Honda Civic Type R-GT diperkenalkan pada gelaran acara Tokyo Auto Salon 2023. Honda memperkenalkan mobil balap terbarunya ini ke seluruh dunia. Civic Type R-GT dibuat untuk menggantikan mobil Honda NSX.

Honda Civic Type R-GT akan dipakai dalam ajang gelaran super GT Jepang tahun 2024. Sesuai namanya dengan tambahan “GT”, mobil ini siap untuk mengikuti balapan kelas dunia.  Mobil Civic generasi terbaru ini dikembangkan langsung oleh Honda Racing Co. Ltd (HRC). Lalu bagaimana spesifikasi Honda Civic R-GT secara lengkap?

Mengenal Honda Civic R-GT

Honda Civic Type R-GT merupakan generasi terbaru dari Honda Civic Type R yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2022 lalu. Ada banyak part dan komponen yang dimodifikasi oleh tim HRC, tujuannya agar menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk mengikuti kejuaraan balap Super GT Jepang.

Tahun 2023 ini akan menjadi tahun terakhir Honda NSX pada ajang gelaran Japan Super GT. NSX sudah mengikuti ajang kejuaraan ini mulai dari tahun 1996 sampai 2009. Dilanjutkan dari tahun 2004 sampai sekarang. Setelah tahun 2023, Honda NSX akan pensiun digantikan oleh Honda Civic Type R.

OtoFriends perlu tahu bahwa “Type R” merupakan kasta tertinggi pada spesifikasi mobil Honda. Jadi jika mobil Honda dengan tambahan Type R, spesifikasinya ada yang berbeda dari versi standar. Keunggulan yang ada di mobil Honda seri Type R biasanya terletak pada sektor tenaga yang lebih besar.

Baca juga: Mobil Honda Civic Terbaru: Harga dan Spesifikasi

Spesifikasi Honda Civic R-GT

Spesifikasi mobil hatchback Honda Civic Type R-GT memiliki bodykit yang lengkap mulai dari bumper depan, winglet dan air intake yang besar. Bagian samping terdapat penambahan side skirt dan yang paling menonjol wing besar pada bagian belakang. Secara tampilan, Honda Civic R-GT ini sudah “track ready”.

Desain eksterior Honda Civic R-GT menggunakan basis Honda Civic Type R, kemudian dilakukan modifikasi untuk mengejar aerodinamis. Interior Honda Civic Type R-GT tentunya banyak berubah disesuaikan dengan kebutuhan balap. Beberapa part dan komponen yang tidak penting akan dicopot demi mengurangi beban mobil. 

Honda Civic Type R-GT memiliki warna dasar putih. Warna ini dikombinasikan dengan hitam dan merah. Terdapat tulisan HRC besar pada bagian samping. Pada bagian kap mesin terdapat tulisan HRC. pada bagian pintu kanan, kiri dan atap terdapat tulisan Honda Civic Type R-GT. wings belakang terdapat tulisan HONDA besar dengan warna dasar merah, samping kanan kiri terdapat tulisan HRC kecil.

Baca juga: Honda Civic, Car of The Year 2022-2023, Berikut Spesifikasinya

Mesin dan Tenaga Honda Civic R-GT

Spesifikasi mesin dan tenaga yang dihasilkan belum ada rilis resmi dari Honda. Tetapi Honda Civic Type R-GT akan ikut dalam kategori GT500 dan peraturannya harus menggunakan mesin 2.0 liter empat silinder. Jadi, dari mesin standar ini akan dilakukan modifikasi agar menghasilkan tenaga yang lebih besar. Mobil-mobil lain yang berlomba pada kategori ini biasanya menghasilkan tenaga sampai 600 HP lebih.

Sebelum dimodifikasi, Honda Civic Type R yang dijual secara resmi memiliki tenaga 308 HP. Jadi, tenaga Honda Civic Type R-GT akan ditingkatkan menjadi sekitar 600an HP. Mengingat kompetitor Honda yaitu Nissan Z GT500 menghasilkan tenaga 650 HP.

Harga Honda Civic R-GT 

Harga Honda Civic Type R-GT sampai sekarang belum dirilis secara resmi. Karena masih menjadi mobil konsep yang dipamerkan dalam acara Tokyo Auto Salon 2023. Sebagai perbandingan, harga Honda Civic Type R saat ini Rp1.17 Milyar. Harga ini lebih mahal dibanding Honda Civic Turbo yang memiliki harga Rp601 juta. Harga Honda Civic Type R-GT tentunya lebih mahal karena sudah dilakukan banyak modifikasi.

Kapan Honda Civic R-GT Meluncur

Jika kamu tertarik, kira-kira kapan Honda Civic Type R-GT meluncur dan dijual secara resmi oleh Honda? Sampai sekarang mobil ini baru pertama kali dipamerkan dan masih sebatas konsep. Pihak Honda masih melakukan riset dan pengembangan guna menyempurnakan mobil dari keluarga Civic ini.

Bagaimana OtoFriends, tertarik dengan Honda Civic Type R-GT spesifikasi balap ini? Silahkan tunggu informasi resmi dari Honda ya dan kita lihat apakah bisa menjuarai dalam ajang balap bergengsi di Jepang GT series.

Jangan lupa OtoFriends selalu melakukan service rutin dan ganti oli. Tidak lupa lakukan tune-up mesin agar performa mobil tetap optimal. Dengan aplikasi Otoklix, kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel mobil terbaik hanya dari smartphone. Yuk coba sekarang aplikasinya dan lakukan booking service pertama kamu sekarang!

Pertanyaan Seputar Honda Civic R-GT


Harga Honda Civic RS dijual dengan harga Rp601 juta dan Civic Type R dijual dengan harga 1,17 milyar.


Biaya pajak Honda Civic Type R sekitar Rp141 juta.


Dengan tenaga 306 tenaga kuda, top speed Honda Civic Type R bisa sampai 210 km/jam.