Mobil 4 Wheels Drive atau mobil 4WD merupakan jenis mobil yang kini banyak diminati oleh masyarakat. Mobil 4WD dianggap memiliki kekuatan lebih jika membandingkannya dengan beberapa jenis mobil lainnya yang ada saat ini.

Saat ini rasanya hampir semua pabrikan mobil mempunyai setidaknya satu atau lebih mobil 4WD yang mereka jual di pasar. Di Indonesia sendiri, ternyata banyak masyarakat yang menyukai mobil jenis ini dan bahkan ada komunitas tersendiri untuk mobil jenis ini di Indonesia.

Apa itu mobil 4WD dan apa yang membuatnya berbeda dari jenis mobil lainnya? Lalu bagi OtoFriends yang tertarik untuk memiliki mobil jenis ini, apa sajakah rekomendasi mobil 4WD terbaik saat ini? Kali ini Otoklix akan menjawab dua pertanyaan tersebut untuk OtoFriends, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Mobil 4WD

Secara umum mobil 4WD adalah mobil yang memiliki sistem penggerak roda pada keempat roda mobil tersebut. Saat ini ada beberapa sistem penggerak roda mobil seperti 2WD yang terbagi menjadi RWD yang menggunakan sistem penggerak dua roda belakang, dan FWD yang menggunakan sistem penggerak dua roda depan, 4WD serta AWD atau All Wheel Drive.

Jenis mobil ini dianggap memiliki kekuatan lebih besar jika membandingkannya dengan mobil 2WD. Mobil dengan jenis ini juga sering kali adalah sebuah mobil dengan ukuran besar dan diciptakan agar dapat melewati medan perjalanan yang cukup berat bagi sebuah mobil.

Mobil 4WD sering kali disamakan dengan AWD atau All Wheel Drive, padahal ada perbedaan pada kedua jenis mobil ini. Jika AWD adalah mobil yang hanya memiliki sistem penggerak pada keempat roda mobil, mobil 4WD memiliki pilihan apakah ingin menggunakan sistem penggerak pada empat roda mobil, atau dua roda mobil saja baik dua roda depan ataupun dua roda belakang.

Daftar Mobil 4WD Terbaik

Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu mobil 4WD, bagi OtoFriends yang tertarik memiliki jenis ini, berikut adalah beberapa rekomendasi mobil 4WD terbaik saat ini.

1. Toyota Hilux

Rekomendasi mobil 4WD yang pertama datang dari pabrikan mobil Toyota, yaitu Toyota Hilux. Toyota mengawali produksi Toyota Hilux pada tahun 2009. Toyota Hilux termasuk pelopor mobil 4WD di Indonesia dan kini harga Toyota Hilux di pasar adalah sekitar Rp250 sampai Rp490 Jutaan tergantung tipe.

Dengan sistem penggerak roda 4WD, Toyota hilux ini memiliki tenaga yang besar untuk melewati berbagai medan perjalanan yang berat. Salah satu keunikan mobil ini adalah memiliki desain seperti mobil pickup pada bagian belakang mobil yang dapat menampung barang lebih banyak.

2. Toyota Fortuner

Rekomendasi mobil 4WD yang kedua dan masih dari pabrikan Toyota adalah Toyota Fortuner. Toyota Fortuner pertama kali muncul pada tahun 2005 di pasar Indonesia dan kini telah sudah terdapat beberapa generasi Toyota Fortuner yang ada di Indonesia karena Toyota Fortuner merupakan salah satu mobil 4WD tipe SUV atau Sport Utility Vehicle yang sangat laris di Indonesia.

Dengan sudah terdapat banyaknya generasi Toyota Fortuner di Indonesia, untuk harga Toyota Fortuner generasi terbaru adalah sekitar Rp500 Jutaan, sementara untuk generasi sebelumnya, harga bekasnya adalah sekitar Rp140 Jutaan untuk generasi pertama.

Baca Juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

3. Toyota Land Cruiser

Selain Toyota Hilux dan Toyota Fortuner, rekomendasi mobil 4WD dari Toyota yang terakhir adalah Toyota Land Cruiser. Toyota Land Cruiser pertama kali diproduksi pada tahun 2000-an dan bertahan selama beberapa generasi hingga kini sudah terdapat generasi terbaru Toyota Land Cruiser 2022 yang hadir dengan dua variasi yaitu Toyota Land Cruiser VX-R dan Toyota Land Cruiser GR-S.

Toyota Land Cruiser juga termasuk salah mobil mewah dengan tipe SUV, untuk generasi terbaru Toyota Land Cruiser harganya mencapai lebih dari Rp2 Miliar. Sementara untuk generasi sebelumnya harga bekasnya sekitar Rp600 Jutaan di pasar Indonesia.

4. Mitsubishi Pajero

Selain pabrikan mobil Toyota, pabrikan mobil Mitsubishi juga mengeluarkan mobil 4WD di Indonesia, salah satu yang paling laris saat ini adalah Mitsubishi Pajero. Mitsubishi Pajero merupakan salah satu lawan kuat Toyota Fortuner di pasar otomotif Indonesia. 

