Kita perlu tahu cara membersihkan kerak sel aki karena aki adalah komponen penting pada mobil. Tanpa aki yang berkualitas, performa mobil bisa terhambat atau bahkan bisa mogok mendadak. Kerak ini bisa muncul seiring dengan pemakaian. Mari kita simak pembahasan tentang penyebab munculnya kerak pada aki dan cara membersihkan.

Penyebab Munculnya Kerak Aki

Sebelum membahas cara membersihkan kerak sel aki, kita perlu tahu dulu apa penyebab kerak ini muncul. Ada sejumlah alasan yang menjadi penyebab munculnya kerak aki. Kerak ini lama kelamaan bakal mengganggu kinerja aki. Warnanya seperti muncul serbuk putih di kepala aki, biasanya di kutup positif. Ini dia penyebab-penyebabnya.

1. Overcharge aki

Kerak pada aki bisa disebabkan karena overcharge. Sebab, ada ketidakseimbangan proses pengisian dari alternator ke dalam aki. Overcharge bakal memberikan reaksi kimia pada aki yang bisa membuat suhu terminal jadi lebih panas. Kemudian, panas dari kutub aki ini mengikat senyawa penyebab kerak dan berkumpul di kutub terminal aki. Lama kelamaan jumlahnya bisa makin banyak dan menyebabkan korosi pada aki.

Awalnya kerak ini berwarna putih. Namun, saat mesin mobil dimatikan dan kendaraan diparkir di suhu dingin, bakal terjadi pengembunan di kerak putih. Embun itu bakal mengumpul dan membuat tembaga di terminal aki jadi berkarat. Karat ini biasanya berwarna hijau kebiruan yang merupakan campuran residu aki dan karat tembaga.

2. Volume air aki melebihi batas maksimal

Penyebab kedua adalah volume air yang diisi melebihi batas maksimal atau upper level. Biasanya kita menambah air aki pada aki basah. Kalau kelebihan air aki, kepala aki bakal jadi panas dan mempercepat pertumbuhan jamur. Jadi, kondisi ini harus segera diatasi dengan cara dibersihkan.

Kerak putih kebiruan ini biasanya terbentuk juga pada sambungan aki. Adanya kerak aki menjadi penghalang arus listrik dari aki ke komponen listrik. Kerak ini biasanya terbentuk saat aki sedang diisi. Kerak terdiri dari belerang yang juga ditemukan di air aki. Kemungkinan kelebihan belerang ini juga keluar dari lubang terminal aki lalu menempel di terminal aki karena suhu aki yang sangat tinggi.

Jadi, bagaimana cara membersihkan kerak sel aki ini?

Baca juga: Mengenal Aki Basah dan Aki Kering Serta Perawatannya

Cara Membersihkan Kerak Sel Aki dengan Mudah

Setelah menyimak tentang penyebab timbulnya kerak sel aki, kita bakal bahas tentang cara membersihkan kerak sel aki dengan mudah. Ikuti langkahnya!

1. Persiapkan alat dan bahan

Beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan di antaranya adalah:

  • Air panas dengan suhu 70 derajat celcius. Namun, sebetulnya terlalu banyak menyiram aki dengan air panas juga tidak terlalu dianjurkan. 
  • Sikat gigi.
  • Kunci pas nomor sepuluh atau kunci ring. Alat ini digunakan untuk melepas terminal aki.
  • Grease atau gemuk. Fungsi dari grease adalah untuk mempermudah pemasangan dan pelepasan tiang aki selanjutnya.
  • Kain lap kering untuk mengelap cairan yang menetes ke bagian yang tidak diinginkan.

2. Lepaskan kutub positif dan negatif.

Sebaiknya hati-hati saat melepas aki dari kutub positif dan negatifnya. Namun, sebelum melepas aki dari mobil, sebaiknya cari tahu dulu apakah mobil OtoFriends bisa dilepas aki lebih dari 5 menit. Pasalnya ada beberapa kendaraan yang otomatis mereset manual ECU kalau melepas aki lebih dari waktu yang ditentukan.

3. Siram dengan air panas

Setelah aki terlepas, sekarang saatnya menyiram aki pakai air panas. Siram pada kutub positif dan negatifnya. Hati-hati mengenai anggota tubuh. Kemudian, gosok bagian tersebut memakai sikat gigi secara lembut. Tujuannya supaya kerak di celah sempit bisa terangkat juga. 

