Berkendara dengan tarikan mesin mobil yang berat tentu menimbulkan rasa kurang nyaman. Sebenarnya apa penyebab tarikan mobil matic terasa berat saat berkendara? Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Ketahui jawabannya dalam artikel Otoklix di bawah ini.

Penyebab Tarikan Mobil Matic Terasa Berat

Baik berkendara dekat atau jauh, tarikan mobil yang berat tentu akan mengganggu. Akibat tarikan terlalu berat, mobil jadi terdengar meraung-raung.

Jangan biarkan hal ini terlalu lama ya OtoFriends. Sebab, ada masalah yang pasti terjadi. Berikut ketujuh penyebab tarikan mobil matic terasa berat ketika dipakai berkendara.

1. Kampas kopling sudah mulai menipis

Mesin yang terasa berat dan mengeluarkan suara meraung bisa jadi tanda bahwa kampas kopling sudah mulai menipis. Akibatnya, cengkraman antara kampas kopling dengan flywheel menjadi longgar.

Baik mobil transmisi manual atau otomatis sering mengalami hal ini. Apabila pedal gas mobil kita terasa berat karena kampas kopling yang menipis, maka segera ganti kampas kopling.

Baca juga: Mengenal Fungsi Kampas Kopling Mobil dan Komponennya

2. Bearing roda mulai seret

Bearing roda adalah bagian pada poros roda yang berfungsi untuk bantalan roda dengan steering knuckle. Sebagai bantalan, bearing roda tentunya harus memiliki pelumas yang cukup agar tarikan mobil menjadi enteng.

Selain terasa berat, mobil juga akan mengeluarkan suara aneh saat dikendarai apabila bearing roda seret. Masalah ini bisa diatasi dengan memberikan pelumas agar kembali normal.

3. Cengkraman rem terlalu kuat

Penyebab tarikan mobil matic terasa berat yang berikutnya yaitu akibat daya cengkram rem terlalu kuat. Permasalahan penyetelan daya cengkram rem mobil yang terlalu kuat ini lebih sering terjadi pada mobil dengan rem jenis tromol.

Apabila mengalami hal serupa, solusinya cukup mudah. OtoFriends hanya perlu menyetel ulang daya cengkram rem tromol agar tidak terlalu kuat.

4. Macetnya turbo vane

Turbo vane merupakan salah satu komponen dari turbo yang menjaga katup pengatur boosting dari turbo tetap berjalan lancar. Jika katup tersebut dalam posisi tertutup, aliran udara yang seharusnya masuk ke dalam mesin akan sulit dan terhambat.

Cara mengatasinya hanya bisa melalui pengecekan langsung di bengkel menggunakan komputer. Tujuannya agar dapat terlihat secara langsung katup yang tertutup dan perlu dibuka.

5. Catalytic converter tersumbat

Catalytic converter berfungsi untuk melakukan penyerapan gas polutan yang dihasilkan dari pembakaran mesin mobil. Tujuannya, agar gas yang dikeluarkan dari knalpot lebih aman.

Katalis harus rutin dibersihkan dan diperiksa kondisinya agar daya serap tetap stabil dan tidak tersumbat. Sebab, penyumbatan pada katalis bisa jadi penyebab tarikan mobil matic terasa berat.

6. Transmisi mobil bermasalah

Ada dua jenis transmisi mobil, yakni transmisi manual dan otomatis. Pada mobil matic, sistem transmisinya menggunakan transmisi otomatis yang sering jadi penyebab tarikan mobil terasa berat.

Hal itu bisa terjadi karena transmisi otomatis memanfaatkan roda gigi berbentuk plat lempengan pada sistem hidrolik. Perpindahan gigi akan terhambat ketika sistem transmisi otomatisnya terhimpit atau bahkan menempel.

Penyebab terhimpitnya transmisi otomatis tersebut dikarenakan kurangnya oli transmisi. Solusinya cukup ganti oli transmisi mobil dengan yang baru di bengkel.

7. AC mobil mengalami penyumbatan

Sirkulasi AC mobil yang bermasalah ini biasanya disebabkan oleh condenser atau dryer sistem AC yang tersumbat. Ketika baru menyalakan AC, gas pedal akan terasa berat saat diinjak dan AC tidak mengeluarkan udara dingin.

Bila hal itu terjadi, OtoFriends harus segera bawa mobil ke bengkel mobil untuk melakukan servis AC mobil.

Tips Mencegah Tarikan Mobil Matic Terasa Berat

Setelah tahu apa saja yang menjadi penyebab tarikan mobil matic terasa berat, OtoFriends perlu tahu juga bagaimana tips mengatasinya.

Gunakan bahan bakar yang berkualitas

Usahakan hindari mengisi bahan bakar dengan oktan rendah karena akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Selain itu, bahan bakar dengan nilai oktan rendah akan menimbulkan kerak pada mesin. Solusinya pilih bahan bakar yang memiliki oktan tinggi dengan nilai 92 ke atas seperti Pertamax.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

Ganti oli secara berkala

Sebagai pemilik mobil, salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan adalah mengganti oli mesin. Oli yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan sistem pelumasan pada bagian mesin menjadi tidak sempurna. Alhasil, tarikan mobil menjadi lebih berat dan mesin juga bisa menjadi lebih cepat panas.

Rutin melakukan perawatan

Terakhir, OtoFriends tentu harus melakukan perawatan mobil secara rutin. Perawatan mobil umumnya mencakup ganti oli, cek air radiator, dan cek ketinggian air aki.

Servis melalui aplikasi Otoklix tersedia berbagai layanan perawatan mobil seperti ganti oli, ganti aki, hingga detailing! Terdapat lebih dari 1000 bengkel terbaik yang tersedia untuk membantu merawat mobil.

Pertanyaan Seputar Penyebab Tarikan Mobil Matic Terasa Berat

Beberapa kondisi yang menyebabkan tarikan mobil terasa berat adalah kampas kopling mulai menipis, bearing roda seret, cengkraman rem terlalu kuat, macetnya turbo vane, catalytic converter tersumbat, transmisi mobil bermasalah, dan AC mobil tersumbat.

Transmisi mobil yang bermasalah dan menyebabkan tarikan mobil terasa berat bisa diatasi dengan mengganti oli transmisi.

Tarikan mobil terasa berat bisa diminimalisir dengan menggunakan bahan bakar berkualitas, mengganti oli secara berkala, dan rutin melakukan perawatan.