Mobil tua dan lawas tidak kalah dengan mobil keluaran terbaru. Bahkan, beberapa mobil tua memiliki spesifikasi terbaik yang bisa disandingkan dengan mobil-mobil produksi sekarang. Apalagi kendaraan tersebut terkenal akan sebutan mobil tua irit BBM dan murah perawatan.

Meski sudah berumur, ada beberapa jenis mobil tua yang masih memiliki bodi dan mesin prima. Tak hanya itu, beberapa mobil tua juga ada yang dikenal irit BBM dan murah perawatannya. Anggapan semakin tua usia mobil, semakin boros penggunaan BBM-nya nampaknya tidak berlaku bagi beberapa mobil ini.

Jenis Mobil Tua Irit BBM dan Perawatan Murah

Masih banyak masyarakat yang menggemari mobil tua keluaran tahun 80-an sampai 90-an. Dengan harga yang terjangkau, mobil tua irit BBM dan murah perawatan ini cocok bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan dengan anggaran terbatas. Lantas, apa saja mobil tua irit BBM dan murah perawatannya? Berikut daftarnya.

  1. BMW 325 E30

BMW E30 menjadi salah satu mobil tua yang dikenal irit BBM dan murah perawatannya. Konsumsi BBM mobil yang diluncurkan pada 1980an ini sekitar 8-9 km/liter. Selama mesin BMW E30 tidak banyak menggunakan komponen tambahan, penggunaan bensin BMW E30 tidak akan jauh dari rata-rata

Dari segi perawatan, BMW E30 tergolong mudah dan murah. Tak hanya itu, komponen suku cadang sedan ini juga masih banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Banyak orang yang masih mengincar BMW E30 karena memiliki mesin yang kuat dan kecepatan tinggi.

Di pasaran, BMW E30 dibanderol sekitar Rp15 juta hingga Rp100 juta tergantung tahun produksi dan kondisi mobil.

  1. Suzuki Esteem

Kendaraan tua selanjutnya yang masuk dalam kategori mobil tua hemat BBM adalah Suzuki Esteem. Mobil keluaran 1991 ini memiliki dua varian mesin yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc. Mesin Suzuki Esteem ini juga sangat mudah perawatannya, bahkan harga suku cadangnya tergolong murah.

Konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit dibandingkan sedan di kelasnya yakni 10-12 km/liter untuk perjalanan dalam kota. Sedangkan perjalanan luar kota sebanyak 13-16 km/liter.

Untuk harga, Suzuki Esteem dibanderol mulai dari Rp20 jutaan hingga Rp35 jutaan.

  1. Daihatsu Espass

Daihatsu Espass juga masuk dalam kategori mobil tua irit BBM dan murah perawatan. Pada tahun 90-an, mobil ini sangat diminati masyarakat indonesai. Pasalnya, Daihatsu Espass menjadi mobil jenis MPV yang laku di pasaran bersama Toyota Kijang.

Urusan konsumsi BBM, mobil keluaran tahun 1995 ini sekitar 12 km/liter. Sedangkan performanya menggendong mesin berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi suplai bahan bakar melalui karburator. Mesinnya dikenal bandel dan kuat.

Harga Daihatsu Espass ini di pasaran bervariasi sesuai tahun produksi dan kondisi mobil yakni sebesar Rp15 juta hingga Rp45 juta.

  1. Suzuki Carry 1.0

Suzuki terkenal sebagai pabrikan otomotif yang memproduksi mobil dengan keunggulan irit BBM. Selain Esteem, mobil tua keluaran Suzuki yang hemat BBM adalah Suzuki Carry 1.0. Untuk perjalanan luar kota, rata rata konsumsi BBM-nya sekitar 15 km/liter. Sedangkan dalam kota sekitar 13 km/liter.

Selain itu, mobil yang memiliki mesin berkode F10A SOHC, 970 cc dengan karburator ini terkenal bandel dan memiliki perawatan yang mudah dan murah. Suku cadang mobil ini juga mudah dicari di pasaran.

Harga Suzuki Carry 1.0 cukup bervariasi di pasaran tergantung kondisi mobil dan tahun produksi. Umumnya, harga Suzuki Carry 1.0 mulai dari Rp20 jutaan hingga Rp40 jutaan.

  1. Suzuki Katana 1.0

Mobil tua Suzuki berikutnya yang tergolong irit BBM dan murah perawatannya adalah Katana. Banyak orang mengincar mobil ini karena mesin bandel berkapasitas 1.000 cc, 4 silinder. Untuk perawatannya, Suzuki Katana 1.0 mudah dan murah. Hal ini lantaran suku cadang Suzuki Katana masih banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau.

Saat ini, harga Suzuki Katana ada di kisaran Rp25 juta hingga Rp50 juta tergantung kondisi mobil.

  1. Peugeot 306

Ternyata, tidak semua mobil irit BBM di era 1990-an hanya keluaran Jepang. Nyatanya, mobil lawas keluaran Eropa yakni Peugeot 306 juga cukup efisien saat meminum bensin. Konsumsi mobil produksi tahun 1997 ini sekitar 10 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 12 km/liter untuk perjalanan luar kota.

Urusan performa, mesin Peugeot 306 dikenal andal dan awet jika dirawat secara rutin. Harga Peugeot 306 juga bervariasi. Di pasaran, banderolnya mulai dari Rp20 jutaan hingga Rp40 juta tergantung kondisi mobil.

Demikian rekomendasi mobil tua irit BBM dan murah perawatannya. Apakah kamu tertarik mengoleksi mobil tua? Perlu diingat, meskipun dikenal irit dan bandel, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap mobil tua. Sebab, perawatan rutin berpengaruh terhadap panjangnya usia pakai mobil.

Pilihlah bengkel terdekat dan terpercaya untuk perawatan mobil tua kamu. Untuk memudahkan menemukan bengkel, unduh aplikasi Otoklix yang memiliki mitra 2 ribu bengkel di Jabodetabek.