Apakah kamu pernah mengalami AC mobil tiba-tiba tidak dingin? Jangan langsung panik kalau AC tidak dingin atau hanya keluar angin kalau dinyalakan. 

Tak sedikit orang merasa kebingungan ketika tiba-tiba merasakan AC mobil tidak dingin seperti biasanya. Sebagian lainnya hanya membiarkan hal tersebut dan berharap AC bisa normal kembali.

Jika benar hal ini terjadi, ada baiknya bagi untuk mengecek segala komponen yang berkaitan dengan AC.

Penyebab AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab mengapa AC mobil tiba-tiba tidak dingin. Berikut ini adalah 10 penyebab umum dan solusi yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah tersebut:

1. Kekurangan freon

Salah satu penyebab utama AC mobil tidak dingin adalah kurangnya freon dalam sistem AC. Jika kadar freon berkurang, maka kinerja AC akan terganggu. 

Solusinya adalah dengan mengisi ulang freon secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik.

2. Kompresor rusak

Jika kompresor mengalami kerusakan, maka AC tidak akan mampu mendinginkan udara dengan efektif. Penyebab umum kerusakan kompresor adalah kebocoran pada sistem AC atau kegagalan komponen lain yang menyebabkan kompresor bekerja terlalu keras.

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah dengan mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru.

3. Kipas kondensor tidak berfungsi

Kipas pada AC mobil berperan dalam mengalirkan udara dingin ke dalam kabin kendaraan. Apabila kipas tidak berfungsi dengan baik, maka udara dingin tidak akan tersebar dengan merata. 

Dengan demikian, kamu perlu memperbaiki atau mengganti kipas yang rusak agar AC mobil dapat berfungsi kembali.

4. Filter kabin kotor

Filter kabin berfungsi untuk menyaring udara dari luar sebelum masuk ke dalam kabin mobil. Apabila tersumbat oleh debu dan kotoran membuat sirkulasi udara tidak akan lancar dan mengakibatkan penurunan kinerja AC. Solusinya adalah dengan membersihkan atau mengganti filter kabin secara berkala.

Baca Juga: Service AC Mobil: Waktu, Manfaat, dan Biaya Service

5. Belt kompresor kendor atau putus

Belt kompresor menggerakkan kompresor AC untuk menghasilkan udara dingin. Jika belt kendor atau putus maka kompresor tidak akan berputar dengan baik dan AC mobil tidak akan berfungsi. 

Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi belt kompresor dan menggantinya jika diperlukan.

6. Tekanan AC yang tidak tepat

Kelembaban yang tinggi di dalam mobil dapat mengurangi efisiensi pendinginan AC yang membuat udara dalam mobil terasa lebih lembap dan tidak dingin. 

Solusinya adalah dengan mengurangi kelembaban di dalam mobil menggunakan sistem pengering udara atau menggunakan fungsi pengering udara pada AC.

7. Gangguan pada thermostat

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah akibat adanya gangguan pada Thermostat. Tentu jika komponen ini terganggu maka fungsi dari AC akan berjalan kurang optimal.

8. Pendingin evaporator tersumbat

Jika evaporator tersumbat oleh kotoran atau debu maka pendinginan udara akan terganggu karena komponen ini bertanggung jawab dalam menghilangkan panas dari udara.

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan membersihkan evaporator secara berkala dan teratur.

9. Kontaminasi kotoran atau debu

Kotoran dan debu yang menumpuk pada filter udara dapat menyebabkan aliran udara yang terhambat. Hal ini mengurangi kemampuan AC untuk menghasilkan udara dingin.

Solusinya adalah dengan membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

10. Komponen elektrikal rusak

Masalah pada komponen elektrikal seperti relay atau kabel yang rusak dapat menyebabkan AC tidak dingin. Solusinya adalah dengan memperbaiki atau mengganti komponen elektrikal yang bermasalah.

Tips Merawat AC Mobil

Berikut ada beberapa tips merawat AC mobil agar awet dan kamu bisa selalu menikmati udara segar dan dingin saat berkendara:

1. Periksa dan ganti filter udara secara berkala

Pastikan memeriksa dan membersihkan atau mengganti filter udara secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrik.

2. Periksa dan isi kembali freon

Untuk menjaga kinerja AC mobil, periksa dan isi kembali freon secara berkala. Namun, jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya serahkan tugas ini kepada tenaga ahli.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis

3. Jaga kebersihan saluran udara

Pastikan untuk selalu membersihkan debu dan kotoran yang ada pada saluran udara secara teratur. Bisa juga menggunakan semprotan udara atau vakum untuk membersihkannya.

4. Periksa dan bersihkan kondensor

Kondensor yang kotor akan menghambat pendinginan dan meningkatkan beban kerja pada komponen lainnya. Gunakan air bertekanan rendah atau semprotan udara untuk membersihkannya.

5. Gunakan penggunaan berlebihan

Hindari mengoperasikan AC terlalu lama jika tidak diperlukan. Jika suhu di dalam mobil sudah cukup nyaman, matikan AC untuk mengurangi beban pada sistem dan menghemat bahan bakar.

6.  Hindari penggunaan AC pada kecepatan tinggi

Gunakanlah AC pada kecepatan yang moderat untuk mengurangi beban kerja pada mesin mobil.

7. Periksa dan ganti kompresor AC

Jika AC mobil mengeluarkan suara yang aneh atau pendinginan tidak efektif, itu mungkin pertanda bahwa kompresor AC perlu diperiksa atau diganti. 

Segera periksakan ke bengkel terpercaya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Merawat AC mobil secara teratur sangat penting untuk menjaga performanya yang baik dan mencegah masalah yang mungkin terjadi di masa depan, nih, OtoFriends.

Dengan begitu, kamu dapat memperpanjang umur AC mobil dan menghindari biaya perbaikan yang mahal. Selain itu, dengan menggunakan AC mobil dengan bijak, juga dapat menghemat energi dan menjaga kenyamanan saat berkendara.

Salah satu cara untuk merawatnya dengan baik adalah membawanya ke bengkel AC mobil terdekat.Lebih mudahnya lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi Otoklix untuk booking service secara online dan juga kebutuhan service lainnya di bengkel terbaik, yuk coba sekarang!

Pertanyaan Seputar AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin

Beberapa cara yang bisa dilakukan apabila AC mobil tidak dingin adalah sebagai berikut:
Jagalah kabin tetap bersih.
Bersihkan kondensor AC.
Bersihkan filter AC secara rutin.
Jangan nyalakan AC secara langsung.
Parkir di tempat yang teduh.

Saat memanaskan mesin, usahakan AC mobil tidak dinyalakan dahulu. Jika menyalakan AC saat suhu mobil belum mencapai titik normal, ini bisa membebani atau memperberat performa mesin.