Ban mobil benjol menjadi masalah baru bagi para pemilik mobil yang kurang melakukan perawatan. Kondisi ini terjadi karena putusnya benang ban sehingga tidak ada penahan tekanan. Akhirnya ban mobil menjadi benjol seperti bisul.

Ban mobil benjol apakah aman? ban mobil benjol bukan masalah sepele. Akibatnya mobil menjadi tidak nyaman saat dikendarai, paling parahnya bisa menyebabkan kecelakaan.

Agar ban mobil OtoFriends tetap aman dan nyaman, ketahui beberapa penyebab ban mobil benjol berikut ini.

Penyebab Ban Mobil Benjol

Ban mobil benjol terjadi bukan kebetulan, ada beberapa penyebab yang menjadikan ban mobil benjol.

1. Ban sering terkena benda keras dan tajam

Penyebab ban mobil benjol paling banyak dijumpai karena terkena benda keras dan tajam. Ketika ban mobil menghantam benda tajam, benang pada ban bisa putus. Paling parah bisa meninggalkan lubang pada ban.

Benang putus dan lubang yang ditinggalkan tersebut akan membuat ban menjadi benjol. Ini disebabkan karena benang tidak lagi menahan tekanan udara dalam ban.

Untuk itu selalu hati-hati saat berkendara, hindari jalanan berlubang dan benda-benda tajam yang ada di jalan.

2. Perubahan bentuk ban

Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Semakin sering digunakan, ban akan semakin tipis sehingga potensi muncul benjolan semakin besar. 

Saat ban mulai menipis dan terkena benda keras, benang lebih mudah putus dan ban lebih mudah benjol. Belum lagi saat tekanan angin ban mobil tidak sesuai, ban lebih mudah cepat rusak.

Pastikan selalu mengecek kondisi ban mobil, pastikan kembangannya masih bagus. Masa usia ban mobil ideal adalah 3 tahun, biasanya tercantum di kode produksi ban mobil. Meskipun kembangannya masih tebal, tetapi karet ban sudah mengeras dan tidak lentur lagi. Segera lakukan penggantian ban di bengkel ban langganan kamu.

3. Pengisian angin yang tidak tepat

Setiap ban memiliki rekomendasi pengisian angin yang sudah ditentukan oleh produsen ban. Letaknya pada dinding samping ban, tekanan angin menggunakan satuan Psi (Pound per square inch).

Rekomendasi tekanan ban mobil MPV 33-36 Psi, mobil sedan 30-33 Psi, mobil city car 30-33 Psi, mobil SUV 35-40 Psi. Saat melakukan pengisian angin, pastikan sesuai dengan standar tersebut. Jika tekanan ban sudah turun di bawah standar, segera lakukan pengisian angin. Tetapi jangan sampai mengisi angin melebihi standar ban.

Saat ban kempes, ban akan lebih mudah rusak bila terkena benda keras dan tajam. Sebaliknya, saat ban diisi angin berlebih, saat terkena panas tekanan ban akan meningkat sehingga benang rawan putus. Untuk itu selalu pastikan tekanan ban sudah sesuai standar.

4. Suspensi mobil keras atau mati

Suspensi menjadi penyebab ban mobil benjol, kok bisa? Saat suspensi rusak, peredaman getaran mobil saat melewati jalanan rusak tidak berfungsi. Kerusakan suspensi membuat mobil menjadi terasa keras dan bantingan tidak enak.

Nah saat itulah ban bekerja dengan lebih keras, sehingga ban mobil menjadi lebih beresiko rusak. Saat suspensi rusak, sebaiknya kamu lebih pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan yang tidak rata agar ban mobil tidak cepat rusak.

Baca juga: Tips Memilih Bengkel Ban Mobil dan Rekomendasi Terbaik

Bahaya Ban Mobil Benjol

Jangan pernah meremehkan ban benjol, walaupun secara fungsi masih bisa kamu gunakan untuk bepergian. Namun OtoFriends perlu waspada karena ada resiko besar yang menunggu. Berikut bahaya dari ban mobil benjol:

1. Berkendara menjadi tidak nyaman

Saat ban mobil mengalami benjol, berkendara menjadi tidak nyaman. Kamu akan merasakan seperti melewati jalanan yang bergelombang terus menerus. Sebenarnya memaksakan menggunakan ban benjol selain tidak nyaman juga tidak aman.

Segera lakukan penggantian ban mobil baru saat menemukan benjolan pada mobil, termasuk benjol samping. Jangan tunggu waktu, karena bisa membahayakan para penumpang mobil.

