Selain mesin, ada banyak komponen mobil yang disematkan untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya adalah karet pintu mobil yang dipasang untuk meredam suara serta menghalau air hujan dan debu masuk ke dalam kabil. 

Bagian karet mobil paling utama adalah beltline yang biasa disebut weather strip atau karet pelipit kaca mobil. Namun masih banyak yang belum mengetahui apa itu beltline dan di mana letaknya. 

Berikut penjelasan lengkap tentang beltline, mulai dari pengertian, fungsi hingga cara merawatnya. 

Pengertian Beltline

Beltline merupakan jenis karet yang terpasang antara kaca mobil. Posisi karet ini menjepit kaca mobil sehingga menjaga kestabilan kaca untuk naik turun. 

Karet beltline dipasang di bagian luar dan di dalam untuk memperhalus gerakan naik turun kaca. Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya dari pemasangan beltline di kaca mobil. 

Fungsi Beltline pada Kaca Mobil

Selain memperhalus gerakan naik turun kaca mobil, beltline juga bertugas mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame. Layaknya fungsi karet lainnya pada mobil, beltline juga bisa meredam getaran kaca sehingga tidak memunculkan suara berderit yang mengganggu.

Selain itu, beltline juga berfungsi menjaga kabin kedap karena kerapatan terjaga dengan sempurna oleh karet. Jika tanpa karet, suara air, hingga debu bisa masuk melalui celah pintu atau kaca. 

Namun, apabila kendaraan mengalami getar dan suara berdesis saat berjalan kecepatan tinggi serta gerakan kaca saat naik dan turun tersendat-sendat, dipastikan disebabkan oleh beltline yang rusak. Oleh karena itu, OtoFriends perlu mengetahui tanda kerusakan pada beltline berikut ini.

Baca Juga: Segini Estimasi Biaya Ganti Kaca Mobil Terbaru

Tanda Beltline Kaca Mobil Mulai Rusak

1. Bentuknya Berubah

Ketika melihat ada perubahan pada bentuk beltline maka hal tersebut adalah indikator karet perlu diganti. Apalagi jika bentuknya sudah mulai pipih OtoFriends perlu segera menggantinya. 

Sebab jika tidak maka akan timbul bunyi berdenyit antara kaca dengan karet karena bentuknya tidak sempurna.

2. Ada Air atau Debu Masuk

Ketika beltline pintu rusak, ada banyak celah antara pintu dan mobil sehingga air hujan atau debu masuk melalui celah tersebut. Jika kotoran masuk ke dalam kabin mobil maka kabin terasa tidak nyaman. 

3. Timbul Suara di Dalam Mobil

Beltline yang rusak tentu tidak akan bekerja optimal. Seperti diketahui, seharusnya beltline berfungsi meredam, jika sudah rusak justru muncul suara yang membuat pengemudi maupun penumpang di dalam kabin terganggu. 

Suara tersebut dihasilkan oleh angin yang masuk melalui celah kecil karena karet sudah mulai menipis. Jika tanda-tanda tersebut sudah terjadi pada mobil Anda, segera ganti beltline agar kenyamanan berkendara tetap terjaga. 

Cara Mengganti Beltline

Mengganti beltline bisa dilakukan secara mandiri. Langkah pertama, beli beltline sesuai dengan merek dan ukuran mobil OtoFriends. 

Meski sudah ada karet pintu universal yang didesain untuk cocok ke banyak tipe mobil, OtoFriends tetap harus memastikan beltline pas atau tidak dengan mobil. 

Selanjutnya, ambil obeng pipih lalu lapisi ujung obeng dengan kain untuk melepas beltline yang sudah rusak. Saat melepaskannya, lakukan secara perlahan dari ujung depan hingga belakang. 

Jika beltline sudah lepas, bersihkan bekas kotoran yang menempel di celah kaca dan pintu. Bila sudah dipastikan bersih, pasang beltline yang baru. 

Sebagai informasi, beltline memiliki kaki-kaki untuk dipasangkan di celah kaca atau mobil. Saat memasang beltline, pastikan kaki-kaki tersebut terpasang di lubang kaki di dalam pintu mobil. 

Pasangkan dari ujung depan hingga belakang. Jika sudah, pastikan beltline terpasang rapat agar tak ada celah debu atau air yang masuk ke dalam pintu mobil.

Baca Juga: Ganti Karet Wiper Mobil, Pilih Baru atau Perbaiki Saja?

Harga Beltline

Harga dari beltline beragam, mulai dari Rp20.000 untuk satuan hingga Rp200.000 jika membelinya satu set. OtoFriends bisa mendapatkannya melalui e-commerce atau bengkel terdekat.

Agar belitline tetap awet, OtoFriends perlu mengetahui cara merawatnya. Sebab meski tampak sepele, beltline berperan penting dalam menjaga kenyamanan di dalam kabin.  

Cara Merawat Beltline

1. Jangan Parkir Mobil di Bawah Paparan Sinar Matahari

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk merawat beltline adalah dengan memilih tempat parkir  terhindar dari paparan sinar terik matahari secara langsung ke mobil. 

Panas dari cahaya matahari dapat membuat karet mobil menjadi lebih cepat kering dan getas. Sehingga akan memperpendek usia karet pintu dan kaca mobil.

2. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Beltline

Pastikan anda tidak terlalu sering menyentuh secara langsung karet-karet pintu mobil. Sebab, itu dapat membuat karet mobil tergores bahkan terlepas dari tempatnya atau robek. 

3. Bersihkan Secara Rutin

Sempatkan untuk membersihkan beltline. Caranya cukup dengan menggunakan lap yang halus atau kuas kecil serta sedikit air bersih. 

Sapukan kuas yang sudah sedikit dibasahi untuk dapat menarik kotoran keluar dari celah-celah karet. Kemudian lap hingga bersih. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak permukaan karet.

Baca Juga: 8 Penyebab Kaca Mobil Macet dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

4. Beri Perawatan Khusus

Tak hanya membersihkan dengan air, OtoFriends juga bisa merawat beltline secara khusus. Caranya dengan mengoleskan atau menyemprotkan cairan khusus untuk merawat bahan karet pada mobil. 

Biasanya yang banyak digunakan adalah semprotan cairan silikon. Hal ini bisa menjaga kelembaban pada karet pintu dan kaca mobil apalagi jika sering diparkir di bawah terik matahari.

Alangkah lebih baik jika mobil OtoFriends dirawat secara rutin di bengkel kesayangan. Setiap komponen baik mesin, hingga karet-karet mobil dapat terjaga dengan baik. 

OtoFriends bisa melakukan booking secara online jika ingin service mobil di bengkel kesayangan melalui aplikasi Otoklix. Ada 2000+ bengkel mobil yang bisa dipilih untuk perawatan khusus pada mobil Anda. 

Pertanyaan Seputar Beltline

Beltline merupakan jenis karet yang terpasang antara kaca mobil. Posisi karet ini menjepit kaca mobil sehingga menjaga kestabilan kaca untuk naik turun.

Selain memperhalus gerakan naik turun kaca mobil, beltline juga bertugas mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame. Layaknya fungsi karet lainnya pada mobil, beltline juga bisa meredam getaran kaca sehingga tidak memunculkan suara berderit yang mengganggu.

Harga dari beltline beragam, mulai dari Rp20.000 untuk satuan hingga Rp200.000 jika membelinya satu set. OtoFriends bisa mendapatkannya melalui e-commerce atau bengkel terdekat.