Mobil Ford Escape bisa menjadi pilihan tepat bagi OtoFriends yang ingin mencari SUV bekas gagah bergaya sporty dan bermesin tangguh. Meski terbilang bukan mobil baru, Escape terbilang tepat menjadi pilihan mobil keluarga karena interiornya nyaman dan kabin luas. 

Simak pembahasan lengkap berikut ini mulai dari spesifikasi, jenis, kelebihan hingga harga bekas Ford Escape. 

Spesifikasi Ford Escape

1.  Interior dan Eksterior Ford Escape

Nuansa kabin Ford Escape terbilang nyaman karena ruangnya yang lapang, baik di depan maupun belakang. Escape juga memiliki bagasi luas.

Jika dirasa kurang luas, kursi baris kedua dapat dilipat sehingga kapasitas bagasi bertambah. Meski demikian, penampilan interior Ford Escape dari tahun ke tahun mengalami beberapa perbedaan. 

Model pertama hanya mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dan tuasnya terletak di bagian depan konsol tengah. Lalu dua tahun kemudian, menggunakan transmisi matic 4 percepatan. 

Salah satu yang cukup unik, tuas shifternya berada di area kemudi. Lalu pada versi facelift pertama, kolom shifter dipindahkan ke area tengah di bawah dashboard. 

Semua tombol kontrol dan komponen lainnya berada di dashboard cenderung terlihat sama. Hanya saja pemilihan skema warnanya yang berbeda.

Pada versi facelift terakhir terlihat banyak perbedaan dibandingkan kedua model lainnya. Seluruh tombol kontrol yang ada di area dashboard telah disusun ulang. 

Ini terlihat pada bagian headunit yang tidak bisa lagi diganti dengan monitor dikarenakan tak ada slot. Guna menutupi kekurangannya, berbagai fitur tambahan turut disematkan seperti integrated Audio 6 disc changer dihiasi dengan lampu berwarna biru.

Beralih ke eksteriornya, Ford Escape mengusung bodi kekar berkat ground clearance yang tergolong tinggi di kelasnya. Terdapat perbedaan pada tampilan exterior Escape setiap tahunnya. 

Pada model prefacelift atau yang pertama kali yang dijual di Indonesia, bagian depannya menggunakan lampu kaca buram berbentuk persegi dengan ujung membulat. Model ini menggunakan grill mirip sarang lebah. 

Lalu pada model facelift pertama perubahan meliputi bagian lampu depan yang berbentuk trapesium dikelilingi smoked hitam. Grill-nya lebih modern dengan krom tiga baris. 

Perubahan paling mencolok dari Ford Escape adalah pada facelift kedua dan terakhir. Pada model ini, garis bonnet, lampu depan, grill hingga bumper berubah total. 

Baca Juga: Ford Ecosport: Spesifikasi, Keunggulan hingga Harga Bekasnya

2. Mesin Ford Escape

Ford Escape tercatat menggunakan tiga jenis mesin dengan kapasitas berbeda, yakni 2.0 liter, 2.3 liter dan 3.0 V6. Semua varian mesin ini hadir pada model pertama hingga model prefacelift. 

Namun, opsi mesin 2.0 liter tidak lagi digunakan sejak 2005. Sedangkan mesin 3.0 V6 dihapuskan dari peredaran model facelift 2006.

Mesin tersebut dipadu Zetec 2.0 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup. Mesin ini memproduksi daya hingga 130 HP pada 5.400 RPM dengan torsi puncak 183 Nm pada 4.500 RPM dipasangkan dengan transmisi manual. 

3. Fitur Ford Escape

Secara keseluruhan, fitur interior yang disematkan berbagai model Ford Escape terbilang cukup menarik dan mewah pada zamannya. Terdapat jok kulit, tilt adjustable steering wheel, power window, power door mirrors,power door locks, side ornament, overhead console, cup holders, cruise control (varian 3.0 V6) serta sunroof untuk tipe tertinggi.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Bekas Ford Fiesta, Si Mungil Lincah!

