Toyota Calya cukup populer di Indonesia pada kelas mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), berapa konsumsi BBM Calya? Apakah benar konsumsi bahan bakar mobil Calya irit?

Dalam memilih kendaraan bermotor roda 4, selain mempertimbangkan fitur yang dimiliki kendaraan tersebut kita mesti mempertimbangkan penggunaan bahan bakar kendaraan untuk jangka panjang. 

Apalagi bila kita tinggal di tengah ibu kota yang terkenal dengan kepadatan dan kemacetan lalu lintasnya. Benarkah konsumsi BBM Calya mencapai 20 km/liter? Berikut ini fakta-faktanya.

Baca juga: Konsumsi BBM Ayla Terbaru 2023, Capai 25 Km/Liter

Konsumsi BBM Calya

Toyota Calya termasuk mobil LCGC keluaran Toyota yang diklaim irit BBM yang mampu menampung penumpang maksimal 7 orang.

Toyota membekali mobil Calya dengan mesin berkode 3NR-VE dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc 4 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 Ps pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.

Terdapat 2 pilihan transmisi yang bisa kita pilih yakni transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan yang menggerakkan roda depan.

Ada kriteria khusus yang harus dimiliki mobil untuk masuk ke dalam kategori mobil LCGC. Mobil LCGC terkenal sebagai mobil ramah lingkungan dan irit konsumsi bahan bakar sehingga salah satu indikator atau kriteria mobil LCGC adalah konsumsi BBM. 

Kriteria mobil LCGC salah satunya mobil tersebut tercatat memiliki konsumsi BBM sekitar 1:20 km/liter.

Untuk pemakaian dalam kota, Toyota Calya mengonsumsi BBM sekitar 1:14 km/liter. Angka ini sudah memenuhi kriteria sebagai mobil LCGC. Pada kondisi tertentu, mobil Calya bisa saja boros BBM tetapi hanya di angka 1:!2 km/liter.

Baca juga: Harga Toyota Calya 2022 dan Spesifikasi Lengkap!

Perbandingan Konsumsi Toyota Calya Matic dan Manual

Berdasarkan uji coba yang dilakukan mencatatkan konsumsi BBM Calya dalam kota mulai dari 13,9 km/liter, sedangkan pemakaian luar kota sebesar 28,4 km/liter. 

Adapun konsumsi rata-rata BBM Calya sekitar 15-17 km/liter untuk penggunaan wilayah perkotaan dan penggunaan jalur bebas hambatan sebesar 21,4 km/liter.

Menariknya, walaupun spesifikasi mesin mobil Calya matic dan manual gak ada bedanya. Akan tetapi hasil pencatatan konsumsi BBM kedua transmisi ini berbeda cukup signifikan.

Berikut ini tabel perbandingan konsumsi Toyota Calya untuk transmisi otomatis dan manual dengan kecepatan yang sama yakni kecepatan 100 km/jam dan 60 km/jam.

Rute atau WilayahCalya MaticCalya Manual
Dalam kota dengan sistem Stop & Go13,9 km/liter13,9 km/liter
Luar kota19,2 km/liter17,4 km/liter
Kecepatan konstan 100 km/jam20,7 km/liter19,2 km/liter
Kecepatan konstan 60 km/jam25,8 km/liter28,4 km/liter

Tips Efisiensi Konsumsi BBM Toyota Calya

Terlepas dari pembuktian konsumsi BBM Calya yang irit, namun bila cara kita berkendara masih keliru maka potensi konsumsi BBM boros tetap bisa saja terjadi.

Misalnya saja sering memacu kecepatan kendaraan dengan maksimal dan menginjak pedal rem secara mendadak. Kebiasaan buruk ini dapat memberi dampak terhadap konsumsi BBM jadi lebih boros.

Belum lagi bila kita melintas di medan jalan yang berbelok atau menanjak-menurun dan penggunaan AC mobil kurang bijak juga menjadi penyebab borosnya konsumsi BBM mobil.

Dari sisi dapur pacunya, spesifikasi mesin mobil Calya juga kurang mumpuni untuk melaju dengan kencang. Keluaran tenaga maksimalnya 88 Ps dan capaian torsi 108 Nm merupakan karakter mobil LCGC sehingga putaran mesinnya lambat.

Baca juga: Daftar Mobil LCGC Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

Namun, agar dapur pacunya lebih optimal maka perhatikan proses perawatan mobil rutin secara berkala seperti ganti oli mobil, memeriksa rutin kondisi aki mobil, memeriksa cairan pelumasan mobil secara menyeluruh hingga rutin melakukan servis tune up setiap 6 bulan sekali.

Walaupun kita sibuk bekerja, kita tetap bisa memperhatikan perawatan mobil melalui smartphone. Salah satu bengkel unggulan, Bengkel Otoklix, memiliki layanan khusus di dalam aplikasi Otoklix yang memudahkan kita untuk melihat riwayat servis kendaraan secara online melalui aplikasi.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Segera download aplikasi Otoklix dan lakukan booking service secara online.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Calya :


Pada kondisi tertentu, mobil Calya bisa saja boros BBM tetapi hanya di angka 1:!2 km/liter. Akan tetapi, hal tersebut tergantung kondisi medan jalan dan bagaimana cara kita berkendara.


Adapun konsumsi rata-rata BBM Calya sekitar 15-17 km/liter untuk penggunaan wilayah perkotaan dan penggunaan jalur bebas hambatan sebesar 21,4 km/liter.


Penyebab bensin mobil Calya boros antara lain sering memacu kecepatan kendaraan dengan maksimal dan menginjak pedal rem secara mendadak, melintas di medan jalan yang berbelok atau menanjak-menurun serta penggunaan AC mobil kurang bijak.