Cam profile atau dashboard kamera adalah salah satu aksesoris mobil yang bisa merekam perjalanan. Selain itu, cam profile juga bisa mencegah penipuan dengan modus tabrak lari, misalnya. Sebab, cam profile akan merekam seluruh kejadian saat perjalanan.

Sebagai pemanis mobil, cam profile juga bisa dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi sesuatu di jalan raya, misalnya kecelakaan. Biasanya cam profile diletakkan di kaca depan mobil untuk mempermudah perekaman perjalanan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Dashcam Mobil Murah Terbaik

Fungsi Cam Profile

1. Merekam kejadian selama perjalanan

Seperti yang dijelaskan di atas, cam profile berfungsi sebagai CCTV di dalam mobil. Cam profile dapat merekam berbagai kejadian di jalan raya, kemudian rekaman itu akan disimpan ke dalam memori dalam jangka waktu tertentu. Cam profil juga akan mengambil energi listrik dari mobil.

Cam profile biasanya akan langsung merekam sesaat setelah mendapatkan daya. Sehingga, saat mobil dinyalakan, kamera akan langsung merekam. Oleh sebab itu, keberadaan cam profile sangat penting jika OtoFriends mengalami insiden selama perjalanan.

2. Sebagai barang bukti 

Ketika terjadi hal tidak diinginkan, cam profile dapat dijadikan ‘senjata’ penting. Misalnya, terjadi tabrak lari dan pelaku mengelak saat dimintai keterangan. Dengan adanya cam profile, pelaku tidak akan bisa mengelak karena semua bukti kejadian telah terekam di sana. Sehingga, pelaku pun bisa dimintai pertanggung jawaban.

3. Merekam kecepatan mobil

Beberapa cam profile saat ini sudah dilengkapi fitur pengukur kecepatan dan global positioning system (GPS). Melalui fitur GPS tersebut, cam profile dapat merekam kecepatan mobil hingga akselerasinya. Selain itu, fitur GPS juga dapat mendeteksi ke mana saja mobil dibawa pergi.

4. Menjadi jaminan polis asuransi

Rekaman yang tersimpan di memori cam profile juga bisa digunakan untuk membantu asuransi dalam menyelidiki penyebab kecelakaan. Dengan rekaman tersebut, pihak asuransi bisa memutuskan apakah pemilik mobil berhak dicover asuransi sesuai polis.

5. Memantau kondisi mobil

Ada banyak cam profile yang dijual di pasaran, salah satunya cam profile yang dilengkapi fitur sensor gerak. Fitur tersebut sangat berguna ketika mobil dalam kondisi diam, mesin mati, atau saat terparkir. Alat tersebut akan membantumu mengetahui kondisi mobil, misalnya ketika terparkir atau ketika dicuri. Cam profile otomatis aktif apabila ada pergerakan dari mobil, sekecil apa pun itu.

Baca juga: Rekomendasi Dashcam Mobil Terbaik Beserta Fungsinya

Rekomendasi Cam Profile

1. Adzome PG16S 2K GPS Dual Camera

Selain fitur parking monitoring 24 jam, Adzom PG16S 2K GPS Dual Camera juga memiliki GPS yang bisa merekam kecepatan serta lokasi mobil video. Selain itu, ada pula fitur Dual Camera, depan (2.5k) dan belakang (1080p) 30FPS, Wide Angle Lens, 170′ front, 150′ rear (kamera belakang waterproof IP67), layar Sentuh 11″ IPS, hingga include night vision.  Adzmoe PG16S 2K GPS Dual Camera dibanderol mulai dari Rp1, 6 juta.

2. Philips CVR208

Cam profile merk Philips CVR208 dapat merekam dengan resolusi 1920×1080 maupun 1280×720 (30fps). Cam profile ini bisa mengambil sudut lebih luas karena lensanya memiliki sudut pengambilan hingga 140 derajat. Selain itu, dimensinya juga kecil yakni 7.4 x 6.2 x 3.3 cm dengan bobot 63 gram.