Kelebihan Ford Escape

1. Harga Terjangkau

Sebagai mobil yang terbilang lawas eksis di tahun 2005 hingga 2013-an, Ford Ecosport bekas terbilang murah. Harga Ford Ecosport bekas dibanderol mulai dari Rp70 jutaan hingga Rp165 jutaan, tergantung tahunnya. 

2. Kabin Luas

Ford Escape memiliki ukuran yang luas, yakni panjang 4480 mm dengan lebar 1845 mm serta tinggi mencapai 1770 mm. Ukuran ini tentu menghasilkan kabin yang luas untuk menampung lima orang penumpang. 

3. Model Eksterior Timeless

Sebagai mobil mewah di zamannya, model eksterior Ford Ecosport masih dapat menyesuaikan SUV modern kekinian. Modelnya terbilang timeless sehingga di jalan tak terlalu tampak tertinggal. 

Baca Juga: Harga Mobil Ford Bekas dan Modelnya: SUV, Pikap, Hatchback

Kekurangan Ford Escape

1. Boros BBM

Kekurangan Ford Escape terdapat pada sektor mesin 3.0 V6. Konsumsi bahan bakar nya terbilang boros, jadi OtoFriends disarankan untuk memilih Escape berkapasitas lebih kecil.

Ada pilihan mesin berkapasitas 1.989 cc dan 2.261 cc yang lebih irit ketimbang versi 2.967 cc. Apalagi mesin Duratec 2.300 cc telah mengadopsi teknologi Variable Inertia Charging Systems (VICS) untuk menghasilkan torsi di putaran bawah.

2. Desain Interior Jadul

Jangan pernah berharap mendapatkan fasilitas interior kekinian pada Ford Escape. Penampilan dalam mobil ini tentu terbilang ‘jadul’. 

Salah satunya terlihat pada head unit yang tidak bisa diganti dengan monitor dikarenakan tak ada slot. Bahkan head unit tersebut tidak bisa menjadi input USB. 

3. Peredaman Kabin Kurang

Mobil ini memiliki peredaman kabin yang kurang, sehingga penumpang masih merasakan suara getaran atau lainnya dari luar. Meski demikian, OtoFriends bisa menambah peredam yang dapat dibeli dan dipasang di bengkel. 

Harga Ford Escape Bekas

Tahun Harga
Tahun 2002Rp70 juta
Tahun 2003Rp82 juta
Tahun 2004Rp90 juta
Tahun 2005Rp95 juta
Tahun 2006Rp107 juta
Tahun 2007Rp115 juta
Tahun 2008Rp120 juta
Tahun 2009Rp130 juta
Tahun 2010Rp140 juta
Tahun 2011Rp150 juta
Tahun 2012Rp150 juta
Tahun 2013Rp165 juta

Demikian pembahasan mengenai Ford Escape. OtoFriends jangan lupa untuk selalu service mobil di bengkel terpercaya yang dapat ditemukan di aplikasi Otoklix. 

Temukan berbagai jenis service di bengkel spesialis melalui aplikasi Otoklix. Unduh sekarang dan nikmati fitur booking online. 

Pertanyaan Seputar Ford Escape

Mobil Ford Escape bisa menjadi pilihan tepat bagi OtoFriends yang ingin mencari SUV bekas gagah bergaya sporty dan bermesin tangguh. Meski terbilang bukan mobil baru, Escape terbilang tepat menjadi pilihan mobil keluarga karena interiornya nyaman dan kabin luas.

Ford Escape tercatat menggunakan tiga jenis mesin dengan kapasitas berbeda, yakni 2.0 liter, 2.3 liter dan 3.0 V6. Semua varian mesin ini hadir pada model pertama hingga model prefacelift.

Kekurangan Ford Escape terdapat pada sektor mesin 3.0 V6. Konsumsi bahan bakar nya terbilang boros, jadi OtoFriends disarankan untuk memilih Escape berkapasitas lebih kecil.