Mercedes Benz Sprinter diperkenalkan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) pada tahun 2021 sebagai mobil keluarga yang nyaman digunakan terutama untuk perjalanan jarak jauh. MBDI memberikan fasilitas custom interior yang memungkinkan pelanggan untuk meng-custom interior sesuai dengan kebutuhan.

Mercedes Benz Sprinter menghadirkan pembaharuan fasilitas khususnya pada bagian interior. Mobil ini masih mempertahankan keunikannya dengan memiliki ketinggian kabin yang original mencapai 1,9 meter. OtoFriends tentu tidak perlu jongkok untuk berjalan di dalamnya. 

Penasaran dengan spesifikasi dan fitur unggulan dari Mercedes Benz Sprinter? Mari cari tahu jawabannya pada ulasan ini.

Baca Juga: Spesifikasi BMW 218i Lengkap dengan Harganya

Spesifikasi Mercedes Benz Sprinter

Mercedes Benz Sprinter berdimensi 5910x1993x2790 mm dengan berat 3880 kg. Mobil ini berkapasitas 14 penumpang dengan 5 pintu. Mercedes Benz Sprinter 2022 diluncurkan dengan beberapa varian yakni 415 CDI A3, 315 CDI A2, dan 315 CDI A3. Simak penjelasan spesifikasi masing-masing varian

  1. Varian 315 CDI A2, dan 315 CDI A3

Kedua varian ini digabungkan karena memiliki spesifikasi yang sama. Mercedes Benz Sprinter ini menggunakan mesin 2.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve dengan transmisi otomatis 6-Speed. Kapasitas mesin sebesar  2143 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 330Nm. Bahan bakar yang digunakan bensin dengan kapasitas tangki bahan bakar 75 liter. 

Jenis ban yang digunakan adalah radial. Tipe Steering Gearnya adalah rack dan pinion. Jenis kemudi power dan terdapat fitur pengaturan posisi stir. Mobil dilengkapi dengan 5 pintu yang berkapasitas 14 penumpang. Dengan kapasitas sekian tak heran berat mobil mencapai 3880 kg.

Yang membedakan kedua varian ini adalah dimensi pada 315 CDI A3 lebih besar yakni 6961x1993x2790

  1. Varian 415 CDI A3

Mercedes Benz Sprinter ini menggunakan mesin 2.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve dengan transmisi manual 6-Speed. Tipe Steering Gearnya adalah rack dan pinion. Jenis kemudi power dan terdapat fitur pengaturan posisi setir dan kolom kemudi. Jenis ban yang digunakan adalah radial dengan ukuran 205/ 55 R17. Ukuran velg R17 dan velg alloy 17 inch. 

Jenis Bahan bakar yang digunakan diesel berkapasitas 21433 cc dengan kapasitas tangki bahan bakar 70 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 330Nm. Kecepatan maksimumnya di angka 160 kmph. Dimensi mobil lebih besar dari kedua varian diatas yakni 6967×2345 x2821 mm. Tak heran bila berat mobil mencapai 4100 kg.

Baca juga:  Peugeot 5008: Harga, Spesifikasi, dan Keunggulannya

Fasilitas Unggulan Mercedes Benz Sprinter 

Mercedes Benz Sprinter sebagai mobil berkapasitas besar memiliki fasilitas-fasilitas unggulan yang mumpuni seperti berikut ini 

  1. Sistem Keamanan

Sistem keselamatan pada mobil ini didukung dengan adanya Airbag penumpang depan, kantong udara pengemudi, Anti Lock Braking System, Brake Assist dan EBD (Electronic Brake Distribution). Di bagian sisi luar terdapat pelindung benturan depan dan samping. Sebelum berkendara Engine Check Warning, pengingat pemakaian sabuk pengaman dan pengingat pintu terbuka akan bekerja.

Selama perjalanan, Vehicle Stability Control System akan bekerja untuk memastikan mobil berjalan dengan baik. Lebih jauh lagi, sistem Blind Spot Assist akan memperingatkan pengemudi jika perubahan jalur yang akan mengakibatkan tabrakan terdeteksi.

  1. Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan berkendara dengan Mercedes Benz Sprinter diwujudkan dengan adanya fitur-fitur seperti Engine Start Stop Button, Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi, Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar, Headrest Kursi Belakang, Pemanas, Keyless Entry, Power Steering, Power Window Depan, Adjustable Seats, On Board Computer, Kursi Lipat Belakang

Fitur Mewah Mercedes Benz Sprinter 

  1. Interior

Selain kabin dengan ketinggian yang di atas rata-rata, terdapat fitur-fitur baru seperti lampu depan LED High Performance, velg ringan 17 inci, engine start Keyless Go dan Thermotronic Automatic Climate Control, serta kursi berbentuk ergonomis, dan sistem bantuan terbaru. 

Seperti yang telah disebutkan di atas, interior pada Mercedes Benz Sprinter dapat di-custom sesuai keinginan pembeli. Mobil ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat transportasi kebutuhan individu tetapi bahkan dapat disulap menjadi ambulans terkhusus pada saat pandemi Covid-19 memuncak..

