Anti Squat dan Anti Dive merupakan pengaturan pada suspensi kendaraan. Demi menjaga kenyamanan berkendara, kita perlu mengecek dan memastikan bahwa komponen suspensi bekerja dengan baik. Lantas, apa itu Anti Squat dan Anti Dive? Apa lagi faktor kestabilan kendaraan? Simak juga informasi lain seputar suspensi mobil.

Pengaturan Suspensi Pada Mobil

Anti squat

Anti Squat (anti mendongak) diperlukan saat suspensi menerima beban ketika mobil melakukan akselerasi. Fungsinya untuk mengurangi body squat mobil dengan mengubah suspensi belakang. Akselerasi mobil yang dihasilkan juga melalui control arm dan suspensi linkage dibandingkan struts atau coilovers.

Biasanya Anti Squat dipasang untuk mengurangi body squat pada mobil dengan rasio daya terhadap berat yang tinggi. Dengan adanya Anti Squat, body squat bisa berkurang. Geometri roda belakang juga tetap konsisten dan mobil bisa mempertahankan ketinggiannya. Sehingga mobil tetap aerodinamis dan mudah dikontrol.

Anti dive

Berbeda dengan Anti Squat, Anti Dive (antitikuk) justru berfungsi saat suspensi menerima beban ketika mengerem. Baik Anti Squat maupun Anti Dive, diperlukan ketentuan beban, center of gravity mobil, serta spring rate. Spring rate adalah rasio saat per suspensi menerima tekanan lalu kembali ke kondisi normal.

Selanjutnya, kita bakal bahas tentang faktor kestabilan kendaraan.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Coil Spring pada Suspensi Mobil

Faktor Kestabilan Kendaraan

Ada beberapa hal atau faktor yang memengaruhi kestabilan kendaraan, bukan semata-mata karena suspensinya saja. Ini dia beberapa hal yang memengaruhi kestabilan mobil:

  1. Lebar bodi mobil. Umumnya, makin lebar bodi mobil, maka makin stabil. Namun, biasanya kenyamanan jadi berkurang.
  2. Lebar roda mobil. Sama seperti bodi mobil, makin lebar roda mobil, maka makin stabil. Namun, kenyamanan untuk bermanuver jadi berkurang.
  3. Diameter roda mobil. Makin kecil diameter roda mobil, maka makin stabil.
  4. Tinggi pusat gravitasi mobil. Makin rendah pusat gravitasi sebuah mobil, maka kendaraan tersebut makin stabil.
  5. Kekakuan pegas. Makin kaku pegas pada mobil, makin stabil. Akan tetapi, biasanya jadi kurang nyaman.

Upaya yang dilakukan untuk membuat mobil makin stabil juga ternyata punya sisi lemahnya, beberapa hal membuat berkendara jadi kurang nyaman.

Tipe Suspensi

Berikutnya, kita akan membahas sekilas tentang tipe suspensi mobil. Suspensi mobil ada yang bertipe rigid, ada yang independence. Apa perbedaan di antara keduanya?

Suspensi dengan tipe rigid adalah suspensi yang mana roda kirinya tidak bisa memengaruhi gerakan roda kanan. Roda kiri tidak memungkinkan untuk bergerak bebas terhadap roda kanan. Contoh kendaraan yang menggunakan tipe suspensi ini adalah truk dan bus.

Sementara itu, suspensi tipe independen adalah kebalikan dari tipe rigid. Pada suspensi tipe independen, saat roda kiri bergerak maka tidak memengaruhi roda kanan. Gerakan roda kiri dan kanan saling bebas. Contoh mobil dengan suspensi ini adalah sedan.

Baca juga: Suspensi Beam Axle: Jenis, Cara Kerja, dan Karakter

Fungsi Komponen Suspensi

Setelah menyimak tipe suspensi, maki kita kenali masing-masing fungsi komponen suspensi secara singkat. Data disajikan dalam bentuk tabel di bawah ini.

KomponenFungsi
Pegas (spring)Membuat mobil mengayun saat mobil melewati jalanan bergelombang.
Shock absorberMeredam ayunan dari pegas dalam waktu secepatnya.
Upper armMembuat ayunan roda pada bagian atas knuckle arm bagian atas.
Lower armMembuat ayunan roda pada bagian bawah knuckle arm bagian bawah.
StabilizerMencegah mobil melayang saat berbelok.
Batang torsiMencegah roda bergerak naik atau turun saat menabrak gundukan.
Batang strutMencegah roda bergerak maju atau mundur saat menabrak gundukan.
Batang kontrolMencegah bodi belakang mobil terangkat saat mobil direm (upper control arm), serta mencegah bodi belakang mobil terangkat saat mobil direm (lower control arm).
Batang lateral/sway barMengantisipasi gaya dari samping bodi mobil ketika salah satu rodanya melewati gundukan.

Baca juga: Apa Itu Control Arm? Berikut Jenis-jenis Control Arm dan Fungsinya!

Kamus Istilah Gerakan Kendaraan

Sebelumnya kita sudah membahas tentang body squat. Lalu apakah ada istilah untuk gerakan mobil lainnya? Ini dia macam-macam istilah gerakan mobil.

Nama GerakanArti
PitchingMobil bergoyang pada bagian depan dan belakang secara bergantian.
RollingBodi mobil bergoyang ke sisi kiri dan kanan.
BouncingGerakan mobil naik turun (terpental) secara keseluruhan.
YawingMobil bergerak mengarah memanjang ke kanan dan kiri terhadap titik berat.
Scuff changePergeseran jalur saat melewati jalanan tidak rata.
Jacking effectKondisi saat mobil menghentak pada bagian belakang ketika berbelok sehingga terjadi perubahan pusat gravitasi. Kalau tidak ada perubahan ketinggian pusat gravitasi, mobil hanya oleng, bukan jacking.
SquatGejala saat bagian belakang mobil tertekan ke bawah saat akselerasi.
Tail liftGejala saat bagian belakang mobil terangkat ke bawah saat mengerem.

Itu dia informasi tentang pengaturan Anti Squat, Anti Dive, dan info lainnya seputar suspensi dan kestabilan mobil. Pastikan untuk melakukan servis rutin demi menjaga kenyamanan berkendara. 

Tidak hanya mengecek kaki-kaki mobil dan suspensi, tetapi juga OtoFriends wajib mengganti oli sesuai waktu yang dianjurkan, memeriksa kondisi aki, tune up, dan lainnya. OtoFriends bisa melakukan servis rutin dengan booking di aplikasi Otoklix. Ada 2.000+ bengkel umum yang tersedia dan sudah bekerja sama dengan Otoklix.

Pertanyaan Seputar Anti Squat

Anti Squat (anti mendongak) adalah pengaturan diperlukan saat suspensi menerima beban ketika mobil melakukan akselerasi. Fungsinya untuk mengurangi body squat mobil dengan mengubah suspensi belakang.

Berbeda dengan Anti Squat, Anti Dive (antitikuk) justru berfungsi saat suspensi menerima beban ketika mengerem. Baik Anti Squat maupun Anti Dive, diperlukan ketentuan beban, center of gravity mobil, serta spring rate.

Selain suspensi, faktor kestabilan pada kendaraan lainnya adalah lebar bodi mobil, lebar roda mobil, diameter roda mobil, tinggi pusat gravitasi mobil, dan kekakuan pegas.