Meskipun sudah ada panduan dan juga catatan di kartu penggantian oli dari bengkel, tetap saja ada kejadian lupa mengganti oli. Memangnya, berapa sih batas toleransi telat ganti oli mobil? Apa dampaknya jika oli tidak segera diganti?

Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil

Oli mesin pada mobil perlu diganti setiap 10.000 km jika menggunakan oli full sintetik dan 5.000 km jika mengganti oli berbahan mineral. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan total jarak tempuh pada speedometer. Tetapi bagaimana jika lupa dan telat ganti oli? Berapa batas yang diperbolehkan agar kondisi mobil tetap prima?

Batas toleransi telat ganti oli mobil adalah 500 – 1.000 km. Jika sudah telat tetapi masih berada di rentang tersebut, oli masih cukup bagus untuk digunakan tetapi tetap perlu segera diganti.

Meskipun oli mobil harus diganti setiap 5.000 km atau 10.000 km, tetapi itu bukan merupakan satu-satunya patokan waktu mengganti oli. Bagaimana jika mobil jarang digunakan? Angka pada speedometer tentu akan lama bergerak. Apakah oli masih bagus dan bisa dipakai dengan fungsi yang maksimal?

Untuk mobil yang jarang digunakan, disarankan untuk mengganti oli mobil setiap enam bulan sekali. Meskipun jarang digunakan, tetapi oli juga memiliki batas usia pakai.

Fungsi Penting Oli Bagi Mesin Mobil

Bagi kamu yang mungkin masih menyepelekan perihal ganti oli, ini dia fungsi penting oli bagi mesin mobil. 

1. Penting untuk menjaga suhu mesin agar tidak overheating

Salah satu fungsi oli adalah sebagai pendingin pada mesin mobil. Mesin mobil yang sedang dioperasikan akan saling bergesekan dan menimbulkan panas. Jadi butuh oli sebagai pendinginnya agar komponen tidak cepat rusak.

2. Bisa menghemat bahan bakar

Mesin mobil yang bekerja lebih ringan karena bantuan oli mobil akan membuat penggunaan energi lebih sedikit. Secara tidak langsung konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

3. Komponen lebih awet

Komponen yang tidak bergesekan karena adanya oli mobil akan membuat komponen pada mesin mobil lebih awet. Apalagi oli sekarang banyak yang sudah menggunakan zat aditif anti karat dan sebagainya yang bisa menjaga kondisi komponen mobil.

4. Mempertahankan daya jual

Mobil yang rajin dirawat dan melakukan ganti oli secara berkala sebelum batas toleransi telat ganti oli mobil akan membuat harga jual kembali lebih tinggi dibandingkan mobil yang jarang dirawat.

Tanda Oli Mobil Harus Diganti

Agar tidak melewati batas toleransi telat ganti oli mobil, kamu juga perlu sering mengecek kondisi oli. Tanda-tanda di bawah ini bisa kamu amati pada oli mesin mobil kamu.

1. Perubahan warna oli

Oli yang baru akan berwarna bening serta teksturnya kental. Kamu bisa mengecek warna oli dengan cara membuka penutup oli dan menyenternya agar lebih terlihat. Jika warna oli sudah menghitam dan teksturnya encer, itu artinya oli mobil harus segera diganti.

2. Mesin mobil terasa kasar

Ketika berkendara dan merasakan mesin mobil terasa kasar, itu juga menjadi tanda ganti oli meskipun belum mencapai batas toleransi telat ganti oli mobil. Perbedaan getaran pada mesin ini bisa kamu rasakan setelah mengganti oli mesin.

3. Perhatikan jarak tempuh mobil

Jarak tempuh menjadi acuan umum ketika mengganti oli mobil. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu perlu bersiap mengganti oli ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 5.000 km atau 10.000 km. Tergantung jenis bahan oli yang digunakan.

4. Cek kartu ganti oli

Ketika mengganti oli mobil di bengkel, kamu akan diberikan kartu oli yang tertera tanggal waktu penggantian oli. Pihak bengkel juga akan menyarankan waktu penggantian oli sebelumnya. 

5. Indikator untuk Ganti Oli

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah menggunakan tanda peringatan penggantian oli mobil yang biasanya terletak di dekat setir mobil. Indikator ini akan menyala saat tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah. Jika diabaikan, mesin mobil bisa mati. Indikator ini berfungsi mencegah terjadinya kerusakan mesin akibat batas toleransi telat ganti oli mobil yang terlewat.

6. Cek volume oli mesin

Cara mengecek volume oli mesin adalah dengan menggunakan deep stick atau tongkat pengukur oli. Tetapi sebelum melakukan pengecekan, pastikan mobil dalam keadaan dingin. Oli pada mesin mobil yang panas bisa memuai dan membuat volume terlihat lebih banyak. Pengukuran oli menjadi tidak faktual. 

Kalau oli sudah berada di batas bawah di level tongkat pengukur, artinya oli harus ditambahkan. Apabila kondisinya sudah buruk, maka segera lakukan penggantian.

Jadi, sudah tahu berapa batas toleransi telat ganti oli mobil kan? Jangan sampai lupa dan telat ganti oli mobil ya. Jadwalkan ganti oli di bengkel terdekat menggunakan aplikasi Otoklix. Kamu bisa mendapatkan harga 30% lebih murah lho.