PT Garuda Mataram Motor baru saja memperkenalkan Audi Q7 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang Selatan.

SUV satu ini cukup menarik perhatian para pengunjung di sana. Hal itu karena memiliki tampilan yang cukup gagah nan elegan.

Bagaimana tidak, Audi Q7 ini mengkombinasikan kemewahan dengan kualitas kepraktisan harian. Terlebih mobil ini sangat cocok dikendarai di perkotaan.

Sebab Audi Q7 ini diklaim memiliki kelincahan dan tingkat kepresisian yang tinggi. The New Q7 juga bisa tampil tenang dan penuh kenyamanan. 

Kemampuannya di medan off-road tak hanya diberikan dari ground clearance yang tinggi berkat teknologi suspensi udara, tapi juga sistem penggerak empat roda quattro yang dimilikinya. 

Baca Juga: Mobil Honda Terbaru 2022 – Brio RS Urbanite Edition

Interior

Jika berbicara kabin, Audi Q7 telah bertambah panjang hingga 11 mm, membuatnya menjadi SUV dengan panjang, ruang kaki dan ruang kepala terbesar di kelasnya. Ruang-ruang penyimpanan serta kemampuannya mengusung barang memberikan nilai fungsional yang tinggi.

Untuk menunjang kenyamanan, di dalam kabin dipasangkan AC empat sona yang dapat menyala dan menyesuaikan suhu di dalam secara otomatis. Lalu tersedia juga ambient light.

Selain itu kulit yang melapisi setiap joknya membuat kesan mewah mobil ini. Lampu baca pun juga tersedia untuk penumpang yang memiliki mobilitas tinggi.

Sedangkan pada sisi kemudi, mobil ini dilengkapi dengan smart key yang sudah keyless. Lalu ada paddle shift di belakang kemudi.

Fitur power steering pun juga sudah diberikan pada mobil ini. Dengan begitu sang pemilik akan merasa fun to drive dengan Audi Q7.

Pada bagian pengemudi dan penumpang disuguhkan dengan kabin berbalut kulit Cricket leather serta dasbor terbaru mengikuti desain Audi Q8.

Pada dasbor Q7 sudah disematkan fitur layar Multi Media Interface (MMI) berukuran 10,1 inci sebagai head unit.

pengemudi dan penumpang disuguhkan dengan kabin berbalut kulit Cricket leather serta dasbor terbaru mengikuti desain Audi Q8.

Pada dasbor Q7 sudah disematkan fitur layar Multi Media Interface (MMI) berukuran 10,1 inci sebagai head unit.

Audi Q7 juga telah dilengkapi panoramic glass sunroof, power latch door, Adaptive Air Suspension, Audi Pre-Sense Basic, kamera 360, dan seat heater.

Eksterior

The New Q7 juga bisa tampil tenang dan penuh kenyamanan. Kemampuannya di medan off-road tak hanya diberikan dari ground clearance yang tinggi berkat teknologi suspensi udara, tapi juga sistem penggerak empat roda quattro yang dimilikinya. 

Grille segi delapan Single Frame berukuran besar dengan enam garis vertikal seakan mengokohkan strukturnya, menunjukkan sosok SUV yang kuat. 

Kedua ventilasi udara di sisinya juga seakan menonjolkan sosok dengan ground clearance yang meyakinkan kemampuan off-roadnya. Di bagian belakang, garis chrome horizontal seakan menciptakan koneksi visual di antara kedua lampu belakang yang menunjukkan desain grafis teknikal yang unik.

Mobil baru Audi Q7 ini mendapatkan lampu depan LED desain baru. Q7 terbaru juga mendapatkan bumper depan, skirt samping, dan bumper belakang S-Line yang memperkuat kesan sporty-nya.

Oh iya, Q7 terbaru juga memiliki pelek desain 10-spoke bintang berwarna Graphite Gray berukuran 20 inci.

Mesin

The New Audi Q7 hanya ditawarkan dalam satu varian yaitu The New Audi Q7 3.0 TFSI quattro. Yang menyuguhkan jantung pacu berbahan bakar bensin V6 berkapasitas 3,0 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 340 HP dengan torsi puncak 500 Nm.

Baca Juga: Harga Mazda Biante 2022 dan Spesifikasinya

Output daya ini disalurkan ke empat rodanya melalui transmisi tiptronic 8-speed. Salah satu keunggulan yang ditawarkan The New Audi Q7 adalah penggunaan teknologi Mild-hybrid Electric Vehicle (MHEV) yang mengungkinkan terwujudnya konsumsi bahan bakar lebih hemat, hingga 0,7 liter per 100 km.

Harga

Di Indonesia, Audi menawarkan enam pilihan warna eksterior untuk New Audi Q7, yaitu Matador Red Metallic, Navarra Blue Metallic, Daytona Gray Pearlescent, Glacier White Metallic, Mythos Black Metallic dan Floret Silver Metallic.The New Audi Q7 3.0 TFSI quattro dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 2.192.000.000 (off –the-road).

Keunggulan Audi Q7

Salah satu keunggulan yang ditawarkan The New Audi Q7 adalah penggunaan teknologi Mild-hybrid Electric Vehicle (MHEV) yang mengungkinkan terwujudnya konsumsi bahan bakar lebih hemat, hingga 0,7 liter per 100 km.

Hal itu tentu membuat pemiliknya tidak terlalu sering mengisi BBM saat digunakan. Terlebih saat ini harga BBM tengah melonjak tinggi.

Kekurangan

Dengan bobot yang besar membuat Audi Q7 terasa sedikit limbung saat melahap jalan berliku. Namun, semua itu tidak terlalu berpengaruh dengan segala kemewahan yang dihadirkan.

Selain itu, dimensinya yang besar membuat mobil ini tidak cocok untuk Otofriends yang hidup di kota besar. Sebab, mobil ini tidak bisa bermanuver saat menerjang kemacetan dalam kegiatan sehari-hari.

Audi Q7 ini juga dirasa kurang pas bagi kalian yang tinggal di gang-gang sempit. Sebab, kalian akan kesulitan saat mengoperasikan mobil ini saat ingin keluar dari rumah.

Selain itu, harga mobil yang dibanderol sekitar Rp 2 miliar ini terbilang cukup mahal. Apa lagi harga tersebut masih bersifat off the road.

Baca Juga: Harga Mazda Miata 2022 dan Spesifikasinya

Lalu sparepart mobil ini juga bisa dibilang tidak murah. Akan tetapi semua itu akan terbayar dengan kenyamanan mobil ini.

Nah untuk kalian bagi pemilik mobil Audi Q7 dengan versi lama dan ingin melakukan perawatan berkala, tidak perlu khawatir lagi. Kini Otofriends bisa menemukan bengkel terdekat dengan harga transparan di website dan aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Audi Q7 Terdekat 

Audi meluncurkan SUV Q7 ini pada acara GIIAS 2022 pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Audi memasarkan mobil ini dengan harga Rp 2,2 miliar rupiah.

Pantas apabila harga mobil Audi sangat mahal, karena kualitasnya sudah terbukti hingga sekarang. Di Indonesia sendiri, Audi memiliki beberapa tipe mobil dengan harga 600 Jutaan sampai miliaran rupiah. Harga mobil Audi yang mahal tentu membuat mobil ini terkesan lebih eksklusif dibandingkan mobil asal Jepang.