Interior dapat disesuaikan untuk perjalanan bisnis atau liburan keluarga. Hingga saat ini, fasilitas interior yang banyak dipesan adalah custom pada captain seat, dan partisi pembatas. 

Para pembeli Mercedes Benz Sprinter paling sering meminta modifikasi pada bagian partisi pembatas antara driver dan penumpang.

Hal ini mengingat kondisi pandemi dan pasca pandemi yang membuat pengendara lebih berhati-hati. Selain itu, dengan adanya partisi penumpang di bagian kursi belakang memiliki private space yang lebih leluasa.

Speaker depan dan belakang dengan Audio 2DIN Soket USB Sambungan Bluetooth diinstal sebagai fasilitas hiburan di dalam mobil. 

  1. Eksterior

Beberapa fitur pada bagian eksterior Mercedes Benz Sprinter adalah tangki bahan bakar yang diletakkan di tengah, penggunaan velg alloy pada varian  415 CDI A3. Di bagian atas terdapat Antena elektrik. 

Saat berkendara OtoFriends dapat menggunakan fitur Adjustable Headlights dengan jenis lampu depan LED yang disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi. Khusus pada varian 415 CDI A3 terdapat kaca spion elektrik, wiper otomatis dan Grille Krom.

Mercedes Benz Sprinter hadir di Indonesia dengan 12 pilihan warna yakni Tenorite Grey Metallic, Steel Blue, Obsidian Black Metallic, Jet Black, Calcite Yellow, Blue Grey, Selenite Grey Metallic, Iridium Silver, Black Blue, Arctic White, Graphite Grey dan Pebble Grey. 

Baca juga: Ford Ecosport: Spesifikasi, Keunggulan hingga Harga Bekasnya

Modifikasi Mercedes Benz Sprinter

Mercedes Benz Sprinter adalah salah satu mobil yang kerap menjadi objek modifikasi dengan tujuan agar lebih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa contoh modifikasinya

  1. High Safety Car

Add Armor Executive Protection adalah salah satu perusahaan keamanan yang melakukan modifikasi pada Mercedes Benz Sprinter. Eksterior mobil dibuat gahar dengan pelapisan baja anti peluru dan granat. Ban menggunakan run flat khusus serta bumper didesain agar mampu menembus barikade. 

Sistem keamanan dilengkapi dengan bom asap, semprotan merica dan sonic sound cannon. Tak hanya itu, door handle protector menggunakan kejut listrik. Di bagian kabin mobil dilengkapi fasilitas ruang penyimpan senjata dan ruang meeting.

  1. Recreational Vehicle (RV)

RV adalah kendaraan yang dimodifikasi sedemikian rupa menyerupai rumah berjalan. Disebut juga sebagai mobil campervan, mobil ini digunakan sebagai kendaraan sekaligus tempat tinggal selama berwisata. Mercedes Benz Sprinter cocok digunakan sebagai RV karena memiliki wheelbase yang mumpuni dan kabin yang luas.

Tim Hunter Sport Homes dari Inggris, membagi kabin menjadi ruang keluarga, ruang tidur, meja makan dan sofa dengan fasilitas dinding kedap suara. Bahkan mereka menambahkan kulkas 50 liter, kompor tanam, oven, toilet lengkap dengan shower serta wastafel untuk menambah kenyaman saat beraktivitas di dalam mobil.

  1. Luxurious Interiors

Interior adalah bagian pada Mercedes Benz Sprinter yang potensial untuk dimodifikasi karena berhubungan dengan kenyamanan pengguna. PT. Lombardi Auto Indonesia mencoba kemampuannya dalam menghadirkan jok kabin yang super nyaman. Seluruh jok di kabin belakang dibalut material wollsdorf nappa dengan pola ketupat.

Jok dilengkapi dengan fitur pemijat otomatis pada bagian punggung, kaki dan headrest. Pijakan kaki juga dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Lombardi membagi modifikasi menjadi dua jenis yakni versi lima dan tujuh penumpang dibelakang. Versi lima penumpang sudah lengkap dengan toilet sedangkan versi tujuh penumpang pada  jok baris belakang bisa direclining.

Berapa Harga Mercedes Benz Sprinter Terbaru? 

Mercedes Benz Sprinter terbaru yang dikeluarkan MBDI adalah Mercedes Benz Sprinter 2022 yang dibanderol pada kisaran harga 955 juta untuk varian 315 CDI A2, 975 Juta untuk varian 315 CDI A3 dan 1,04 milyar untuk varian 415 CDI A3.

Itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi lengkap dari Mercedes Benz Sprinter yang bisa dijadikan referensi untuk pertimbangan dalam memilih mobil berkapasitas besar. Otofriends juga bisa mengetahui info jenis-jenis mobil keluarga lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Ya, 315 CDI A3 and 315 CDI A2 adalah varian yang tersedia dengan Transmisi Otomatis

Ya, 415 CDI A3 adalah varian yang tersedia dengan pilihan mesin Diesel.

Kapasitas mesin 2143 cc