Keyless mobil merupakan salah satu fitur pada mobil keluaran terbaru. Sangat keren dan canggih, fitur keyless mobil memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi setiap pengendara. Fitur keyless mobil memberikan kesempatan kepada pengendaranya untuk membuka dan mengunci pintu mobil tanpa perlu menggunakan kunci mobil. Alhasil, OtoFriends tidak perlu khawatir lagi jika sedang terburu-buru karena fitur keyless mobil akan membuat OtoFriends lebih praktis dalam berkendara. 

Sayangnya, setiap fitur canggih pasti tidak seratus persen sempurna, ada kekurangan tersendiri yang menjadi poin penting bagi OtoFriends untuk mempertimbangkan jika ingin membeli mobil dengan fitur keyless mobil ini. Lantas seperti apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut penjelasannya:

Cara Kerja Keyless Mobil

Fitur keyless mobil bekerja menggunakan bantuan gelombang radio. Gelombang radio tersebut berasal dari mobil dan smartkey. Sehingga ketika OtoFriends ingin membuka pintu mobil, gelombang radio dari mobil dan smartkey mobil akan saling memancarkan sinyal, pintu mobil pun dapat terbuka tanpa perlu memasukkan kunci. OtoFriends hanya perlu menekan tombol hitam pada gagang pintu mobil, dan OtoFriends pun dapat langsung masuk ke dalam mobil dan menyalakan mesin mobil menggunakan tombol. 

Kelebihan Fitur Keyless Mobil

Beberapa kelebihan penggunaan keyless mobil terlihat dari efisiensi berkendara. OtoFriends tidak perlu repot memasukan kunci mobil ke lubang kunci, asalkan smartkey tetap dalam genggaman maka OtoFriends hanya perlu menekan tombol untuk membuka pintu dan menyalakan mobil. 

Fitur keyless mobil ini juga di gadang lebih aman dari pada penggunaan kunci mobil konvensional. Hal ini karena, jika kunci mobil OtoFriends hilang, si penemu kunci bisa saja melakukan duplikasi kunci. Sedangkan pada keyless mobil, OtoFriends dapat menggunakan kode unik untuk menambah keamanan. kode tersebut hanya perlu OtoFriends ucapkan, dan smartkey akan langsung merekam. Alhasil, jika smartkey hilang, OtoFriends tidak perlu khawatir karena mobil OtoFriends sudah pasti akan aman dari tangan orang yang berniat untuk melakukan pencurian. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kunci Mobil Hilang

Kekurangan Fitur Keyles Mobil

Sudah tahu kelebihan fitur keyless mobil, lantas apa saja kekurangannya? Meski canggih, perlu Otofriends ketahui, bahwa fitur keyless mobil masih menggunakan energi baterai. Sehingga ketika OtoFriends tidak bisa membuka pintu mobil atau menyalakan mobil menggunakan tombol dan smartkey, ada kemungkinan bahwa baterai smartkey habis atau melemah. Hal ini pasti akan menyulitkan OtoFriends. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan lampu indikator smartkey. Jika lampu sudah redup, segera isi ganti daya baterai di bengkel mobil agar OtoFriends tetap bisa lancar berkendara tanpa perlu terganggu dengan masalah baterai smartkey yang habis. 

Selain memiliki kekurangan dari segi pengisian daya baterai, kekurangan fitur keyless lainnya seperti gangguan gelombang, masalah pada rolling code, dan smartkey yang tidak tahan air juga bisa menjadi ancaman besar. Jika masalah ini sampai terjadi, OtoFriends harus segera menghubungi pabrikan mobil atau menggunakan kunci darurat agar OtoFriends tetap dapat pulang ke rumah meski smartkey sedang bermasalah.

Tips Memperbaiki dan Merawat Keyless Mobil

Sebelum kerusakan terjadi, alangkah lebih baiknya OtoFriends melakukan antisipasi dengan merawat dan menjaga keyless mobil agar tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya. Beberapa hal yang perlu OtoFriends lakukan adalah:

  1. Jangan menjatuhkan keyless mobil
  2. Hindari keyless mobil dari cipratan air dan sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan korsleting
  3. Jangan operasikan keyless mobil dekat menara pemancar
  4. Hindari mendekatkan keyless mobil dengan magnet atau elektromagnet karena dapat mengganggu kerja keyless mobil

Rekomendasi Mobil dengan fitur Keyless Mobil

Sudah tahu kekurangan dan kelebihannya, jika OtoFriends ingin melakukan pembelian mobil dengan fitur canggih keyless mobil, beberapa rekomendasi mobil seperti Toyota Agya, Suzuki Ignis, dan Renault Triber dapat menjadi alternatif pilihan. 

Baca juga: Harga, Spesifikasi, dan Interior Mobil Agya Terbaru di tahun 2022

Tidak perlu khawatir dengan biaya, karena ketiga mobil tersebut dibanderol dengan harga yang sangat pas dikantong. Cukup dengan Rp150 jutaan, OtoFriends akan mendapatkan mobil elegan canggih lengkap dengan fitur keyless mobil. 

Ingin melakukan pembelian mobil dengan fitur keyless mobil jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan mobil dan menjaga smartkey tetap dalam kondisi yang prima. Meski sekarang perkembangan teknologi mobil sudah sangat canggih dan beragam, OtoFriends tidak boleh lalai untuk selalu menjaga dan melakukan perawatan rutin agar setiap bagian mobil dapat tetap bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Mesin Mobil Ini Rentan Rusak

Otoklix dapat menjadi partner perawatan mobil tepercaya OtoFriends. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Servis di bengkel kategori OtoSelect bergaransi 30 hari setelah pengerjaan. Segera lakukan booking servis di aplikasi Otoklix agar lebih mudah melakukan servis dan perawatan mobil dengan memilih lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.

Pertanyaan Seputar Keyless Mobil

Keyless merupakan fitur canggih pada mobil keluaran terbaru yang memungkinkan pengendara dapat membuka pintu mobil dan menyalakan mesin mobil tanpa perlu memasukkan kunci ke lubang kunci mobil.

Keyless mobil bekerja menggunakan gelombang radio yang berasal dari mobil dan juga smartkey.

Beberapa rekomendasi mobil yang menggunakan keyless mobil dengan harga terjangkau antara lain Toyota Agya, Suzuki Ignis, dan Renault Triber.