Alat cuci motor listrik tidak boleh digunakan sembarangan. Pasalnya, meski perawatan cuci motor listrik terbilang lebih mudah daripada motor konvensional, ada beberapa komponen motor listrik yang berisiko konslet apabila terendam air terlalu lama. Lantas bagaimana cara mencuci motor listrik yang benar dan bagaimana penggunaan alat cuci motor listrik yang tepat? Berikut Otoklix rangkum informasi selengkapnya.

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

4 Komponen Motor LIstrik yang Tidak Boleh Kena Air

Sebenarnya tidak ada cara khusus dalam mencuci motor listrik. Penggunaan alat cuci motor listrik juga hampir sama dengan alat cuci motor konvensional. Namun, ada beberapa bagian pada motor listrik yang disarankan tidak terkena semprotan air. Bagian tersebut antara lain:

  1. Colokan Baterai

Colokan baterai motor listrik memiliki peran penting dalam pengisian daya. Tidak hanya itu, colokan baterai ini juga berperan sebagai pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dan perangkat kelistrikan lain di motor. Oleh sebab itu, penting menjaga kondisi colokan baterai tetap kering meski sedang melakukan pencucian motor listrik. Sehingga aliran listrik tidak terganggu dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen mesin motor listrik lainnya.

  1. Baterai

Komponen rawan korslet lainnya adalah baterai. Komponen baterai motor listrik cukup sensitif apabila terkena siraman air. Disarankan pada saat menggunakan alat cuci motor listrik, OtoFriends tidak menggunakan air bertekanan tinggi dan menghindari menyiram tempat pengisian baterai. Menghindari korsleting bateri motor listrik terjadi, pastikan OtoFriends mengetahui letak tempat pengisian baterai dengan tepat. 

Sekedar informasi, baterai motor listrik memiliki arus tegangan tinggi saat terhubung. Oleh sebab itu, jika ingin melakukan bongkar pasang baterai untuk pengecekan atau isi ulang, lakukanlah dengan hati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Posisi saklar terletak berdampingan dengan baterai. OtoFriends cukup mencari bentuk saklar serupa saklar sekring rumah. Pastikan bagian tersebut selalu dalam kondisi kering untuk pemakaian motor listrik yang maksimal.

  1. Controller

COntroller motor listrik memiliki peran penting untuk menaikkan atau menurunkan kecepatan motor listrik. Komponen ini bisa di mengatur beberapa komponen motor lainnya dan juga melakukan pengecekan korsleting atau error pada komponen  motor listrik lainnya. Oleh sebab itu, controller motor listrik tidak boleh dibiarkan basah atau terkena siraman air. Gunakan alat cuci motor listrik dengan pelan dan hati-hati, untuk menghindari bagian controller motor listrik tetap dalam kondisi baik.

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

  1. MCB

MCB (Miniature Circuit Breaker) atau biasa dikenal dengan pemutus sirkuit miniatur memiliki peran penting untuk membatasi arus listrik ketika ada beban berlebih. MCB ini bekerja otomatis untuk memutus arus sehingga korsleting dapat dihindari. OtoFriends bisa mematikan saklar MCB terlebih dahulu dan beritahukan kepada petugas cuci motor listrik untuk tidak membersihkan bagian bagasi motor menggunakan air. Karena pada bagian tersebut terdapat komponen baterai yang rentan terkena air. 

Metode Cuci Motor Listrik yang Aman

Ingin motor listrik OtoFriends tampil kinclong dan bersih, ada beberapa metode cuci motor listrik yang aman yang bisa OtoFriends lakukan, yaitu:

  1. Steam di Tempat Cuci Motor

Pada dasarnya, mencuci motor listrik di tempat steam motor konvensional tidak disarankan, kecuali tempat steam motor listrik tersebut sudah memiliki keahlian khusus untuk mencuci motor listrik. OtoFriends bisa melakukan survei dan bertanya terlebih dahulu. Koordinasikan dengan bengkel atau tukang cuci yang bertugas agar tidak menyemprot bagian komponen motor listrik yang rawan konslet seperti colokan baterai, baterai, controller, dan juga MCB.

  1. Cuci Motor Listrik Mandiri

Cara kedua untuk mencuci motor listrik bisa OtoFriends lakukan secara manual. Alat cuci motor listrik sebenarnya cukup sederhana, hanya butuh lap, sabun, dan air bersih. Lakukan dengan mengelap setiap bagian dan komponen motor listrik secara perlahan. Hindari menyiram motor listrik langsung dengan air untuk menghindari risiko konsleting komponen.

Perawatan Motor Listrik di Otoklix

Penting untuk diketahui, motor listrik umumnya aman digunakan saat berkendara di tengah hujan atau menerjang banjir, namun sama halnya ketika mencuci motor listrik, pastikan air tidak sampai masuk ke dalam ruang baterai dan jangan terlalu sering berkendara melewati banjir. 

Otoklix, membantu menjawab kebutuhan pengguna motor listrik dari segi perawatan, kebutuhan spare parts dan cuci motor listrik. Kamu bisa kunjungi Bengkel Otoklix Simprug.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

Khusus bagi OtoFriends pecinta motor listrik Segway, Otoklix memberikan perawatan motor eksklusif, meliputi pemeriksaan berkala, penyediaan spare parts ORI, dan cuci motor listrik dengan penanganan teknisi profesional. Jaminan transparansi harga di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Jenis-jenis Motor Listrik

Sebenarnya tidak ada cara khusus dalam mencuci motor listrik. Penggunaan alat cuci motor listrik juga hampir sama dengan alat cuci motor konvensional. Namun, ada beberapa bagian pada motor listrik yang disarankan tidak terkena semprotan air.

Motor listrik umumnya aman digunakan saat berkendara di tengah hujan atau menerjang banjir, namun sama halnya ketika mencuci motor listrik, pastikan air tidak sampai masuk ke dalam ruang baterai dan jangan terlalu sering berkendara melewati banjir.

Dari segi perawatan, kebutuhan spare parts, kapasitas penumpang, pengisian daya, dancuci motor listrik.