fungsi Steering Axis

Selain berpengaruh terhadap stabilitas kemudi mobil, berikut ini beberapa fungsi steering axis lainnya yang tak kalah penting.

1. Memengaruhi Geometri Suspensi

Salah satu fungsi steering axis yang pertama yakni memengaruhi kerja geometri suspensi mobil dan pergerakan roda mobil. 

Sebagai contoh, apabila posisi steering axis diletakkan di bagian depan sumbu roda depan, maka mobil akan melaju lebih stabil terutama pada kecepatan yang tinggi. Lalu pada jalanan yang lurus, handling pun akan terasa lebih bagus. 

2. Kemudi jadi Lebih Responsif

Fungsi berikutnya dari steering axis adalah membuat kemudi jadi lebih responsif. Sebagai contoh, jika sudut steering axis kecil, maka respons mobil lebih cepat terhadap pergerakan mobil. Sebaliknya, jika sudutnya besar, maka mobil pun jadi kurang responsif. 

3. Menentukan Sudut Caster

Berikutnya, steering axis berfungsi dalam menentukan sudut caster, yakni sudut antara sumbu roda depan dan garis vertikal.  Sudut caster ini diketahui bisa memengaruhi stabilitas mobil ketika melaju.

Jika sudut caster besar, maka mobil akan lebih stabil pada kecepatan yang tinggi. Namun, jika sudut caster lebih kecil, maka mobil akan lebih stabil di kecepatan rendah. 

Komponen Wheel Alignment Lainnya

Steering axis merupakan salah satu komponen dari wheel alignment. Nah, wheel alignment ini merupakan sistem stabilisasi kemudi pada mobil yang memiliki fungsi utama agar kemudi mobil tetap stabil ketika melaju. 

Dengan penyetelan wheel alignment yang benar, maka OtoFriends bisa berkendara dengan nyaman dan terhindar dari kecelakaan. 

Ada lima komponen penting pada sistem wheel alignment ini, yakni steering axis, caster, chamber, toe angle, dan turning radius. Berikut ini penjabaran dan fungsinya masing-masing.

1. Caster

Caster adalah sudut yang miring terhadap garis tengah roda vertikal. Komponen pada caster ini ada yang positif dan ada yang negatif.

Pada caster positif, posisi bagian atas roda mobil mengarah ke belakang, sedangkan pada caster negatif, posisi bagian atas roda mobil mengarah ke depan kendaraan. 

2. Camber

Komponen berikutnya dari wheel alignment adalah camber, yang merupakan sudut luar atau dalam ban mobil jika dilihat dari arah depan kendaraan.

Adanya camber bisa memunculkan keseimbangan pada bagian roda depan yang cenderung ke arah dalam. 

Sama seperti caster, camber juga memiliki bagian positif dan negatif. Pada camber positif, bagian atas roda miring ke arah luar, sedangkan camber negatif miring ke arah dalam. 

3. Toe Angle

Komponen berikutnya adalah toe angle yang merupakan garis simetri pada roda depan. 

Komponen ini memiliki beberapa fungsi penting, yakni untuk mengoreksi kerja camber saat ban mobil melaju ke arah luar serta berfungsi sebagai koreksi gaya penggerak. 

4. Turning Radius

Komponen berikutnya dari wheel alignment adalah turning radius yang memiliki peran dalam penyesuaian sistem roda depan saat ukuran ban mobil lebih besar. 

Selain itu, turning radius juga bekerja agar radius putar bisa sejajar serta searah saat roda berbelok. Getaran pada sistem kemudi pun bisa diredam saat berbelok dan berkendara jadi lebih nyaman. 

Nah, itu dia informasi terkait steering axis yang merupakan bagian dari wheel alignment. Semoga informasi ini berguna, ya! Cek informasi lengkapnya di laman Otoklix!

Pertanyaan seputar Steering Axis

Steering axis ini merupakan bagian komponen dari wheel alignment berupa sumbu atau sudut keselarasan roda. [/accordion\

[accordion title="Apa itu wheel alignment?" schema="3"]Wheel alignment ini merupakan sistem stabilisasi kemudi pada mobil yang memiliki fungsi utama agar kemudi mobil tetap stabil ketika melaju. Dengan penyetelan wheel alignment yang benar, maka OtoFriends bisa berkendara dengan nyaman dan terhindar dari kecelakaan.

Mempengaruhi geometri suspensi, membuat kemudi jadi lebih responsif, menentukan sudut caster, dan menentukan sudut turning radius.