Fitur lainnya pada cam profile ini adalah Night Vision, G-Sensor Lock, Motion Detection, Parking Monitor, hingga Loop Record. Cam profile ini dibanderol mulai dari Rp1 jutaan.

3. Xiaomi DDPAI Mola N3 Dashcam

Cam profile satu ini memiliki fitur GPS Logger dengan satu lenas. Adapun hasil rekaman berbentuk Mp4 Pixels dan kapasitasnya kurang dari 300 Mb. Hasil resolusi video berupa 1080 Pixels, 30 fps. Selain itu, cam profile ini juga didukung untuk diakses dengan sistem Android 5.0 atau iOS 8.0. Cam profile ini dibanderol mulai dari Rp1,3 juta.

4. 70mai Dash Cam Pro Plus A500S

Dibanderol mulai dari Rp1,4 juta, cam profile ini memiliki resolusi 1944 Pixel. Selain itu, terdapat fitur Lane Departure Warning yang dapat memberikan peringatan saat pengemudi melintas keluar jalur. Video rekaman pun bisa diunduh dengan resolusi HD.

5. VIOFO A119 V3 2K Car Dashcam

Cam profile ini dibanderol mulai dari Rp1,2 jutaan. Cam profile ini bisa dihubungkan ke powerbank saat  mobil parkir. Selain itu, hasil video memiliki resolusi 2560 x 1600P 30fps or 2560 x 1440P 30fps, serta tiga mode Advanced Parking dan GPS Logger.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mundur Mobil Terbaik

Tips Memilih Cam Profile

1. Sesuaikan dengan jenis mobil

Sebelum memutuskan membeli cam profile, sesuaikanlah kamera dengan jenis mobil. Sebab, tidak semua cam profile bisa digunakan untuk semua jenis mobil.

2. Pilih resolusi gambar yang tinggi

Jangan lupa untuk memperhatikan resolusi gambar yang dihasilkan dari cam profile. Sebab, semakin tinggi resolusi gambar, semakin jelas pula rekaman yang ditangkap oleh cam profile itu. Sebaiknya OtoFriend membeli cam profile dengan kemampuan perekaman Full HD 1080p sehingga gambar tampak jelas.

3. Pastikan sudut lensa luas

Selain itu, perhatikan pula sudut lensa sebelum membeli cam profile. Pastikan cam profile memiliki sudut lensa yang luas sehingga objek yang tertangkap kamera akan lebih banyak.

4. Pastikan ada fitur mode malam

Pada malam hari, pencahayaan lebih minim. Oleh sebab itu, pastikan cam profile yang dibeli memiliki fitur mode malam sehingga hasil rekaman akan terlihat jelas.

5. Pilih fitur perekaman audio

Perlu diketahui, tidak semua cam profile bisa merekam audio. Akan lebih baik kalau OtoFriends membeli cam profile yang juga bisa merekam audio. Ini akan sangat berguna saat terjadi percakapan membahayakan selama di jalan.

Itulah penjelasan mengenai cam profile. Dengan segudang manfaat tersebut, pilihlah cam profile dengan bijak sesuai kemampuan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan servis mobil secara rutin. Lakukan booking online melalui Otoklix untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik.

Pertanyaan Seputar Cam Profile

Cam profile atau dashboard kamera adalah salah satu aksesoris mobil yang bisa merekam perjalanan. Selain itu, cam profile juga bisa mencegah penipuan dengan modus tabrak lari, misalnya. Sebab, cam profile akan merekam seluruh kejadian saat perjalanan.

Cam profile pada mobil memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai pengawas keamanan. Perangkat cam profile tidak hanya merekam aktivitas selama berkendara, melainkan juga dapat dijadikan alat bukti dalam kecelakaan di jalan.

Pada prinsipnya, cam profile menangkap cahaya melalui lensa. Kemudian, cahaya yang masuk lewat lenas itu difokuskan agar diterima oleh sensor cahaya.