Kehadiran Suzuki Baleno Facelift 2022 diprediksi bakal semakin dekat. Menurut bocoran, Suzuki Baleno Facelift 2022 akan meluncur di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus besok.

Namun, sebelum mengetahui seperti apa sosok Suzuki Baleno terbaru ini, alangkah baiknya untuk flash back sebentar mengenai sepak terjang Suzuki Baleno di Indonesia.

Sejarah Suzuki Baleno di Indonesia

1. Suzuki Baleno Generasi Pertama

Suzuki Baleno melakukan debutnya di Indonesia di tahun 1995. Tampilannya yang futuristik di masa itu diklaim mampu menyaingi rival-rivalnya seperti Toyota All New Corolla dan Honda Civic Ferio sebagai penguasa kelas sedan saat itu.

Mesin yang digunakan Suzuki Baleno generasi pertama tersebut berkode G16B SOHC segaris 4-silinder, 16-valve berkapasitas 1.600 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 97 hp dan torsi 127 Nm. Sementara transmisinya yakni manual 5-percepatan.

2. Suzuki Baleno Generasi Kedua

Memasuki tahun 2003, Suzuki menghadirkan generasi kedua dari sedan Baleno. Di tahun tersebut tampilan sedan ini benar-benar berubah terutama di bagian bodi dan sasisnya. Mengusung nama Baleno Next-G, interior mobil ini terlihat futuristik berkat panelmeter model digital. Kabinnya pun jauh lebih lega dibanding generasi sebelumnya. Sudah ada ABS+EBD meski belum dilengkapi dual SRS airbag. 

Jantung pacunya dibekali mesin M15A DOHC dan sistem VVT sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 hp 140 Nm. Transmisi tetap dipertahankan yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Namun, pada tahun 2005, Suzuki Baleno generasi kedua mengalami perubahan minor atau bisa disebut facelift. Paling jelas terlihat pada aero-kit yang jelas berubah bentuk secara total, mulai dari bentuk yang luwes hingga versi facelift-nya yang mengadopsi bentuk mengotak.

3. Suzuki Baleno Generasi Ketiga

Selang 3 tahun kemudian atau pada 2008, Suzuki kembali menyegarkan Baleno dengan nama Neo Baleno. Bentuknya didesain jauh lebih modern ketimbang versi sebelumnya dengan lampu utama memanjang dari fender ke kap mesin. Garis bodinya pun lebih berbentuk bundar khas Baleno pada generasi awal namun dengan bodi yang lebih bongsor. 

4. Suzuki Baleno Generasi Keempat

Suzuki akhirnya mengenalkan Baleno generasi keempat untuk pertama kalinya di ajang Frankfurt Motor Show 2015. Namun, baru 2017 mobil ini diboyong ke Indonesia. Untuk pasar Indonesia, Suzuki Baleno ini punya perubahan yang sangat signifikan. Pasalnya, desain Suzuki Baleno yang tadinya berbentuk sedan kini berubah menjadi hatchback. 

Menggunakan platform baru heartect, Suzuki Baleno generasi keempat ini tersedia dalam 4 opsi mesin yakni 1.000 cc Boosterjet I3 turbo, 1.200 cc Dualjet I4 NA dengan SHVS dan 1.200 cc Dualjet biasa. Sementara di Indonesia, menggunakan mesin K14B 1,4-liter dan transmisi manual 5-percepatan maupun otomatis 4-percepatan, sudah digunakan lebih dulu oleh Suzuki Ertiga.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Suzuki di Bengkel Resmi Tipe Tertentu

Spesifikasi Suzuki Baleno Facelift 2022

Seperti diketahui, Suzuki Baleno Facelift 2022 sudah lebih dulu diluncurkan di India awal 2022 lalu. Kemungkinan mobil ini akan mengaspal di Indonesia pada Agustus 2022. Biasanya, menjelang peluncuran banyak spyshoot terkait Suzuki Baleno Facelift 2022 baik yang berkamuflase di Indonesia maupun dari segi fisik yang sudah ada di India.

1. Eksterior

Tampilan eksterior Suzuki Baleno Facelift 2022 mendapatkan perubahan desain mulai dari gril depan yang nampak lebar dengan kisi-kisi udara. Tampilan lampu utamanya, bemper dan lampu kabut yang juga berubah namun tidak signifikan. Bagian lain yang juga terlihat berubah yakni desain velg, bentuk lampu belakang dan juga lekuk bemper belakang.

2. Interior

Selanjutnya, bagian interior Suzuki Baleno Facelift 2022 mengalami perombakan yang cukup besar. Paling mencolok yakni penggunaan kombinasi warna biru dan hitam di dashboard, door trim dan jok.

Tak hanya itu, layout dashboard-nya juga berubah total dengan adanya pemasangan lingkar kemudi baru model flat bottom berlapis kulit. Terdapat nuansa premium di bagian bawah setir dengan warna silver.

Baca Juga: Segini Biaya Perbaikan Interior Mobil dan Rekomendasi Tempat Servicenya

3. Jantung Mekanis

Soal mesin, kemungkinan Suzuki membawa mesin berkapasitas 1.200 cc untuk Baleno terbaru ini ke Indonesia. Tenaga yang dimuntahkan dari mesin tersebut yakni 94 hp dan torsi 113 Nm. Sementara transmisinya otomatis AMT dan opsi manual 5-percepatan.

Alasan Suzuki menggunakan mesin ini lantaran diklaim sangat irit bahan bakar. Pembuktian ini juga sudah diuji di India yang mana untuk model transmisi manual konsumsi BBM-nya mencapai 22,35/liter. Sedangkan transmisi otomatisnya mengonsumsi bahan bakar 22,94 km/liter.

4. Harga

Sampai saat ini, belum ada bocoran harga untuk Suzuki Baleno Facelift 2022 di Indonesia. Sementara di India, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp122 jutaan sampai Rp180 jutaan. Jika sampai di Indonesia, kemungkinan harganya naik Rp50 jutaan untuk pajak dan lain sebagainya.

Baca Juga: Daftar 25 Mobil Kecil dengan Harga di Bawah 300 Juta

Meski Suzuki Baleno Facelift tergolong mobil baru, jangan luput untuk melakukan perawatan atau servis secara berkala di bengkel terdekat dan terpercaya. Percayakan mobil Anda di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Suzuki Baleno Facelift 2022

Kemungkinan, Suzuki bakal menghadirkan Suzuki Baleno Facelift 2022 di ajang GIIAS 2022.

Harganya diperkirakan mencapai Rp200 jutaan di Indonesia. Sementara di India banderolnya mulai dari Rp122 jutaan sampai Rp181 jutaan.

Memasuki akhir 2000, Suzuki Baleno sengaja memanjakan konsumennya dengan merilis transmisi otomatis