Ketika OtoFriends telah memiliki sebuah keluarga tentunya memiliki mobil keluarga menjadi suatu kebutuhan tersendiri. Untuk mendapatkan mobil keluarga terbaik saat ini tidaklah sulit. Hal tersebut karena sudah banyak pabrikan mobil ternama yang memproduksi mobil keluarga terbaik mereka.

Bagi OtoFriends yang ingin mencari mobil keluarga terbaik, berikut ini adalah beberapa rekomendasi terbaiknya hanya di Otoklix.

1. Daihatsu Sigra

Rekomendasi mobil keluarga terbaik pertama berasal dari pabrikan mobil Daihatsu yaitu Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra termasuk mobil dengan tipe MPV dengan harga yang terjangkau. Harga Daihatsu Sigra berkisar mulai dari Rp120 Jutaan. 

Mobil dengan tipe MPV ini memang sekilas dari penampilan luar terlihat kecil, namun ternyata mobil ini mampu menampung kapasitas penumpang sampai 7 orang dewasa. Daihatsu Sigra saat tersedia dalam dua variasi yaitu time manual dan matic.

Untuk variasi tipe manual dengan 5 percepatan memiliki mesin 1,0 liter dengan kapasitas 998 cc, dengan 3 silinder, VVT-i, dan DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 66 hp pada putaran 6.000rpm dan torsi maksimal hingga 89 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Sementara untuk variasi tipe matic memiliki mesin 1,2 liter memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 1.197 cc dengan 4 silinder, VVT-i dan DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 98 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal hingga 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

2. Daihatsu Xenia

Rekomendasi mobil keluarga terbaik berikutnya dari Daihatsu adalah Daihatsu Xenia. Daihatsu Xenia merupakan salah satu kompetitor terkuat dari Toyota Avanza yang bersaing pada kelas mobil yang sama. Harga Daihatsu Xenia adalah mulai dari Rp180 Jutaan sampai Rp220 Jutaan. 

Daihatsu Xenia ini mengawali langkahnya pada tahun 2003  dan berhasil menjadi mobil keluarga terbaik pada tahun 2020 serta masih menjadi incaran banyak orang. Sampai saat ini setidaknya sudah ada 10 variasi Daihatsu Xenia dengan kapasitas mesin 1.300 cc sampai 1.500 cc dengan teknologi dual VVT-i.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Xenia, Beda Tipe Beda Harga

3. Daihatsu Terios

Rekomendasi mobil keluarga terbaik terakhir dari pabrikan Daihatsu yang bisa OtoFriends pilih adalah Daihatsu Terios. Daihatsu Terios sangat cocok bagi OtoFriends yang ingin memiliki mobil dengan tampilan sport. Selain itu juga sangat cocok bagi OtoFriends yang gemar berwisata jarak jauh dan melewati medan jalan tanah yang bukan aspal karena Daihatsu Terios ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi mencapai 200 mm.

Mobil dengan kapasitas penumpang sampai 7 orang dewasa ini juga memiliki tingkat visibilitas yang cukup tinggi karena untuk tipe tertentu telah dilengkapi bohlam projector yang mampu memberikan penerangan lebih baik untuk medan yang minim penerangan.

Baca Juga: Daftar Bengkel Mobil Daihatsu Terdekat dan Biaya Servisnya

4. Toyota Kijang Innova

Beralih ke pabrikan mobil Toyota, jika sudah berbicara tentang mobil keluarga terbaik dari Toyota tentunya mobil pertama yang sering orang pilih adalah Toyota Kijang Innova. Mobil dengan kapasitas penumpang 7 orang dewasa sudah ada sejak 1977 dan pada bulan April 2022 telah terjual sampai 3.336 unit. 

Varian tertinggi dari Toyota Kijang Innova saat ini adalah Venture. Perawatannya yang mudah, sparepart yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri dari mobil ini. 

Mobil ini menggunakan dua jenis bahan bakar, yaitu bensin dan diesel tergantung tipe. Harga Toyota Kijang Innova berkisar mulai dari Rp350 Jutaan sampai Rp450 Jutaan.

