Sebuah mobil tentunya memiliki sistem tersendiri agar dapat bergerak. Saat ini ada beberapa sistem penggerak roda mobil seperti Rear Wheel Drive (RWD), Front Wheel Drive (FWD), dan All Wheel Drive (AWD). Salah satu tipe yang paling banyak saat ini adalah sistem mobil penggerak roda belakang atau RWD.

Meskipun beberapa mobil terbaru kini menggunakan sistem penggerak roda yang lain seperti FWD atau AWD, namun mobil RWD ini tetap menjadi pilihan banyak orang. 

Apa itu mobil RWD? Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya? Dengan lebih mengetahui tentang sistem penggerak ini, bisa menjadi salah satu referensi pertimbangan OtoFriends dalam memilih kendaraan, simak informasinya berikut ini

Apa Itu Mobil RWD

Rear Wheel Drive (RWD) atau sistem mobil penggerak roda belakang adalah sistem penggerak yang termasuk ke dalam 2WD selain Front Wheel Drive (FWD) karena merupakan sistem penggerak yang menggerakan dua roda. 

Sistem ini menyalurkan tenaga dari mesin mobil ke sepasang roda belakang. Mobil RWD ini juga jauh lebih populer dan banyak digunakan pada banyak kendaraan sebelum munculnya mobil dengan sistem FWD 

Selain mobil atau kendaraan pribadi, kendaraan umum seperti bus atau kendaraan besar seperti truk juga merupakan mobil RWDi. Selain itu juga, pabrikan mobil mewah seperti BMW dan Lexus juga menggunakan sistem penggerak roda seperti ini pada beberapa mobil mereka.

Kelebihan Mobil RWD

Setelah mengetahui tentang apa itu mobil RWD, tentunya terdapat beberapa kelebihan dari sistem seperti ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mobil RWD yang OtoFriends perlu ketahui.

1. Pembagian Berat Lebih Seimbang

Kelebihan sistem mobil penggerak roda belakang yang pertama adalah pembagian berat mobil lebih seimbang. Hal ini karena jika dibandingkan mobil FWD yang dimana semua komponen mulai dari mesin dan penggerak mobil berada di depan, mobil RWD memiliki berat yang lebih seimbang karena mesin berada di depan, sementara sistem penggerak berada di belakang.

Selain itu juga karena untuk bergerak mobil menggunakan sepasang roda bagian belakang, maka untuk sepasang roda bagian depan menjadi akan lebih awet daripada sepasang roda bagian belakang.

2. Handling Mobil Lebih Baik

Kelebihan yang kedua adalah handling mobil lebih baik. Dalam dunia otomotif, handling adalah kemampuan mobil dalam merespon dan bereaksi terhadap apa yang dilakukan pengemudi, mulai dari melakukan akselerasi, mengerem, sampai berbelok.

Handling yang lebih baik karena terbaginya fokus tugas dari masing-masing roda mobil. Untuk dua roda mobil bagian depan fokus pada arah kemudi, sementara dua roda bagian belakang fokus sebagai penggerak, sehingga beban kerja dapat terbagi secara lebih sempurna.

3. Usia Komponen Lebih Awet

Kelebihan selanjutnya adalah usia komponen lebih awet. Hal ini karena mulai pembagian berat mobil yang seimbang dan fokus tugas dari masing-masing roda yang terbagi dengan lebih baik, maka untuk komponen seperti suspensi, dan komponen kaki-kaki mobil nya menjadi lebih awet.

Berbeda dengan mobil FWD yang mana sistem penggerak berada di depan dan berada di bawah mesin, maka untuk komponen seperti suspensi depan mobil tentunya akan bekerja dengan lebih keras.

Baca Juga: 6 Komponen Kaki Kaki Mobil dan Fungsinya

4. Kuat Menanjak

Kelebihan yang paling sering diketahui orang-orang dari mobil RWD dibandingkan mobil FWD adalah sistem mobil RWD lebih kuat saat melalui medan perjalan yang menanjak.

Hal ini karena karena sistem penggerak roda berada pada bagian belakang mobil, ban mobil bagian belakang tidak akan mudah kehilangan traksi saat melalui jalan menanjak sehingga mobil akan lebih mudah melewati jalan tersebut.

5. Biaya Perbaikan Lebih Murah

Kelebihan yang terakhir adalah biaya perbaikan lebih murah jika membandingkannya dengan mobil FWD. Sebagai contoh, komponen kaki-kaki mobil akan lebih aman ketika mobil terpaksa harus menghantam lubang di jalan karena tidak langsung menghantam lubang tersebut.