4. Berikan grease atau gemuk

Membersihkan pakai cara ini memang bisa bertahan lama. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, OtoFriends juga bisa memberikan grease atau gemuk supaya kerak dan jamur tidak mudah timbul.

5. Pasang kembali aki

Setelah proses cara membersihkan kerak sel aki sudah selesai dilakukan, aki bisa dipasang kembali pada kendaraan.

Itu dia cara membersihkan kerak sel aki. Kebersihan aki memang bisa memengaruhi energi listrik untuk menghidupkan mobil. Selain mengecek fisik aki, apakah berkerak atau berjamur, aki juga perlu rutin dicek tegangannya.

Baca juga: 12 Cara Merawat Baterai Aki Agar Lebih Awet

Bolehkah Membersihkan Aki Berkerak Menggunakan Air Panas?

Sebelum membahas apakah aki boleh disiram air panas, kita bahas dulu fungsi penting dari aki. Aki adalah baterai bagi mobil yang fungsinya menyimpan kebutuhan energi listrik. Sehingga, komponen kelistrikan bisa menyala, seperti lampu, sistem elektrik, dan dinamo starter. Banyak jenis aki, salah satunya adalah tipe aki basah yang isinya menggunakan cairan asam sulfat. Cairan ini yang bisa menciptakan reaksi kimia untuk menghasilkan arus listrik.

Seiring penggunaan aki, masa ekonomis aki bakal habis. Bakal terlihat kerusakan di beberapa bagian. Banyak yang mengakali keausan aki tersebut menggunakan air panas. 

Namun, apakah cara tersebut benar dan efektif?

Menyiram air panas ke aki memang lazim dilakukan. Namun, cara tersebut kurang tepat kalau air panas digunakan untuk menguras bagian dalam aki. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan cara menuangkan aki dengan air panas dan mengocoknya. Penggunaan air panas untuk menguras aki dianggap bisa merontokkan kotoran pada aki sehingga aki kembali sehat.

Air panas ini memang bisa merontokkan kotoran yang menempel pada timah aki. Akan tetapi, bukan berarti kondisi aki bisa seperti baru lagi. Sebab, kotoran yang rontok itu adalah timah yang sudah rusak. Timah yang sudah rusak ini memang tidak akan bisa bekerja normal kembali. Elemen timak ini bereaksi terhadap asam sulfat untuk menghasilkan arus listrik. Timah pada aki ini wajar terjadi seiring usia pemakaian aki.

Baca juga: Daftar Bengkel Aki Jabodetabek dan Tips Merawat Aki

Kesimpulan Cara Membersihkan Kerak Sel Aki

Menyiram kutub aki menggunakan air panas boleh dilakukan. Menguras aki menggunakan air panas juga boleh dilakukan. Keduanya adalah cara membersihkan kerak sel aki secara mudah. Namun, fungsinya tetap tidak akan kembali seperti awal. Performa aki tetap tidak bisa kembali seperti semula.

Selain itu, menyiram atau mengisi aki dengan air panas juga tidak boleh terlalu sering. Sebab, mungkin bisa merusak fisik aki yang terbuat dari plastik. Sebagaimana yang kita tahu, dalam keadaan tertentu, plastik tidak bisa tahan terlalu kuat terhadap air panas. Untuk menjaga usia pakai aki, kita perlu merawat aki dengan baik. Misalnya dengan mengefektifkan penggunaan listrik pada mobil, tidak memakai banyak komponen listrik saat modifikasi, memanaskan mobil yang jarang digunakan, dan sebagainya.

Mengingat cara membersihkan kerak sel aki tidak selalu efektif, sebaiknya kita ganti aki baru kalau sudah aus atau usia pakainya sudah habis. Ganti aki bisa dilakukan di Otoklix. Temukan bengkel aki melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan Kerak Sel Aki

Mencuci aki dengan air panas diperbolehkan, tetapi bukan berarti membuat performa aki terasa seperti baru lagi.

Bisa, caranya adalah dengan mengisi aki menggunakan air aki dan mengisi tegangannya.

Air aki yang menghitam dan keruh disebabkan oleh sel timah yang sudah rusak lalu rontok ke air aki.