5. Toyota Avanza

Tidak kalah dengan Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza juga menjadi salah satu mobil keluarga terbaik dari pabrikan mobil Toyota. Mobil dengan kapasitas penumpang 7 orang dewasa ini sangat sering menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia, dan bahkan angka penjualannya mencapai 5.039 unit pada April 2022.

Bagi OtoFriends yang tertarik mendapatkan mobil ini, maka terdapat dua jenis kapasitas mesin yang bisa OtoFriends pilih. Kapasitas mesin 1.300 cc dengan harga mulai dari Rp230 Jutaan sampai Rp240 Jutaan, atau yang menggunakan kapasitas mesin 1.500 cc dengan harga mulai dari Rp250 Jutaan sampai Rp290 Jutaan.

6. Toyota Calya

Rekomendasi mobil keluarga terbaik dari pabrikan Toyota adalah Toyota Calya. Jika OtoFriends mencari mobil keluarga terbaik dari pabrikan Toyota dengan harga yang cukup murah, maka OtoFriends bisa memilih Toyota Calya. Harga Toyota Calya sendiri berkisar mulai dari Rp120 Jutaan. 

Toyota Calya memiliki kapasitas mesin 1,2 liter dengan transmisi matic dan sangat cocok bagi OtoFriends yang mencari kendaraan untuk digunakan di daerah perkotaan. 

Baca Juga: Pilihan Oli Mobil Calya, Harganya Mulai Rp50 Ribuan

7. Toyota Alphard

Rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Toyota yang mungkin menjadi paling mahal di kelasnya adalah Toyota Alphard. Toyota Alphard juga sering menjadi simbol kekayaan seseorang karena harga mobil ini cukup mahal yaitu di atas Rp1 Miliar. 

Toyota Alphard adalah mobil mewah dengan kapasitas 8 orang dewasa yang memiliki kenyamanan yang tinggi dan teknologi canggih di dalamnya. Meskipun harga mobil ini cukup mahal, namun mobil ini tetap laris di Indonesia.

Baca Juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

8. Toyota Voxy

Rekomendasi mobil keluarga terbaik yang terakhir dari Toyota adalah Toyota Voxy. Secara sekilas Toyota Voxy hampir serupa dengan Toyota Alphard karena sama-sama memiliki sliding door pada pintu untuk penumpang belakang. Harga Toyota Voxy ini juga lebih murah dari Toyota Alphard, yaitu berkisar Rp510 Jutaan.

Mobil ini juga telah menggunakan teknologi Valvematic dengan mesin 2,0 liter dengan 4 silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan kecepatan 152 hp dengan torsi maksimal 19,7 kgm.

Baca Juga: Catat! Daftar Pajak Mobil Toyota Terbaru di Indonesia

9. Honda Mobilio

Beralih ke pabrikan mobil Honda, untuk rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Otoklix untuk pabrikan mobil Honda yang pertama adalah Honda Mobilio. Mobil yang memiliki tampilan elegan dan sporty ini memiliki beberapa kelebihan seperti kabin dan yang luas, adanya teknologi integrated 2DIN Audio yang membuat perjalanan menjadi semakin seru, serta tenaga yang cukup baik.

Mobil ini memiliki mesin 1500 cc dengan 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga 118 PS. Honda mobilio juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu sekitar 189 mm yang membuatnya nyaman saat dikendarai. Harga Honda Mobil adalah berkisar mulai dari Rp220 Jutaan.

10. Honda Odyssey

Rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Honda yang berikutnya adalah Honda Odyssey. Mobil Honda Odyssey ini memiliki suatu teknologi unggulan yang tidak ada pada mobil lainnya di kelasnya. Fitur tersebut adalah fitur parkir otomatis. 

OtoFriends hanya perlu menekan tombol parkir dan mobil akan mendeteksi lahan parkir yang sesuai dengan mobil serta teknologi ini dapat menggerakan mobil dengan sendirinya ke lahan parkir tersebut. Harga mobil dengan kapasitas 7 orang dewasa ini adalah berkisar mulai dari Rp880 Jutaan.