Mitsubishi Pajero memiliki sejarah yang cukup panjang di pabrikan mobil Mitsubishi, pertama kali diperkenalkan pada acara Tokyo Motor Show tahun 1973, dan bertahan sampai saat ini setelah melewati beberapa generasi. Salah satu tipe Mitsubishi Pajero yang laris di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport dengan harga barunya mulai dari Rp650 Jutaan.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Pajero Sport 2022, Fitur Canggih dan Mewah

5. Mitsubishi Triton

Selain Mitsubishi Pajero, ada juga rekomendasi lainnya dari Mitsubishi yaitu Mitsubishi Triton. Mitsubishi Triton memiliki tampilan luar yang mirip dengan Toyota Hilux, yaitu sama-sama memiliki desain seperti mobil pickup dengan kabin belakang yang cukup luas. Bahkan kabin belakang ini bisa digunakan untuk menaruh motor, seperti motor trail atau motor lainnya.

Harga Mitsubishi Triton untuk generasi terbaru mulai dari Rp270 hingga Rp420 Jutaan. Sementara untuk harga bekasnya mulai dari Rp155 Jutaan untuk generasi Mitsubishi Triton tahun 2012.

6. Suzuki Jimny

Berbeda dengan beberapa mobil 4WD sebelumnya yang memiliki ukuran yang cukup besar, Suzuki Jimny atau Jimny Katana ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Suzuki Jimny juga memiliki sejarah yang cukup panjang di pabrikan mobil Suzuki, dimulai pada tahun 1970 dan hingga kini sudah ada empat generasi mobil Suzuki Jimny.

Meskipun berukuran lebih kecil dari pada beberapa sebelumnya, Suzuki Jimny tentunya memiliki kemampuan tenaga dan ketangguhan yang sangat baik. Harga Suzuki Jimny untuk generasi paling terbaru adalah mulai dari Rp400 Jutaan, sementara untuk generasi sebelumnya, harga bekasnya mulai dari Rp190 Jutaan untuk generasi tahun 2006.

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Katana Bekas? Kenali Berbagai Modelnya

7. Ford Ranger

Tidak kalah dengan beberapa pabrikan mobil lainnya, pabrikan mobil Ford juga menghadirkan mobil 4WD yang sangat tangguh yaitu Ford Ranger. Ford Ranger juga memiliki kabin yang cukup luas pada bagian belakang.

Untuk generasi Ford Ranger paling terbaru memiliki harga mulai dari Rp460 Jutaan, sementara untuk generasi sebelumnya, harga bekasnya mulai dari Rp120 Jutaan untuk Ford Ranger generasi tahun 2009.

8. BMX X Series

Pabrikan mobil mewah BMW ternyata juga menghadirkan mobil 4WD, mobil BMW tersebut adalah BMW X Series. BMW X Series sendiri terdiri dari berbagai tipe, mulai dari BMW X1, BMW X2 hingga BMW X7 dan bahkan terdapat tipe BMW iX.

Karena BMW termasuk pabrikan mobil mewah, harga mobil BMW X Series tentunya juga cukup mahal. Untuk BMW X1 generasi paling terbaru harganya adalah Rp870 Jutaan dan untuk tipe lainnya tentu harga lebih mahal dan mencapai miliaran rupiah. Namun tentunya sudah ada banyak generasi sebelumnya yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah BMW X5 tahun 2003 yang harga bekasnya mulai dari Rp160 Jutaan.

9. Nissan Navara

Rekomendasi mobil 4WD berikutnya adalah Nissan Navara. Nissan Navara salah satu pesaing dari Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Nissan Navara memiliki tampilan yang tangguh dan siap menghadapi berbagai medan perjalan namun tetap sporty.

Harga Nissan Navara untuk generasi terbaru tahun 2022 adalah mulai dari Rp440 Jutaan. Sementara untuk harga bekas generasi sebelumnya adalah sekitar Rp300 Jutaan untuk Nissan Navara tahun 2014.

10. Renault Duster

Rekomendasi yang terakhir adalah Renault Duster. Hampir sama seperti Suzuki Jimny, Renault Duster juga memiliki ukuran yang tidak sebesar beberapa tipe sebelumnya 

Meskipun berukuran tidak sebesar beberapa tipe sebelumnya, mobil SUV ini memiliki kemampuan yang tangguh dan siap menghadapi berbagai medan perjalanan. Harga terbaru untuk Renault Duster adalah sekitar Rp270 Jutaan, dan untuk harga bekasnya adalah sekitar Rp100 Jutaan untuk Renault Duster tahun 2013.

Itulah beberapa rekomendasi mobil 4WD tangguh yang bisa OtoFriends pilih. Memiliki mobil jenis ini tentunya memiliki keuntungan tersendiri karena dengan sistem penggerak empat roda, memungkinkan mobil tipe ini memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai medan perjalanan.

Namun mobil 4WD sama seperti mobil lainnya, yaitu tetap memerlukan perawatan agar performanya tetap terjaga. Untuk menjaga performa mobil OtoFriends, OtoFriends bisa mempercayakannya di berbagai bengkel terpercaya dari Otoklix. Dari berbagai mobil 4WD tersebut, manakah yang paling menarik bagi OtoFriends?