Oli merk X-Ten mungkin belum terlalu dikenal pemilik kendaraan. Apalagi bagi pengguna pemula. Namun, setelah merk ini cukup menjadi top of mind di dunia permotoran, ternyata X-Ten memiliki produk untuk mobil. 

Berkenalan dengan Oli X-ten

Oli X-Ten adalah produk yang diproduksi oleh PT Surganya Motor Indonesia. Walaupun kerap dikenal sebagai oli motor, namun oli X-Ten ternyata ada jenis untuk mobilnya. 

Oli mesin biasa tidak didesain untuk menahan panas, dan bertahan pada kondisi mesin bekerja abnormal. Akibatnya mesin akan mengalami penurunan performa, cepat panas, usia pemakaian pelumas yang pendek, bahkan sampai terjadi pada keausan yang fatal. 

X-Ten merupakan pelumas dengan produk inovasi terbaru yang diciptakan secara khusus untuk memberikan performa kendaraan yang maksimal dan mampu menjawab keresahan konsumen saat ini. X- Ten memiliki formulasi khusus dengan base oil tertinggi di dunia saat ini yaitu Ester.

Kelebihan dan kekurangan

Walaupun oli ini memiliki kekurangan yaitu belum terlalu dikenal, dan tergolong asing di telinga pengguna kendaraan khususnya mobil, namun oli X-Ten ternyata memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya yaitu memiliki kandungan Ester yang memberikan efek kepada kualitas oli secara keseluruhan dan juga menjaga temperatur oli tetap ideal atau tidak terlalu panas. 

Di sejumlah uji coba, temperatur oli hanya berkisar 70 derajat celcius pada jarak ratusan kilometer. Padahal biasanya temperatur oli merek lain bisa mencapai lebih dari 100 derajat. Bila temperatur oli tidak terlalu tinggi, maka akselerasi motor akan tetap stabil atau tidak menurun. 

Selain oli ini memiliki masa pakai yang cukup panjang, kemampuan cleansing untuk membersihkan bagian mesin dari kerak sisa-sisa pembakaran juga cukup baik. Lapisan Ester juga akan membentuk semacam lapisan yang akan melindungi dinding silinder dari gesekan piston. Jadinya, usia mesin bisa lebih panjang.

Baca juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik?

Jenis dan harga oli X-Ten

Oli X-Ten yang lebih banyak diketahui pengguna motor kini merilis oli untuk mobil. Berikut jenis dan harga oli X-Ten untuk mobil.

X-Ten Diesel Ultra 5W40 CI-4

Oli ini cocok untuk mobil diesel. Pergantian oli cukup setiap 15 ribu km atau 1 tahun. Oli jenis ini membuat tarikan mobil jadi lebih enteng, suara mesin halus, mesin mobil lebih awet jadi kaya rasa mesin baru. Memberikan perlindungan maksimal untuk mesin. Harganya berada di kisaran Rp143 ribu.

X-Ten Gasolin Ultra 10W40 SN

Pilihan tepat untuk mobil dengan usia lebih dari 10 tahun. Sama seperti jenis yang lain, oli ini membuat tarikan mobil jadi lebih enteng, suara mesin halus, mesin mobil lebih awet jadi kaya rasa mesin baru. Memberikan perlindungan terus bahkan hingga pemakaian 15 ribu km. Harganya dibanderol Rp93 ribu. 

X-Ten Gasolin Ultra 5W30 SN/GF6

Oli ini direkomendasikan untuk mobil baru atau usia kurang dari 5 tahun. Seperti jenis yang lain, oli cukup diganti setiap 15 ribu km atau jika sudah menyentuh 1 tahun. Oli ini membuat tarikan mobil jadi lebih enteng dan suara mesin halus. Oli ini membuat mobil lebih awet seperti baru. Oli ini juga memiliki performa prima khususnya pada suhu tinggi. Oli ini dibanderol Rp142 ribu.

Baca juga: Penting! Ketahui Berapa Km Mobil Harus Ganti Oli?

X-Ten Gasolin Ultra 0W20 SN/GF6

Jeni oli ini juga cocok untuk mobil baru, bahkan disarankan untuk mobil usia kurang dari 3 tahun. Oli yang membuat tarikan mobil jadi lebih ringan ini bisa membuat mesin lebih awet dengan suara mesin yang halus. Penggantian oli jenis ini disarankan 10-15 ribu km. Oli ini bisa membersihkan mesin dengan sempurna. Jenis ini dijual dengan harga Rp147 ribu.

X-Ten Gasolin Ultra 0W20 SN/GF6 LCGC

Sesuai Namanya, oli X-Ten jenis ini menjadi pilihan tepat untuk mobil LCGC. Ganti oli cukup setiap 15 ribu Km atau 1 tahun. Oli yang dijual dengan harga Rp 104 ribu ini membuat tarikan mobil jadi lebih enteng, suara mesin halus, mesin mobil lebih awet jadi seperti mesin baru.

Penggantian oli secara rutin bisa membuat mesin mobil tetap awet. Sebaiknya buatlah jadwal berkala melakukan cek oli kendaraan dan menjadwalkan servis ganti oli secara teratur. Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. 

Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.