Penggunaan cover jok mobil dapat meningkatkan estetika interior mobil. Kendati demikian, ada fungsi lain yang lebih utama dari penggunaan sarung jok mobil tersebut yakni untuk melindungi material jok mobil agar tidak mudah pudar, terkelupas dan rusak.

Namun, cover jok mobil sendiri memiliki batas maksimal usia pakai sehingga Anda perlu menggantinya saat sudah mencapai batas usia maksimal pakainya. 

Pastikan OtoFriends membeli cover jok terbaik sesuai kebutuhan. Cari tahu apa saja jenis-jenis cover jok mobil, rekomendasi produknya hingga tips memilih cover yang tepat di Blog Otoklix.

Baca juga: 5 Tips Memilih Jok Mobil, Mulai dari Tipe Hingga Fitur

Jenis-jenis Bahan Cover Jok Mobil

Secara umum, bahan pelapis cover jok mobil tergolong ke dalam 4 material utama yakni kulit asli, semi kulit, premium sintetis dan high grade sintetis atau kulit sintetis standar.

Namun, berkembangnya waktu banyak produsen cover jok mobil yang mulai menggunakan bahan lain seperti bahan nilon dan PVC. Setiap material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kulit Asli

Jenis bahan cover jok yang paling banyak direkomendasikan adalah bahan kulit asli. Walaupun harganya cukup mahal, akan tetapi jenis bahan ini memiliki ketahanan lama dan awet. Keunggulan lainnya bahan kulit ini memiliki sistem sirkulasi udara yang baik dan daya serap tinggi.

Untuk membersihkannya dari debu, kamu hanya perlu mengelapnya dengan kain kering bertekstur lembut. 

Namun, cover berbahan kulit asli tidak dapat dicuci seperti mencuci cover berbahan kain. Untuk menghindari cover tersebut kotor, kamu bisa melapisi cover tersebut dengan lapisan khusus lainnya.

Keunggulan yang terakhir yakni penggunaan cover berbahan kulit asli ini meningkatkan kesan classic, eksklusif dan mahal terhadap interior mobil.

Kulit Sintetis

Alternatif lain apabila OtoFriends ingin interior tetap terlihat mewah dan elegan namun budget terbatas, maka bisa memilih sarung jok mobil berbahan kulit sintetis atau imitasi. Cover berbahan kulit sintetis memiliki rupa yang hampir mirip dengan kulit asli namun dijual dengan harga yang lebih murah.

Keunggulan kulit sintetis antara lain bahan ini tidak mengeluarkan aroma kurang sedap seperti animalic berlebih, daya tahan kulit sintetis lebih lama daripada kulit asli, lebih mudah dibersihkan menggunakan air dan cover mobil tidak mudah retak.

Sedangkan kekurangannya adalah bahan kulit sintetis tidak dapat menyerap panas atau dingin sehingga saat suhu kabin dan jok mobil panas maka suhu cover ikut panas dan cover jok gampang melar. 

Persoalan lainnya yakni kita yang kurang mengenal bahan sintetis akan mudah tertipu dengan penjual abal-abal yang memberi harga bahan kulit sintetis seperti harga kulit asli.

Polyester

Sementara itu, bahan polyester pada cover jok mobil juga memberikan keuntungan yang cukup banyak. 

Mulai dari memberikan kesan interior mobil lebih indah, harga jual murah, cover lebih awet dan tidak mudah rusak, tahan air, mudah dibersihkan, bahan polyester mampu menyerap suhu udara, dan dapat menyesuaikan tampilan trim interior mobil apa saja.

Sayangnya, karena kemampuan bahan polyester menyerap udara maka sarung jok mobil ini juga dapat menyerap bau. Kekurangan lainnya adalah sarung jok mudah kotor dan sulit dibersihkan bila ada noda membandel.

Nilon

Saat ini, cover jok berbahan nilon sudah banyak ditemukan. Selain karena harganya yang lebih murah, material ini memiliki daya tahan lebih lama daripada bahan kain lainnya. 

Meskipun memiliki tekstur yang lebih kasar daripada kain, akan tetapi cover berbahan nilon ini justru dapat meredam benturan sehingga membuat pengemudi dan penumpang merasa aman dan nyaman.

Keunggulan lainnya adalah nilon memiliki sifat tahan air sehingga saat dicuci maka cover jok cepat keringnya. Termasuk juga saat cover jok tertumpah air, maka hanya cukup mengelapnya saja menggunakan kain.

Hanya saja bahan nilon ini sulit menyerap udara sehingga saat kabin mobil bersuhu panas, maka jok mobil akan ikut panas.

Vinyl atau PVC

Selain cover berbahan kulit sintetis dan nilon, bahan vinyl atau PVC juga sering kita temukan sebagai bahan cover jok mobil, khususnya pada mobil LCGC. Keunggulan bahan selain harganya murah adalah cover lebih mudah dibersihkan, bahan anti air, dan kita bisa memilih warna sesuai keinginan.

Sayangnya, kualitas bahan vinyl atau PVC tergantung dari pabriknya. Ada beberapa bahan yang kurang nyaman digunakan sebagai cover jok mobil. Jenis cover ini tidak cocok digunakan untuk mobil yang berada di kelas menengah ke atas karena interior mobil akan terkesan murah.

Kekurangannya yang terakhir adalah bahan PVC dapat melepas semacam reaksi kimia saat suhu kabin mobil terlalu panas. Termasuk saat suhu udara rendah atau dingin, maka bahan PVC bisa mengeras.