Baca Juga: Daftar Pajak Mobil Honda Terbaru Lengkap untuk Semua Tipe

11. Mitsubishi Xpander

Salah satu rekomendasi mobil keluarga terbaik dari pabrikan mobil Mitsubishi adalah Mitsubishi Xpander. Kemunculan mobil dengan kapasitas 7 orang dewasa dari Mitsubishi ini membuat persaingan mobil di kelas MPV semakin sulit. Hal ini karena Mitsubishi Xpander juga cukup laris di pasar otomotif Indonesia.

Mitsubishi Xpander memiliki beragam kelebihan seperti kamera belakang, smart system etacs dan steer telescopic. Untuk urusan penampilan mobil ini memiliki tampilan yang gagah, keren dan elegan, serta tampilan lampu yang tajam.

Untuk performa mesin, Mitsubishi Xpander memiliki mesin 1,5 Liter MIVEC DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 105 PS dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Untuk harga, harga Mitsubishi Xpander adalah berkisar mulai dari Rp350 Jutaan.

12. Suzuki Ertiga

Pabrikan mobil Suzuki juga memiliki mobil keluarga terbaik mereka, yaitu Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga juga termasuk salah satu mobil MPV yang cukup laris di Indonesia dan bahkan pada tahun 2015 sampai 2017 mampu mengalahkan Toyota Avanza. 

Suzuki Ertiga memiliki mesin dengan kapasitas 1.373 cc dengan dua transmisi percepatan, yaitu 5 kecepatan untuk transmisi manual dan 4 kecepatan untuk transmisi otomatis. Mobil ini memiliki suspensi yang nyaman dan fitur keamanan yang lengkap.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, mobil ini cukup irit bahan bakar sehingga laris di Indonesia. Untuk harga, harga Suzuki Ertiga adalah berkisar mulai dari Rp200 Jutaan.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Suzuki Ertiga Berbagai Tipe

13. Wuling Confero

Beralih ke pabrikan mobil yang mungkin masih baru di Indonesia, yaitu Wuling. Salah satu rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Wuling adalah Wuling Confero. Mobil dengan kapasitas 7 orang dewasa ini memiliki kabin yang senyap dan fitur 4 sensor parkir. 

Untuk mesin, Wuling Confero memiliki kapasitas 1.500 cc DOHC DVT dengan 4 silinder. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 107 PS pada 5.800 rpm dan torsi 142 nm. Untuk harga, harga Wuling Confero adalah berkisar mulai dari Rp150 Jutaan.

14. Wuling Cortez

Rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Wuling berikutnya adalah Wuling Cortez. Wuling Cortez termasuk mobil yang tangguh karena menggunakan Turbocharged dengan mesin 1.451 cc DOHC DVVT dan 4 silinder. 

Selain mesin yang tangguh, Wuling Cortez memiliki beberapa keunggulan seperti kenyamanan, kabin yang luas, suspensi yang nyaman, dan tampilan eksterior yang elegan. Untuk harga, harga Wuling Cortez adalah berkisar mulai dari Rp200 Jutaan. 

15. Nissan Livina

Beralih ke pabrikan mobil Nissan, dan untuk rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Nissan adalah Nissan Livina. Nissan Livina memiliki mesin yang cukup handal dengan kapasitas 1.499 cc dengan tenaga tertinggi 104 PS. 

Selain tenaga yang cukup handal, Nissan Livina juga memiliki fitur keamanan yang tinggi dan kenyamanan berkendara yang sangat nyaman. Untuk harga, harga Nissan Livina adalah berkisar mulai dari Rp200 Jutaan.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Nissan Grand Livina dan Ganti Komponen

16. Renault Triber

Rekomendasi mobil keluarga terbaik yang terakhir dari Otoklix adalah Renault Triber. Renault Triber memiliki mesin dengan kapasitas 1,0 liter, torsi puncak 72 PS dan mampu menghasilkan kecepatan maksimal 140 km/jam. 

Mobil dengan kapasitas 7 orang dewasa ini, juga telah menggunakan Apple CarPlay, Android Auto dan masih banyak lagi fitur kenyamanan berkendara lainnya. Untuk harga, harga Renault Triber berkisar mulai dari Rp180 Jutaan.