Mobil RWD ini sangat cocok untuk OtoFriends yang memiliki karakter mengemudi yang agresif. Namun bukan berarti OtoFriends dapat selalu menghantam lubang di jalan, sebaiknya tetap menghindari lubang tersebut dan tetap mengemudi sesuai dengan peraturan untuk keselamatan OtoFriends.

Baca Juga: Service Kaki-Kaki Mobil: Biaya dan Komponen di Dalamnya

Kekurangan Mobil RWD

Selain kelebihan, tentunya mobil RWD ini memiliki kekurangannya tersendiri. Hal ini bisa menjadi pertimbangan OtoFriends sebelum memilih menggunakan mobil dengan sistem penggerak ini. Berikut ini adalah beberapa kekurangan mobil RWD.

1. Kurangnya Efisiensi Penyaluran Tenaga

Kekurangan sistem mobil penggerak roda belakang yang pertama adalah kurangnya efisiensi penyaluran tenaga jika membandingkannya dengan mobil sistem penggerak roda depan. Hal ini karena sistem penggerak mobil ini memerlukan berbagai komponen yang menyalurkan tenaga mesin ke sepasang roda bagian belakang.

Mobil dengan sistem penggerak ini memerlukan beberapa komponen seperti gearbox, drive shaft dan gardan belakang. Komponen tersebut berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak pada bagian belakang mobil.

2. Mobil Lebih Berat

Kekurangan yang kedua adalah sekalipun pembagian berat mobil lebih baik, tapi tetap saja mobil lebih berat jika membandingkannya dengan mobil yang mempunyai penggerak roda bagian depan.

Hal ini karena berbeda dengan sistem mobil penggerak roda depan yang tidak memerlukan beberapa komponen penyalur tenaga dari mesin ke roda penggerak, mobil dengan sistem penggerak roda belakang memerlukan beberapa komponen tambahan agar dapat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak.

3. Lebih Menguras BBM

Akibat dari kurangnya efisiensi dan mobil yang lebih berat karena adanya beberapa komponen yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak, untuk konsumsi bahan bakar tentunya akan lebih banyak jika membandingkannya dengan dengan mobil yang menggunakan penggerak roda bagian depan.

Selain itu juga karena penggerak berada pada bagian roda belakang, tentunya hal ini akan membuat roda bagian belakang menjadi lebih cepat haus daripada roda bagian depan.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

4. Kurang Baik untuk Jalan Licin dan Berpasir

Jika pada poin sebelumnya menyebutkan mobil RWD ini sangat baik untuk jalan menanjak, namun ternyata mobil RWD ini kurang baik untuk medan perjalan yang licin dan berpasir.

Hal ini karena untuk jalanan licin dan berpasir, mobil akan lebih baik jika mendapatkan traksi pada sepasang roda bagian depan. Mobil dengan sistem penggerak seperti ini akan lebih mudah untuk ‘ngepot’. Karena hal itulah mobil RWD sering digunakan untuk melakukan atraksi drifting.

Daftar Mobil RWD di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa hal mulai dari pengertian apa itu mobil RWD, kelebihan dan kekurangannya, bagi OtoFriends yang tertarik memiliki mobil tipe ini, berikut ini adalah beberapa daftar mobil RWD dari beberapa pabrikan mobil di Indonesia.

Mobil Toyota:

  1. Toyota Kijang Innova
  2. Toyota Avanza
  3. Mobil Toyota Fortuner, dan
  4. Toyota Rush

Mobil Suzuki:

  1. Suzuki APV
  2. Suzuki Sidekick, dan
  3. Mobil Suzuki Carry

Mobil Mitsubishi:

  1. Mitsubishi Pajero
  2. Mitsubishi Colt L300

Mobil Daihatsu:

  1. Daihatsu Xenia
  2. Mobil Daihatsu Gran Max
  3. Daihatsu Luxio, dan
  4. Mobil Daihatsu Rush

Mobil Isuzu:

  1. Isuzu ELF, dan
  2. Mobil Isuzu Panther

Mobil Mazda:

  1. RX-8 SE3P
  2. RX-7 FC3S, FD3S
  3. MX-5 Miata, Eunos Roadster, dan
  4. Mazda Vantrend

Mobil Lexus:

  1. Lexus LS
  2. Lexus GS

Mobil BMW:

  1. BMW G30 atau G31
  2. BMW F10, F11 atau F07, dan 
  3. Mobil BMW E60

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai mobil RWD. Mulai dari pengertiannya, kelebihan, kekurangan dan beberapa mobil dengan sistem ini.

Sama seperti sistem penggerak roda mobil lainnya, mobil dengan sistem penggerak roda belakang juga tentunya harus selalu dirawat. Untuk melakukannya OtoFriends bisa mempercayakan pada bengkel terpercaya dari OtoKlix.