Jika kamu pergi ke bengkel, kamu pasti melihat banyak sekali peralatan montir di sana. Ternyata, ada peralatan yang bernama SST atau spesial service tools mobil, loh. Seperti namanya, SST adalah perkakas atau alat yang dibuat khusus untuk memperbaiki komponen tertentu.

Pabrik mobil pun terkadang membuat SST spesifik untuk melepas atau memasang komponen pada mobil produksi mereka. 

Jumlah SST banyak sekali, bahkan bisa mencapai ribuan karena banyaknya komponen mobil dari berbagai merek yang dibuat oleh pabrikan mobil. Tetapi kali ini kita akan membahas SST universal, SST yang paling sering digunakan di bengkel.

1. Piston Ring Compressor

Spesial service tools mobil yang pertama adalah untuk memudahkan pemasangan piston. Piston ring compressor berfungsi untuk memudahkan pemasangan piston yang sudah dipasangi ring piston ke dalam blok silinder mesin. Setelah piston terpasang, ring compressor ini akan membantu menekan ring piston dengan cara menyesuaikan diameter piston, sehingga ring piston tidak mengganjal pada silinder mesin.

2. Piston Ring Expander

Selain piston ring compressor, ada juga yang bernama piston ring expander. Bedanya, alat ini digunakan untuk mempermudah pelepasan ring piston tanpa menimbulkan kerusakan. 

3. Valve Spring Compressor

Jika piston ring compressor dan expander, berguna untuk membantu memasang dan melepas ring piston, maka valve spring compressor berguna untuk melepas dan memasang katup mesin. Caranya adalah dengan menahan valve dengan cara menekan valve spring atau pegas  sehingga kita bisa melepas dan memasang cotter valve. 

Spesial service tools mobil ini juga bisa digunakan untuk melepas lock nut katup sehingga pegas katup bisa terlepas.

4. Oil Filter Remover

Ada dua jenis filter oli, internal dan external oil filter. Nah, untuk oil filter remover ini digunakan pada external oil filter. External oil filter ini tabung beserta elemen filternya ada di luar. Jadi, harus satu set untuk penggantian filter ini. Cara kerja SST ini adalah dengan mencengkram tabung filter sehingga bisa lebih mudah untuk diputar.

Oil filter remover atau oil filter wrench ini memiliki beberapa model, yaitu model strap, model rantai, dan model cup.

5. Oil Seal Puller

Spesial service tools mobil berikutnya adalah oil seal puller yang berfungsi untuk melepas atau mencongkel seal oli yang letaknya di poros belakang mobil, transmisi, dan bagian lainnya. Alat ini memiliki bentuk khusus pada bagian kakinya sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan komponen lainnya.

6. Bearing Cup Puller

Bearing cup puller ini berfungsi untuk menarik bantalan pada komponen yang tidak dapat dijangkau dengan kaki puller, yaitu bearing yang terpasang pada sebuah lubang. Cara penggunaannya adalah dengan memasang pada bantalan kemudian putar tuas bagian atas sehingga bantalan akan terdesan dan terlepas dari tempatnya. 

Bentuk bearing cup puller atau tracker bearing ini adalah seperti capit dengan tiga jaw.

7. Universal Puller

Selain bearing cup puller ada juga spesial service tools mobil yang dinamakan universal puller. Alat ini fungsinya sama seperti bearing cup puller tetapi sifatnya lebih universal, bisa digunakan pada segala jenis bantalan. 

8. Clutch Central Aligning Tool

Spesial service tools mobil yang satu ini berfungsi untuk memposisikan kampas kopling atau plat kopling agar lurus di tengah sebelum mengencangkan baut plat penekan atau baut clutch cover. Posisi sentral ini akan memudahkan membantu pemasangan input shaft transmisi ke kampas kopling.

9. Bearing Puller Attachment

Bearing puller attachment berfungsi untuk mencongkel bagian pangkal bearing di dalam poros (bukan di dalam lubang) yang keras dan sulit dijangkau dengan kaki puller. Cara kerjanya dengan menggerakkan bearing agar lebih mudah dilepas.

10. Sliding Hammer

Fungsi dari spesial service tools mobil yang satu ini umumnya adalah untuk menarik komponen kaki-kaki yang sudah melekat. Caranya dengan memberikan beban berupa barbel pada poros yang dihubungkan pada komponen yang akan dilepas. Beban barbel digunakan untuk menarik komponen.

Sliding hammer dipakai untuk menggantikan palu dan melepaskan komponen yang tidak bisa dijangkau dengan palu biasa. Contohnya adalah memukul axle shaft.

11. Disc Brake Piston Tool

Cara kerja disc brake piston tool ini adalah dengan mendorong atau menekan piston brake ke dalam kapiler. Umumnya alat ini digunakan untuk memasang kampas rem baru atau setelah perekat piston rem diganti. Alat ini membantu memasukkan piston karena celah yang sempit setelah dipasang kampas rem yang baru.

12. Coil Spring Compressor

Spesial service tools mobil berikutnya adalah coil spring compressor yang berfungsi untuk melepas upper holder shockbreaker yang tertekan coil spring. Alat ini akan meniadakan tekanan dari pegas sehingga shock absorber lebih mudah dilepas pasang.

13. Ball Joint Separator/Remover/Tracker Ball Joint

Alat ini berbentuk mirip penjepit jemuran, fungsinya adalah untuk melepaskan ball joint dari steering knuckle sehingga tidak perlu memukul bagian steering knuckle-nya. Cara kerjanya adalah dengan menekan baut ball joint yang ada di sistem kemudi dengan dudukannya.

Ada tiga tipe ball joint remover, yaitu ball joint splitter puller, splitter scissor & amp, dan drafter ball joint splitter (fork). Ketiganya memiliki fungsi yang sama.

14. Tie Rod Remover

SST yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan ball joint separator, tetapi memiliki jangkauan yang lebih besar karena tie rod end biasanya lebih panjang.

15. Differential Flange Holder

Spesial service tools mobil yang berfungsi pada bagian gardan adalah differential flange holder. Fungsi alat ini adalah memudahkan melepaskan gardan pada input differential. Cara kerjanya adalah menahan gardan menggunakan alat yang berua tas dengan ujung dibaut ke gardan sehingga tidak berputar ketika dilepas.

16. Obeng Ketok/Impact Driver

Obeng ketok ini pada dasarnya sama dengan obeng dengan mata + dan -. Namun, perbedaannya adalah saat obeng diketok bagian handle-nya maka obeng akan berputar.

Obeng kotak ini berfungsi untuk melepas dan mengencangkan sekrup yang sulit dikerjakan oleh obeng biasa. Tingkat kekencangan sekrup juga lebih mudah diatur sesuai kebutuhan komponen.

Nah, itu tadi 16 alat yang termasuk spesial service tools mobil. Wah, sulit juga ya kalau semuanya harus kita miliki.

Jika kamu membutuhkan perbaikan yang menggunakan SST, kamu bisa jadwalkan waktu ke bengkel terdekat di Jabodetabek yang bisa kamu temukan via Otoklix.