Untuk bisa melaju, mobil tentunya membutuhkan sistem penggerak. Sistem penggerak pada mobil ini disebut powertrain

Powertrain memiliki peranan yang penting pada mobil. Selain berfungsi untuk menggerakkan mobil, powertrain juga memiliki peran agar laju mobil tetap stabil, yakni dengan mengatur kecepatan tenaga. 

Agar lebih pahami terkait definisi powertrain, fungsi, serta komponen-komponennya, berikut ini rangkuman untuk OtoFriends. Simak, ya!

Pengertian Powertrain

Powertrain adalah sebuah sistem yang memiliki peran untuk menggerakkan tenaga putar dari mesin ke roda penggerak. Dengan adanya powertrain, mobil pun bisa melaju dengan baik. 

Pada mobil, letak powertrain ada di beberapa tempat, tergantung pada jenis mobilnya. Ada yang terletak di samping mesin mobil atau di dalam body mobil. 

Saat ini, sudah banyak tipe mobil terbaru yang dilengkapi dengan powertrain. Hal ini membuat laju mobil jadi lebih stabil dan putaran roda lebih bertenaga. Berkendara pun jadi lebih nyaman. 

Baca juga: Inilah 3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Fungsi Powertrain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, powertrain ini memiliki peranan yang cukup penting, yakni menggerakkan mobil dengan menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke roda mobil. 

OtoFriends bisa mengatur kecepatan putaran tenaga sesuai dengan kebutuhan melalui powertrain ini. 

Berikut ini beberapa fungsi lain dari powertrain yang harus OtoFriends pahami. 

1. Mengubah Tingkat Akselerasi

Fungsi powertrain yakni mengubah tingkat percepatan atau akselerasi pada mobil. 

Melalui sistem penggerak powertrain ini, OtoFriends bisa mengatur dan juga mengubah sistem akselerasi pada geared engine. Sehingga, akan menghasilkan tenaga yang lebih maksimal. 

2. Sebagai Reduksi

Powertrain juga memiliki fungsi sebagai pereduksi, di mana reduksi akan berpengaruh pada kinerja sistem mesin mobil dan membuat mobil bisa bergerak. Reduksi juga bisa menghasilkan putaran.

3. Mengubah Arah Putaran

Fungsi powertrain selanjutnya adalah untuk mengubah arah putaran. Saat mengemudi, OtoFriends dapat mengatur arah mobil jadi lebih stabil dan efisien sesuai dengan kebutuhan. 

4. Penerus Tenaga

Powertrain memiliki fungsi sebagai penerus tenaga dari mesin ke sistem penggerak, sehingga mobil pun bisa melaju dengan baik. 

Ketika tenaga sudah mencapai final drive, maka pengemudi akan lebih mudah dalam mengendalikan mobil dan mengatur kecepatan. 

Baca juga: Penyebab Mobil Oleng saat Kecepatan Rendah atau Tinggi

Komponen Powertrain

Untuk bisa menggerakkan mobil dengan baik, powertrain memiliki beberapa komponen yang saling berkaitan dan saling mendukung kerja satu sama lain. Apa saja?

1. Transmisi

Komponen pertama dari powertrain adalah transmisi. Sederhananya, transmisi merupakan gigi mobil yang memiliki peran dalam mengatur kecepatan mobil sesuai kebutuhan. 

Transmisi bekerja dengan cara menggunakan tenaga dari mesin mobil kemudian tenaga ini disalurkan pada bagian roda, sehingga mobil pun bisa melaju dengan baik. 

2. Kopling

Komponen berikutnya dari powertrain adalah kopling. Kopling memiliki peranan yang cukup penting, yakni menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. 

Tenaga ini disalurkan saat OtoFriends menyalakan mesin mobil, mulai menjalankan mobil, hingga memindahkan transmisi. 

3. Final Gear

Final gear merupakan komponen powertrain yang memiliki peran untuk mengubah kecepatan putaran mesin. 