Tips memilih mobil keluarga terbaik

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Otoklix, ada beberapa tips penting bagi OtoFriends yang ingin membeli mobil keluarga. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

1. Jumlah kapasitas penumpang

Tips yang pertama saat akan membeli mobil keluarga terbaik adalah perhatikan jumlah penumpang. Beberapa rekomendasi yang telah disebutkan di atas memiliki jumlah kapasitas 7 orang dewasa. Hal ini karena mobil keluarga memang dirancang dapat mengangkut banyak orang.

Jika OtoFriends membutuhkan mobil yang dapat mengangkut keluarga OtoFriends, suami atau istri, anak-anak sampai orang tua OtoFriends, maka mobil keluarga adalah pilihan yang tepat.

2. Tenaga mobil yang dibutuhkan

Tenaga mobil juga merupakan salah satu tips yang harus OtoFriends perhatikan. Dari beberapa rekomendasi mobil keluarga dari Otoklix di atas memiliki tenaga di atas 1.000 cc. 

Selain tenaga mobil, perlu juga bagi OtoFriends untuk memastikan bahwa mobil tersebut termasuk mobil yang irit bahan bakar atau tidak.

3. Sistem transmisi mobil

Sistem transmisi mobil juga menjadi salah satu tips yang harus OtoFriends perhatikan sebelum memilih mobil keluarga. Sistem transmisi sangat menentukan kenyamanan dalam berkendara baik untuk pengemudi dan juga penumpang di dalam mobil.

Jika OtoFriends ingin memiliki kendaraan yang akan sering digunakan untuk berkendara di dalam kota dan menginginkan kemudahan dalam berkendara, maka mobil dengan sistem transmisi otomatis atau matic adalah pilihan yang tepat.

Namun jika OtoFriends ingin memiliki mobil dengan harga yang lebih murah dan sering bepergian ke beberapa medan perjalanan yang cukup sulit, maka OtoFriends bisa memilih menggunakan mobil dengan sistem transmisi manual adalah pilihan yang tepat.

4. Fitur keselamatan

Salah satu hal penting harus OtoFriends pertimbangkan sebelum memilih mobil keluarga yang tepat adalah fitur keselamatan dari mobil tersebut. Selain fitur keselamatan yang harus ada dalam sebuah mobil seperti airbags, ada juga beberapa fitur keselamatan lainnya yang perlu OtoFriends pertimbangkan.

Beberapa fitur tersebut adalah seperti sensor parkir, electronic brake, anti lock braking system dan masih banyak lagi. Semakin banyak dan canggihnya fitur keselamatan dalam sebuah mobil, biasanya akan semakin mahal harga dari mobil tersebut.

5. Fitur kenyamanan

Tips terakhir yang perlu OtoFriends pertimbangkan adalah fitur kenyamanan dalam sebuah mobil keluarga. Fitur kenyamanan tentunya akan membuat perjalanan lebih menyenangkan dan nyaman baik untuk penumpang dan pengendara itu sendiri.

Beberapa fitur kenyamanan yang perlu OtoFriends pertimbangkan adalah seperti kabin yang luas dan senyap, ac yang sejuk, suspensi yang baik, fitur hiburan dalam mobil dan masih banyak lagi fitur kenyamanan dalam sebuah mobil yang perlu OtoFriends pertimbangkan.

Itulah beberapa informasi tentang mobil keluarga dari Otoklix. Mulai dari beberapa rekomendasi mobil keluarga terbaik yang bisa OtoFriends pilih dan juga beberapa tips penting yang perlu OtoFriends ketahui sebelum membeli mobil keluarga.

Mobil keluarga tentunya sama dengan seperti mobi lainnya yang perlu dilakukan perawatan agar performanya tetap terjaga. Untuk melakukan hal tersebut, OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel terpercaya dari Otoklix.

Simak juga berbagai informasi mobil menarik lainnya hanya di Otoklix. Semoga informasi tentang mobil keluarga terbaik dari Otoklix ini bisa membantu OtoFriends.

Pertanyaan Seputar Mobil Keluarga Terbaik :

Beberapa rekomendasi mobil keluarga terbaik dari Toyota adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Toyota Calya, Toyota Alphard dan Toyota Foxy.

Harga Mitsubishi Xpander adalah berkisar mulai dari Rp350 Jutaan.

Harga Suzuki Ertiga adalah berkisar mulai dari Rp200 Jutaan.