2. Mudah bocor

Saat ban mobil benjol, kekuatannya akan berkurang karena benang penahannya sudah tidak ada. Saat terkena benda tajam atau keras, ban mobil mudah bocor.

Tidak hanya ban mobil biasa, ban tubeless mobil juga bisa bocor. Agar tidak bocor saat di jalan, ada baiknya untuk segera mengganti ban baru saat ban sudah mulai benjol.

3. Pecah ban

Ban mobil benjol beresiko menyebabkan ban mobil pecah, sehingga terjadi kecelakaan. Untuk itu selalu berhati-hati saat mengendarai mobil keadaan ban benjol dan segera ganti ban mobil baru.

Otoklix menyarankan saat ban mobil sudah benjol segera lakukan penggantian ban baru. Ban mobil yang benjol memiliki permukaan lebih tipis dan tidak ada penahan benang, sehingga rentan bocor bahkan pecah.

Agar ban mobil tetap awet, kamu bisa melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini.

Baca juga: Jangan Lengah! Ini Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Cara Mencegah Ban Mobil Benjol

Ban mobil benjol bisa diperbaiki dengan menggunakan metode tip-top, yaitu tambal ban dari dalam. Tetapi kondisi ini hanya bisa dilakukan untuk keadaan darurat saja. Saat sudah ketemu bengkel, kamu bisa langsung mengganti dengan ban baru.

Ada beberapa cara untuk mencegah ban mobil benjol, berikut pembahasannya:

  1. Gunakan ban berkualitas

Cara mencegah ban mobil benjol adalah dengan menggunakan ban berkualitas. Kamu bisa melakukan konsultasi atau mencari rekomendasi ban berkualitas dari review pengguna.

Setelah mendapatkan merk dan tipe ban, segera pergi ke toko ban terdekat, pastikan ban yang kamu beli original.

  1. Mengisi angin sesuai rekomendasi

Saat melakukan pengisian angin, pastikan menggunakan Psi meter. Jadi kamu bisa tahu berapa tekanan ban saat ini, bukan hanya kira-kira saja. Tidak ada aturan harus menggunakan angin atau nitrogen, yang terpenting sesuai rekomendasi saja. 

  1. Berkendara dengan hati-hati

Jalanan di Indonesia belum sepenuhnya bagus, masih ditemui jalanan yang rusak. Untuk itu selalu berhati-hati saat berkendara. Hindari lubang jalan yang bisa membuat ban rusak.

  1. Hindari overload penumpang/barang

Setiap mobil memiliki batas muatan yang direkomendasikan. Agar ban mobil awet hindari overload penumpang atau barang.

Contohnya mobil Kijang Innova memiliki berat maksimum 2.130 Kg, sementara berat mobil kosong 1.225 Kg. Jadi batas muatan yang bisa diangkut sebesar 605 Kg. Angka ini didapatkan dari berat maksimum dikurangi berat kosong.

Saat mobil kelebihan muatan, ban akan bekerja lebih keras sehingga sangat mudah cepat habis dan rawan rusak. 

  1. Lakukan perawatan rutin

Terakhir, selalu lakukan perawatan rutin ban mobil dengan mengecek kondisi kembangan ban. Pastikan juga tekanan angin ban dalam posisi aman sesuai rekomendasi. Dan lakukan penggantian ban saat ban sudah mulai tipis atau usia lebih dari 3 tahun.

Setelah mengetahui penyebab dan bahaya dari ban mobil benjol, sebaiknya kamu mulai merawat ban mobil. Jangan ragu untuk segera mengganti ban mobil yang benjol. 

Lewat aplikasi Otoklix, kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terdekat, termasuk keperluan ganti ban mobil.

Pertanyaan Seputar Ban Mobil Benjol 

Ban benjol masih bisa diperbaiki dengan metode tambal ban dari dalam atau tip-top. Namun, lebih baiknya ganti ban baru agar lebih aman.

Ban yang sudah benjol sebenarnya tidak aman untuk digunakan, karena cenderung lebih mudah bocor dan rawan ban meledak sehingga menyebabkan kecelakaan.

Ban benjol tidak bisa diperbaiki lagi kecuali untuk kondisi darurat. Ban benjol harus diganti dengan yang baru. Apabila ditambal pun tidak akan bisa menjamin ban bisa digunakan dengan baik. Karena ban benjol akan merembet terus robekannya.