Suede

Jenis bahan terakhir cover jok mobil adalah bahan alcantara atau ultrasuede atau yang lebih akrab terdengar di telinga adalah Suede. Suede merupakan salah satu bahan premium berkualitas terbaik yang dapat memberikan kesan elegan, mewah dan berkelas pada desain interior mobil.

Umumnya bahan suede sering digunakan sebagai lapisan interior untuk mobil sport atau mobil balap karena bahan suede memiliki sifat tahan terhadap silau saat dashboard mobil terkena sinar matahari. Material suede lebih ringan daripada material kulit.

Bahan suede merupakan gabungan dari dua bahan yakni bahan polyester dan polyurethane. 

Terdapat dua jenis bahan suede yakni bahan suede bertekstur dan bahan smooth. Keduanya sama-sama tahan lama dan memiliki permukaan yang lembut serta mudah dibersihkan dan tidak menyimpan bau.

Kendati demikian, harganya justru lebih mahal dan kamu membutuhkan waktu pengeringan yang lama setelah cover jok mobil berbahan suede dibersihkan.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur

Rekomendasi Cover Jok Mobil

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi cover jok mobil lengkap dengan estimasi harganya. OtoFriends dapat menemukannya di toko aksesoris mobil terdekat atau di e-commerce.

Merek Cover Jok MobilHarga Cover Jok Mobil
Brainbox Sarung Jok Mobil HighbackMulai dari Rp69 ribuan
12V Electric Seat CoverMulai dari Rp168 ribuan
Nobleman Square Volume Seat CoverMulai dari Rp200 ribuan
Nobleman Square Volume SeatcoverMulai dari Rp229 ribuan
Brainbox Sarung Jok Kain 3 Baris 50-50 Model NMulai dari Rp268 ribuan
Sarung Jok OS Full 2 BarisMulai dari Rp360 ribuan
Pet Car Seat Cover ProtectorMulai dari Rp400 ribuan
Sparco Corsa Sarung Jok PVCMulai dari Rp760 ribuan
MBTECH Sarung Jok TerbaikMulai dari Rp1,5 jutaan
Lederlux Cover JokMulai dari Rp2,4 jutaan
Oriileder Cover Jok MobilMulai dari Rp4 jutaan
MastrottoMulai dari Rp10 jutaan
StarhidesMulai dari Rp14 jutaan
AutolederMulai dari Rp17 jutaan

Tips Memilih Cover Jok Mobil yang Benar

Bagaimana cara memilih cover jok mobil terbaik yang memang OtoFriends butuhkan untuk mobil kesayangan? Mengingat ada beragam jenis bahan dan tipe cover jok mobil dengan harga yang bervariasi yang ditawarkan. 

Agar cover jok sesuai dengan kebutuhan, berikut ini faktor-faktor yang perlu kita perhatikan saat memilih cover jok mobil, antara lain:

  • Pertimbangkan kualitas material dan bahan pelapis sarung jok.
  • Pilih cover yang memiliki lapisan anti UV dan anti air.
  • Pertimbangkan tipe dan cara pemasangannya, terdapat 2 tipe cover jok yakni tipe khusus dan tipe universal.
  • Cari tahu apa saja fitur pada cover jok tersebut, seperti apakah material bahannya bersifat breathable, berpori dan dapat mentransfer suhu atau tidak.
  • Sesuaikan warna sarung jok dengan interior mobil.
  • Pertimbangkan harga dan kualitas.

Baca juga: 4 Bengkel Jok Mobil dan Sarung Jok Mobil Terbaik untuk Anda

Tips Menentukan Bengkel Modifikasi

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan cover jok mobil, produk dan harganya serta tips bagaimana memilih cover jok terbaik dengan harga terjangkau namun kualitas terbaik. OtoFriends pasti bingung di mana dapat menemukan aksesoris mobil terbaik.

Kamu dapat membeli aksesoris mobil di toko aksesoris mobil terdekat atau membelinya secara online. Namun, kekurangannya adalah kamu harus memasangnya sendiri. Untuk aksesoris kecil seperti sarung stir mobil atau sarung mobil memang bisa dilakukan sendiri. Namun, bagaimana aksesoris berat seperti sound system tambahan pada mobil?

Jika OtoFriends membutuhkan bengkel modifikasi dan body repair terbaik maka pilihannya hanya Bengkel Otoklix. Bengkel Otoklix menjamin kelengkapan sparet part, aksesoris mobil hingga kelengkapan peralatan bengkel sehingga tak perlu khawatir saat memperbaiki dan merawat mobil.

Para teknisi yang mengerjakannya pun ahli dalam bidangnya sehingga tak perlu khawatir hasil kerja akhirnya. Beruntungnya, kamu bisa melakukan konsultasi online dan booking service melalui aplikasinya terlebih dulu.

Jangan tunggu lama-lama, download aplikasi Otoklix saat ini juga!

Pertanyaan Seputar Cover Jok Mobil

Terdapat 6 jenis bahan cover jok mobil, antara lain kulit asli, kulit sintetis, polyester, bahan nilon, vinyl atau PVC, dan suede.

Cara memilih cover jok mobil terbaik adalah dengan mempertimbangkan kualitas material dan bahan pelapis sarung jok, pilih cover yang memiliki lapisan anti UV dan anti air, sesuaikan dengan konsep interior mobil dan pertimbangkan harganya.

Bahan cover jok mobil yang dapat menyerap suhu dan udara antara lain kulit asli, polyester, dan suede.