OtoFriends tentu tahu serial komedi asal Inggris berjudul Mr Bean bukan? Tingkah konyolnya selalu mengundang gelak tawa para penggemar. Barang-barang yang yang dipakai juga sangat ikonik, salah satunya adalah mobil Mr Bean berwarna hijau yang selalu menemaninya ketika bepergian. 

Mobil Mr Bean tak pernah lepas dari perhatian tiap kali muncul dalam episode serial TV Mr Bean yang tayang dari tahun 1990-1995. Sebenarnya apa sih jenis mobil Mr Bean ini? Berikut informasi lengkapnya! 

Baca juga: Beli Mobil Tua? Ini 9 Tips dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Sekilas Tentang Mobil Mr Bean

Mobil mungil yang biasa dipakai oleh Mr Bean adalah British Leyland Mini 1000 atau lebih sering disebut dengan Morris Mini. Mobil ini merupakan keluaran dari pabrikan British Motor Corporation (BMC) pada tahun 1959.

Morris Mini tercipta melalui inisiasi menciptakan mobil ringkas dan irit. Sebab, pada tahun 1950-an diberlakukan penjatahan bahan bakar minyak (BBM) bagi negara-negara Eropa, termasuk Inggris Raya.

British Motor Corporation mengusung desain city car yang mungil dan menampung maksimal empat orang penumpang saja dengan warna hijau khasnya yang disebut Austin Citron Green.

Generasi pertama Morris dimulai dari 1959 hingga 1967. Pada awal kemunculannya, mobil kecil ini masih menggunakan mesin yang berukuran 848 cc dengan transmisi manual 4 percepatan.

Walaupun menggunakan mesin kecil, Morris beberapa kali menjadi juara ajang reli Monte Carlo pada tahun 1964, 1965 dan 1967. Hasil tersebut kemudian mematahkan stigma masyarakat mengenai mobil berdesain kompak dengan mesin melintang dan berpenggerak roda depan.

Tak ada perubahan signifikan pada generasi kedua mobil Mr Bean yang lahir pada tahun 1967. Namun, ada beberapa detail yang membedakannya dari generasi pertama. Untuk generasi ketiganya tampil lebih modern dengan ukuran pintu dan jendela mobil yang lebih besar dari dua generasi sebelumnya. Generasi ketiga ini resmi dipasarkan pada tahun 1969 menggunakan nama MINI.

Pada 1976 MINI kembali memperkenalkan generasi keempatnya. Pada generasi ini, terdapat beberapa perubahan, seperti subframe bagian depan yang menggunakan baut tunggal dengan karet bushing pada bagian chasis belakang.

Berselang delapan tahun kemudian, MINI mengeluarkan generasi kelimanya pada tahun 1984. Mobil Mr Bean ini dibekali rem cakram berukuran 8,4 inci.

Pembaruan terbesar mobil Mr Bean terjadi pada generasi keenam yang diluncurkan pada tahun 1990. MINI ditenagai mesin berkapasitas lebih besar, yaitu 1.275 cc dengan menggunakan karburator HIF.

Setelah 41 tahun, sangat disayangkan produksi Morris Mini dihentikan di awal tahun 2000. Terhentinya produksi mobil Mr Bean ini lantaran BMC menjadi bagian dari BMW Group.

Meskipun saham perusahaan dikuasai oleh BMW, mobil penggantinya yang kini dikenal dengan nama Mini Cooper memiliki bentuk dasar yang tak jauh berbeda dengan Morris Mini.

Tentunya ada sejumlah perbaikan pada bagian jendela, mesin, injeksi, dan standarisasi disc-brake yang membuat tampilan mobil Mr Bean lebih segar namun tetap menonjolkan sisi klasiknya.

Baca juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

Spesifikasi Mobil Mr Bean

Mobil Mr Bean Mobil memiliki panjang 3,1 meter dan lebar 1,4 meter dengan  tipe bodi sedan 2 pintu. Desain mobil Mr Bean ini terbilang revolusioner di masanya. Mesinnya diletakkan secara melintang di depan dengan gearbox menyatu yang membuat ruang mesinnya begitu kecil dan memaksimalkan ruang kabin.

Seperti halnya mobil klasik lainnya, pintu pada Morris Mini memiliki tuas putar untuk mengatur jendela kaca dan tersedia tempat sampah kecil di bagian dalamnya. Penumpang akan mendapatkan rasa nyaman lantaran tiap sisi jok belakang dilengkapi dengan bantalan untuk meletakkan siku.

Morris Mini menggunakan sistem gerak roda depan dengan lantai datar di ruang kabinnya, sehingga bisa memaksimalkan kenyamanan penumpang. Karena inovatif inilah, layout Morris Mini menjadi populer dan ditiru oleh produsen mobil.

Pada awalnya, Morris Mini hanya dibekali dengan mesin BMC A series berkapasitas 848cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris OHV. Sebagai mobil rakyat yang ekonomis, tenaga yang dihasilkan hanya mencapai 30 Hp saja. Untuk menggerakkan roda depannya, tenaga mesinnya disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 4 percepatan.

Dari segi dapur pacu menggunakan mesin 998 cc segaris yang bisa mengeluarkan tenaga 39 dk dan torsi 70 Nm. Karena ukuran yang kecil, tangki bensin juga hanya bisa menampung sebanyak 25 liter saja.

Harga Mobil Mr Bean Bekas

Mobil-mobil klasik seperti mobil Mr Bean memang memiliki daya tariknya sendiri. Jadi, OtoFriends jangan heran apabila menemukan mobil lawas berharga fantastis.

Saat ini, mobil Mr Bean juga menjelma menjadi sebuah mobil hatchback premium yang banyak diincar oleh para kolektor mobil klasik. Harga jual MINI klasik setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan.

Bahkan, mobil ikonik milik Mr Bean ini pernah dilelang dengan harga yang tidak tanggung-tanggung. City car legendaris ini dilelang dengan harga mencapai 60.000 dollar atau setara dengan Rp850 jutaan.

Bagi orang awam harga tersebut tentu tidak masuk akal untuk ukuran mobil tua. Namun, tidak demikian dengan para kolektor mobil lawas.

Harga bekas mobil Mr bean di pasaran bervariasi sehingga sulit untuk menentukan harga bekasnya. Morris Mini klasik bisa dibanderol dari harga mulai Rp250 jutaan hingga Rp600 jutaan tergantung usianya.

Morris Mini tahun 1972 di situs jual beli kendaraan bisa dibeli dengan harga Rp320 jutaan. Sementara untuk tahun 1976 berada di angka Rp335 juta dan Morris Mini keluaran tahun 1986 berada di kisaran Rp420 juta.

Jika OtoFriends tertarik untuk membeli mobil Mr Bean atau Morris Mini, sebaiknya pastikan dulu keasliannya. Jangan mudah tergoda harga fantastis dengan embel-embel edisi spesial.

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil lawas adalah perawatan secara berkala untuk mencegah kerusakan. Pilihlah bengkel terpercaya untuk perawatan mobil lawas melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Mobil Mr Bean

Mobil mungil yang biasa dipakai oleh Mr Bean adalah British Leyland Mini 1000 atau lebih sering disebut dengan Morris Mini.

Morris Mini klasik bisa dibanderol dari harga mulai Rp250 jutaan hingga Rp600 jutaan tergantung usianya.

Mobil Morris Mini yang muncul dalam serial Mr Bean merupakan keluaran dari pabrikan British Motor Corporation (BMC) pada tahun 1959.