Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah memastikan bahwa di tahun fiskal 2023 nanti akan meluncurkan New Xpander generasi terbaru. Menariknya, bukan hanya melakukan regenerasi terhadap model Xpander 2022 saja melainkan Mitsubishi akan memproduksi Xpander Hybrid di tahun 2023 ini.

Langkah memproduksi Xpander Hybrid menjadi langkah konkret dan bukti komitmen Mitsubishi menatap Era Elektrifikasi di industri otomotif saat ini. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mantap menyebutkan bahwa saat ini sudah mencapai tahap persiapan untuk memproduksi mobil hybrid dan model Xpander 2023 lain.

MMKSI membocorkan bahwa Xpander Hybrid 2023 nanti akan menjadi mobil ramah lingkungan yang dijual dengan harga rendah. Apakah benar Xpander Hybrid harganya murah? Yuk simak ulasan berikut ini lengkap dengan perkiraan spesifikasi mobil hybrid dari Mitsubishi ini.

Baca juga: Konsumsi BBM Xpander Diklaim Irit, Seperti Apa Spesifikasinya?

Investasi Mitsubishi di Indonesia

Sejak pertengahan 2020 lalu, MMC telah membagikan rencana bisnis jangka menengah hingga tiga tahun ke depan sekaligus membocorkan rencana akan memproduksi Mitsubishi Xpander Hybrid 2023. Kegiatan produksi dan ekspor mobil Xpander Hybrid dan varian terbaru lainnya akan berfokus di Indonesia.

Pada keterangan tertulis dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di bulan Maret 2021 pasca kepulangan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dari Okazaki, Jepang. 

Salah satu kabar bahagia yang dibawa adalah rencana Mitsubishi Motors Corporations untuk menambah jumlah investasi kepada Indonesia hingga mencapai Rp11,2 triliun hingga 2025 nanti.

Mitsubishi juga berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor mobilnya. Apabila ditarik garis mundur hingga tahun 2022 di mana ekspor mobil Mitsubishi naik 30 ribu unit hingga 72 ribu unit. 

Kenaikan jumlah ekspor ini ikut meningkatkan surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai Rp7 triliun. Oleh karena itu, niat Mitsubishi untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor sangat diapresiasi pemerintah.

Baca juga:Tinjau Kembali! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid Mulai Diproduksi di Indonesia

Pemerintah saat ini tengah berfokus untuk memproduksi kendaraan yang menghasilkan emisi karbon rendah dengan memanfaatkan teknologi battery electric vehicle (BEV), electric vehicle (EV) sejenis key car atau menyematkan teknologi hybrid di dalam mobil.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021 tentang Kendaraan Emisi Karbon Rendah. Di dalam peraturan tersebut mengatur kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan penggunaan teknologi hybrid.

Mitsubishi pun memiliki komitmen yang sama terkait penggunaan teknologi hybrid. Secara sederhana, teknologi hybrid adalah teknologi yang memungkinkan dua mesin di dalam satu mobil yakni mesin bertenaga bahan bakar konvensional dan listrik. 

Mitsubishi akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor mobil line up terbarunya, termasuk mobil Xpander Hybrid tersebut.

Setidaknya di dalam perencanaan tersebut MMC akan memproduksi 250 ribu unit kendaraan Mitsubishi dari 3 model di mana salah satu modelnya merupakan mobil hybrid.

Sementara itu, pihak MMKSI mendukung pernyataan tersebut dengan mengungkapkan saat ini timnya sedang mempertimbangkan teknologi yang akan digunakan pada mobil Mitsubishi Xpander 2023 nanti sehingga belum dapat memberikan tanggal pasti kapan akan meluncurkan mobil Xpander terbaru itu. 

Yang menjadi tujuannya saat ini adalah memproduksi mobil terbaik dengan harga rendah.

Menduga Spesifikasi Xpander Hybrid

Dikutip dari website resmi Mitsubishi Cars, Xpander Hybrid akan dibekali oleh baterai yang memiliki daya tahan cukup lama. Mitsubishi mengklaim bahwa baterai mobil listriknya akan mampu mencapai 150 kilometer untuk satu kali pakai. Selain itu, salah satu teknologi yang akan dibekali oleh Mitsubishi adalah teknologi Inovatif Mitsubishi Electric Vehicle (i-MiEV).

