Bagi OtoFriends yang mau pasang airbag, mungkin bertanya-tanya berapa harga air bag mobil? Sebab, tidak semua mobil sudah dilengkapi dengan air bag. Padahal airbag mobil punya fungsi yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Umumnya, harga air bag mobil dibanderol dengan harga Rp1 juta – Rp 7 jutaan. Namun, masih ada biaya-biaya lain seperti ongkos pasang dan lain-lain. Mari simak lebih lanjut tentang harga air bag mobil.

Komponen Air Bag yang Perlu Diperbaiki 

Air bag mobil memang dirancang hanya bisa digunakan satu kali. Sebab, setelah air bag mengembang, cover dan kantungnya bakal robek dan gas nitrogennya sudah tidak berfungsi. Jadi harus diganti. Harga air bag bervariasi tergantung kelengkapannya. Satu set air bag biasanya mendapat perangkat air bag, sensor, modul, serta safety belt air bag. 

Air bag juga bisa dibeli online, tetapi lebih baik memang mendatangi bengkel terdekat agar tidak salah dalam pemasangan. Pemasangan air bag perlu dilakukan oleh orang yang sudah ahli dengan alat-alat yang memadai karena tersambung juga dengan sensor dan kabel-kabel.

Komponen yang turut diganti saat memasang air bag baru adalah wiring air bag, ECU (Electronic Control Unit), dan sensor. Dashboard dan cover pada bagian tengah lingkar kemudi juga bakal diganti. Terkadang kita juga perlu mengganti pengaman pretensioner, yaitu sabun pengaman yang dikencangkan agar badan tetap menempel pada jok. Pengaman pretensioner ini juga hanya sekali pakai.

Biaya Perbaikan Air Bag

Harga air bag untuk setiap merek mobil mungkin berbeda-beda. Misalnya Toyota Astra Motor yang sudah menjadikan air bag dengan dual SRS Airbag (Supplemental Restraint System) sebagai fitur keselamatan standar Avanza. Airbag pada Avanza itu ada dua. Ada yang terletak di kemudi dan ada yang di dasbor yang terletak di hadapan penumpang depan.

Harga air bag mobil senilai Rp7,1 juta untuk yang di depan pengemudi. Sementara untuk yang di depan penumpang sekitar Rp14 juta. Selain itu perlu juga perbaikan ECU senilai Rp2,35 jutaan dan sensor depan, kiri, dan kanan dengan biaya sekitar Rp500 ribuan. Harga ini sudah termasuk cover pada air bag. 

Belum lagi ditambah dengan ganti pengaman pretensioner sekitar Rp900 ribuan harga satuannya. Jika ditotal, biaya perbaikan air bag bis amencapai Rp25 jutaan. Jadi, sebaiknya kita juga mengetahui cara kerja dan fungsi airbag.

Harga air bag Toyota Fortuner yang harus diganti pada bagian setir sekitar Rp7,2 jutaan, sudah termasuk ongkos pasang. Sedangkan untuk Toyota New Rush untuk penggantian air bag pada dashboard sekitar Rp9,1 jutaan.

Berbeda lagi dengan Honda. Saat spare part air bag pecah, biaya perbaikannya sekitar Rp15 jutaan. Sementara itu untuk Daihatsu, biaya beli satu set air bag memang tidak terlalu mahal, hanya Rp1,5 jutaan. Namun, tidak diterangkan berapa biaya total perbaikan dan ganti air bag yang pecah. Sementara itu bagi kita yang punya mobil Suzuki, perlu menyiapkan dana sekitar Rp10 jutaan untuk ganti air bag.

Itu dia harga air bag mobil serta biaya pasang dan perbaikan komponen pendukung lainnya. Kita juga perlu tahu lebih dalam tentang fungsi air bag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya. Simak di bawah ini ya.

Baca juga: Mengenal Airbag Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Fungsi Airbag pada Mobil

Kita sudah tahu bahwa air bag adalah fitur keselamatan pada mobil. Ini pembahasannya.

1. Memberikan perlindungan bagi pengemudi

Airbag pada pengemudi berperan penting saat berkendara. Bisa terjadi kecelakaan, pengemudi bisa mengalami cedera parah karena posisinya di depan. Jadi, airbag berfungsi mencegah cedera lebih parah. Saat sensor airbag mendeteksi adanya benturan keras atau tabrakan, airbag bakal mengembang dan melindungi tubuh serta kepala pengemudi.

2. Melindungi penumpang

Tidak hanya airbag pada bagian pengemudi. Beberapa mobil juga sudah dilengkapi dengan airbag penumpang. Ada yang sudah dilengkapi enam airbag untuk setiap tempat duduk, ada yang hanya di penumpang depan. Airbag ini melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan dan benturan. Apalagi, biasanya penumpang lebih rawan mengalami cedera yang lebih berat daripada pengemudi. 

Meskipun sudah dilengkapi dengan airbag, kita tetap perlu memakai sabuk pengaman dengan benar setiap melakukan perjalanan agar ada pengamanan ekstra saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Kenali Fungsi dan Jenis-jenis Airbag pada Mobil

Cara Kerja Airbag Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di bagian atas, saat terjadi kecelakaan sensor air bag akan bekerja. Tanda-tanda mobil sedang tabrakan atau terkena benturan parah bakal aktif. Umumnya sensor ini dipasang di sekitar headlamp pada bagian depan mobil. Ada juga yang dipasang di bagian bawah atau lantai mobil dan di dalam kabin mobil.

Sensor-sensor itu bisa mengenali tingkat keparahan kecelakaan. Kemudian, sensor itu bakal memberikan sinyal kepada unit inflator di air bag untuk mengembang. Saat airbag mengembang, penutup pada dashboard atau kursi mobil akan terbuka dan air bag keluar.

Ketika air bag sudah melindungi kepala dan tubuh pengemudi dan penumpang, kantong akan mengempis secara sendirinya melalui lubang ventilasi pada setiap sisi kantong airbag. Keseluruhan proses ini terjadi sekitar 100 milidetik atau setara dengan waktu kedipan mata. Sungguh cepat!

Namun, tidak perlu khawatir saat ada bubuk seperti bedak atau tepung yang keluar saat air bag mengembang. Serbuk putih ini ada di dalam airbag agar airbag tidak lengket saat terbuka. Tidak perlu khawatir karena serbuk ini tidak berbahaya. Namun, jika memungkinkan, segera keluar dari mobil saat serbuk ini menyebar karena lama-kelamaan bisa membuat napas sesak.

Itu dia informasi tentang harga air bag, perbaikannya, serta fungsi dan cara kerja airbag. Sebaiknya tidak bermain-main dengan komponen ini sebab perlu mengeluarkan kocek yang cukup dalam saat terjadi kerusakan.

Pasang airbag demi keselamatan berkendara di bengkel terdekat. Dengan fitur peta di Otoklix, kita bisa mendapatkan bengkel terdekat. Bisa lihat reviunya juga di aplikasi!