Saat kondisi darurat dan harus mengecek mesin mobil, OtoFriends perlu membuka kap mesin. Jadi, kita perlu tahu informasi tentang cara membuka kap mesin mobil yang benar. Kadang, cara membuka kap mesin mobil diremehkan dan dianggap mudah. Padahal, kalau salah bisa bikin kap mesin rusak.

Simak cara membuka kap mesin mobil dengan benar di bawah ini!

Cara Membuka Kap Mesin Mobil

Ketika akan mengecek komponen mesin, misalnya air radiator, cairan wiper dan oli mesin, kita harus membuka kap mesin terlebih dahulu. Namun, membuka kap mesin tidak bisa asal dan berikut adalah langkah-langkahnya yang benar.

1. Mesin mobil dalam kondisi mati

Demi keamanan, sebaiknya mesin mobil dalam kondisi mati saat ingin membuka kap mesin mobil. Kalau kondisinya tidak darurat, boleh membiarkan mesin menyala sambil membuka kap mesin. Setelah itu, pastikan transmisi atau persneleng kopling berada di posisi netral agar mobil tidak bergerak ketika kap-nya terbuka.

2. Tarik rem tangan

Agar lebih aman, pemilik kendaraan bisa menarik rem tangan untuk memastikan mobil diam di tempat. Sangat berbahaya kalau mengecek kondisi mesin lalu mobil bergeser. Jangan lupa, sebaiknya lakukan pengecekan di jalanan yang permukaannya datar.

3. Menarik tuas penarik kap

Cara membuka kap mesin mesin mobil adalah menarik tuasnya. Biasanya, tuas ini berada di bawah dasbor di sebelah kanan atau di bawah jok pengemudi. Tapi, ada beberapa mobil Eropa lawas yang meletakkan tuas kap di bawah dasbor penumpang depan.

Bentuk tuas ini bermacam-macam, ada yang bulat maupun kotak. Agar lebih mudah dikenali, biasanya produsen mobil juga memberikan gambar kap mesin pada permukaannya. Knop atau tuas ini berfungsi untuk membuka pengunci 1 pada kap mesin. 

Selanjutnya, tuas tinggal ditarik sampai terdengar bunyi ‘klik’ di bagian depan kap mesin. Kalau belum terdengar bunyi ‘klik’, tarik lagi tuasnya lebih kuat. Biasanya, tuas ini agak keras untuk ditarik. Jadi perlu sedikit tenaga untuk menariknya. 

4. Tarik pengunci 2 kap mesin

Kalau cara di atas untuk membuka pengunci 1, maka ini adalah cara untuk membuka pengunci 2 pada kap mesin. Perlu diketahui bahwa kap mesin dilengkapi dengan 2 sistem penguncian. 

Cara membuka pengunci 2 ini hanya bisa dilakukan oleh tangan kita, bukan menggunakan tuas. Caranya dengan memasukkan jari kita di antara celah kap mesin yang biasanya berada di tengah kap mesin. Bentuknya seperti knop segi empat. Cukup ditekan saja knop tersebut ke atas sambil mengangkat kap mesin.

5. Buka kap saat mesin dingin

Sebaiknya buka kap mesin dalam kondisi dingin atau tidak terlalu panas. Tujuannya agar tidak melukai tangan kita ketika membuka kap mesin. Seperti diketahui, kap dan komponen mesin terbuat dari logam yang menjadi penghantar panas.

Jadi, kalau menyentuh logam yang panas, kulit kita bisa terbakar dan terluka. Kalau memang terpaksa membuka kap mesin saat kondisi panas, sebaiknya gunakan lap atau sarung tangan berbahan kain.

6. Tarik pengait kap mesin

Kalau kap mesin sudah terbuka, carilah pengaitnya agar kap terbuka tanpa perlu ditopang tangan kita. Bentuk pengait ini biasanya pipih dan cara membukanya cukup ditekan. Ada yang ditekan ke arah samping, ada pula ke arah atas.

Kalau mobil OtoFriends sudah dilengkapi dengan suspensi penahan, maka kap mesin tidak perlu ditahan menggunakan tiang. Kap mesin cukup ditarik sedikit, maka otomatis akan naik. Akan tetapi, kebanyakan mobil yang dipasarkan di Indonesia belum diberi suspensi kap mesin.

7. Cara menutup kap mesin

Kalau pengecekan atau perbaikan sudah selesai, kita bisa menutup kembali kap mesin. Caranya, kembalikan tiang penyangga di posisi semula. Setelah itu, kap mesin bisa ditutup dengan sedikit dibanting agar terkunci rapat. Namun, bisa juga hanya dengan menekan ujungnya agar terkunci rapat. Kedua cara tersebut sama baiknya.

Cara Mengatasi Kap Mesin Macet

Penyebab kap mesin macet biasanya karena kurang pelumas, kotor, atau per penguncinya rusak. Jika demikian, OtoFriends hanya perlu membersihkan pengunci pada kap mesin dan memberi pelumas.

Bahan yang digunakan untuk membersihkan kap mesin yakni sabun penghilang jamur. Akan tetapi, kalau pernya rusak, maka penguncinya harus diganti. Biasanya kedua komponen ini dijual sekaligus.

Harga per pengunci biasanya di bawah Rp200 ribuan. OtoFriends bisa menggunakan jasa bengkel agar pemasangannya lebih tepat. Jangan lupa, gunakan per yang sesuai dengan tipe dan jenis mobil.

Penyebab kap mesin macet lainnya juga bisa karena masalah pada kabel. Ada kabel yang menghubungkan pengunci kap mesin dan tuas pembebas. Kabel ini bisa kendur atau putus. Kalau kabelnya kendur, bisa disetel ulang agar kembali kencang. Namun, kalau putus, maka harus diganti.

Nah, itu dia langkah-langkah atau cara membuka kap mesin mobil. Sebaiknya kuasai keterampilan dasar ini agar bisa berjaga-jaga saat mobil bermasalah di tengah perjalanan. 

Akan tetapi, kalau mobil bermasalah saat sedang melakukan perjalanan, OtoFriends bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Dengan fitur peta, aplikasi akan mencarikan bengkel terdekat lokasi kita. Ada 2.000+ bengkel mitra yang tersebar se-Jabodetabek untuk membantu mengatasi permasalahan mobil!