Selain itu, final gear juga berfungsi untuk meningkatkan torsi yang akan disalurkan ke bagian roda mobil. 

4. Propeller Shaft

Propeller shaft atau disebut juga dengan poros baling-baling ini memiliki peran untuk menyalurkan tenaga dari transmisi ke final gear.  Propeller shaft bentuknya seperti batang baja berongga dan di bagian ujungnya ada universal joint. 

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Transmisi Manual Rusak dan Cara Memperbaikinya

Cara Kerja Powertrain

Berikut ini cara kerja powertrain pada mobil.

Ketika mesin mobil mulai dinyalakan, maka sistem penggerak powertrain juga akan menyala otomatis.

Kemudian, ketika sistem penggerak mobil sudah on, komponen-komponennya akan mengambil kendali roda. Hal ini karena adanya tenaga putar dari mesin mobil yang berfungsi untuk menggerakkan roda mobil. 

Sebagai informasi, tenaga putar ini cukup besar. Jadi, agar tetap stabil, OtoFriends harus mengaturnya melalui sistem penggerak, yakni dengan mengatur transmisi hingga kopling. 

Tipe Powertrain

Ada tiga tipe powertrain yang biasa digunakkan oleh mobil sesuai dengan jenisnya. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Tipe RWD

Tipe RWD atau biasa disebut Rear Wheel Drive ini biasanya digunakan untuk mobil-mobil pengangkut barang. 

Hal ini lantaran pada tipe RWD menggunakan roda belakang untuk menggerakkan kendaraan. Sehingga bisa menampung banyak barang karena powertrainnya cukup besar. 

Contoh kendaraan dengan powertrain tipe RWD seperti, truk Hino, Mitsubishi ELF, dan Suzuki Carry. 

2. Tipe FWD

Powertrain dengan tipe FWD (Front Wheel Drive) umum digunakan untuk mobil jenis Hatch dan MPV. 

Contoh mobil dengan tipe powertrain FWD seperti, Honda Jazz, Mazda 2, Suzuki Ertiga, Grand Livina, dan lain sebagainya. 

3. Tipe 4WD

Tipe terakhir yakni 4WD, di mana tipe ini digunakan untuk mobil jenis SUV dan Offroad. 

Seperti namanya yakni 4 Wheel Drive, tipe powertrain ini menggunakkan semua roda untuk menggerakan mobil. Hal ini agar laju mobil tetap stabil, terutama ketika melewati jalanan yang ekstrem, seperti lumpur. 

Mobil dengan powertrain jenis ini yakni Pajero Sport Dakar, Fortuner, Ford Ranger, hingga Chevrolet Trailblazer. 

Mengapa Powertrain Penting?

Seperti yang sudah dijelaskan, powertrain memiliki peranan vital pada mobil. Sebab, tanpa powertrain mobil tidak akan bisa bergerak. 

Selain itu, powertrain juga bisa membantu pengemudi dalam mengendalikan kecepatan melalui transmisi.  Kita bisa menambah kecepatan maupun memperlambat kecepatan mobil dengan powertrain ini. 

Nah, itu dia informasi terkait powertrain untuk OtoFriends. Mengingat powertrain terdiri dari banyak komponen, pastikan untuk selalu memeriksa komponen-komponen tersebut agar tetap berfungsi dengan baik, ya. 

Cek secara berkala di bengkel terdekat dari tempat tinggal OtoFriends. Semoga informasi ini bermanfaat!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Powertrain

Powertrain memiliki fungsi utama dalam menggerakkan mobil. Untuk bisa melaju dengan baik, powertrain didukung oleh komponen penting seperti transmisi, kopling, final gear, dan propeller shaft.

Apabila lampu indikator pada powertrain menyala, artinya ada masalah pada sistem transmisi otomatis. Selain itu, hal ini juga bisa mengindikasikan adanya peringatan sistem Electric Shift Control.

Pada mobil, letak powertrain ada di beberapa tempat, tergantung pada jenis mobilnya. Ada yang terletak di samping mesin mobil atau di dalam body mobil.