Teknologi i-MiEV ini merupakan teknologi untuk menyalurkan energi yang dibutuhkan rem regeneratif dan mampu mengendalikan daya baterai secara terus-menerus. Secara singkatnya bisa dikatakan i-MiEV ini merupakan co-pilot otomatis ramah lingkungan.

Sedangkan menurut pernyataan Menteri Perindustrian, pemerintah mendukung Mitsubishi untuk membekali mobil  Xpander Hybrid atau Mitsubishi Minicab MiEV dengan ukuran baterai yang lebih kecil dengan kapasitas 20 kWH yang mampu mencapai jarak maksimal hingga 170 kilometer.

Selain itu, mobil Xpander 2023 nanti akan menggunakan mesin diesel terbaru dan mesin penggerak listrik serta fitur otonom alias teknologi khusus pada sistem kemudi.

Kendati demikian, secara lebih lanjut MMKSI belum dapat memastikan teknologi apalagi yang akan dibekali Mitsubishi pada mobil line up generasi terbarunya nanti. Tim Mitsubishi masih melakukan riset dan mendalami teknologi tercanggih apa yang akan dibekali namun tetap dapat dijual dengan harga yang rendah.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

Estimasi Harga Mitsubishi Xpander Hybrid Baru 2023

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memastikan bahwa mobil Xpander Hybrid 2023 akan dijual dengan harga yang terjangkau.

Di tahun 2021, Mitsubishi meluncurkan mobil EV (electric vehicle) dengan harga yang terjangkau yakni 2 juta Yen atau bila dikonversikan ke dalam rupiah saat itu adalah Rp260 juta. 

Setelah mendapatkan perhatian yang cukup besar terhadap mobil listrik termurah Mitsubishi tersebut, rencana jangkah menengahnya telah disampaikan bahwa Mitsubishi juga berencana memasarkan mobil serupa di negara-negara lain. Mungkinkah mobil Xpander Hybrid 2023 akan dijual dengan harga Rp260 jutaan?

Namun, bila dilihat saat ini harga mobil hybrid yang dijual kompetitor sudah mencapai angka Rp500 jutaan, sebut saja C-HR Hybrid yang diklaim sebagai mobil hybrid termurah karena menjual unitnya dengan harga Rp550 jutaan untuk tipe 1.8 HV A/T Single Tone dan Dual Tone.

Kemudian harga mobil Xpander lain yang dijual berkisar Rp200 juta. Per Juni 2021 Mitsubishi Xpander dijual berkisar antara Rp237 juta sampai Rp279 jutaan, sedangkan Xpander Cross dijual mulai dari Rp276 juta sampai Rp299 jutaan. Maka wajar saja bila nanti Mitsubishi menjual Xpander Hybrid dengan harga berkisar dari Rp300 jutaan sampai Rp400 jutaan.

Setidaknya, Mitsubishi perlu memikirkan strategi untuk mengalahkan mobil hybrid dari kompetitor lainya seperti Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Selain mobil hybrid, Mitsubishi juga akan memproduksi mobil line up lainnya diantaranya Xpander facelift, Outlander facelift, Outlander PHEV facelift, Mitsubishi Eclipse Cross Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Triton facelift,, Pajero Sport facelift dan 2 line up lainnya.

Setelah mengetahui tipe Xpander dan harganya, khususnya pada line up Xpander Hybrid. Apakah OtoFriends mulai tertarik untuk menunggu mobil hybrid terbaru dari Mitsubishi?

Sembari menunggu, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara merawat dan memperbaiki mobil hybrid. Kapan waktu yang tepat untuk mengganti aki mobil dan bengkel mobil seperti apa yang dapat memperbaiki mobil hybrid.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Xpander Hybrid

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah memastikan bahwa di tahun fiskal 2023 nanti akan meluncurkan New Xpander generasi terbaru, salah satunya Xpander Hybrid. Menariknya, mobil hybrid tersebut akan diproduksi di Indonesia.

Mitsubishi belum memastikan harga Xpander Hybrid 2023, akan tetapi bila mengingat bahwa komitmen Mitsubishi untuk menjual mobil hybrid dengan harga rendah, maka diperkirakan harganya berkisar antara Rp300 jutaan sampai Rp400 jutaan.

Diperkirakan salah satu teknologi yang akan disematkan adalah teknologi i-MiEV yakni teknologi co-pilot otomatis ramah lingkungan.