OtoFriend, keindahan tampilan mobil menjadi yang utama bagi pemiliknya. Terutama pada bagian kap mesin mobil yang paling sering terlihat. Saat ini sudah banyak yang menjual variasi kap mesin mobil di pasaran. Pemilik mobil hanya perlu merawatnya secara rutin supaya tampilan kap mesin tetap indah dipandang.

Merawat variasi kap mesin mobil ternyata tidak boleh dilakukan asal. Terutama pada kap mesin yang memiliki air flow di bagian depannya. Perlu perawatan khusus agar kap mesin tampil maksimal. Jika salah perawatan, akan menimbulkan berbagai efek pada kap mobil kesayangan.

Lantas, bagaimana cara merawat kap mesin yang tepat untuk menjaga penampilannya? Simak ulasannya.

  1. Siram Air Secara Merata

Siram kap mesin mobil dengan air secara merata atau dengan air yang mengalir. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel pada kap mesin mobil. Perlu diingat, membersihkan kap mobil sebaiknya dilakukan saat mobil dalam keadaan dingin, agar tidak meninggalkan bekas air.

  1. Proses Pembersihan

Setelah disiram air, OtoFriend dapat menggunakan kain berjenis chamois sembari mengelap kap mesin secara berulang. Hal itu dapat dilakukan berbarengan dengan menyiram air. Cara tersebut juga bisa dilakukan dengan mengarahkan kain lap dari arah belakang ke depan agar debu dan kotoran hilang dengan sempurna.

  1. Bersihkan Air Flow Kap Mesin Mobil

Di tahap selanjutnya, bagian air flow juga harus dibersihkan secara hati-hati. OtoFriend dapat melakukan tahap ini menggunakan sikat yang lembut seperti sikat gigi bekas atau bisa menggunakan lap agar kotoran pada jaring dapat terangkat sempurna. 

  1. Lap Kap Mesin Sampai Kering

Setelah semua langkah di atas dilakukan, OtoFriend dapat mengeringkan kap mobil kesayangan menggunakan kain microfiber hingga kering seluruhnya. Pastikan tidak ada sisa air yang tertinggal agar tidak menjadi bercak air atau debu di kemudian hari.

  1. Pemberian Wax Pada Kap Mobil

Agar tampilan varian kap mesin mobil indah sempurna, OtoFriend bisa menggunakan wax tanpa silikon. Berikan wax secara merata ke seluruh bagian kap mesin mobil dengan perlahan dan tidak menekannya berlebihan. Selain itu, OtoFriend juga harus memilih wax yang tepat untuk mobil kesayangan agar tampilannya maksimal.

  1. Membersihkan Sisa Wax 

Setelah seluruh bagian kap mobil terlumuri wax secara sempurna, OtoFriend dapat membersihkannya kembali menggunakan kain microfiber. Gosok variasi kap mesin mobil secara perlahan dan berulang-ulang agar hasil bersih sempurna.

Pemasangan Air Flow pada Kap Mobil

Selain menjaga kebersihan kap mobil, Otofriend juga dapat melakukan variasi kap mesin dengan memasang air flow. Hal ini diyakini dapat menambah tampilan mobil menjadi lebih gagah.

Cara memasangnya cukup mudah, pertama siapkan variasi air flow yang kalian inginkan. Selanjutnya bersihkan bagian yang akan dipasang air flow. Setelah itu tinggal Otofriend lepas perekat pada air flow dan tempelkan di tempat yang diinginkan.

Selain menggunakan perekat, air flow juga ada yang menggunakan baut. Untuk hasil yang maksimal dapat diukur lebih dulu tempat baut yang akan dibor. Jika tidak bisa melakukannya sendiri bisa meminta bantuan di bengkel terdekat.

Disarankan untuk memilih warna dan bahan air flow yang sesuai dengan mobil kita agar terkesan lebih gagah. Sebab, variasi air flow ini sangat cocok dengan berbagai jenis mobil.

Rekomendasi Variasi Kap Mesin Mobil

Selain memasang air flow pada kap mesin mobil, kalian juga bisa menggunakan berbagai variasi lainnya, seperti memasang deflecta di bagian depan kap mesin. Deflecta juga bisa ditemui dan dibeli diberbagai bengkel variasi dan toko online yang ada.

Tak hanya itu, OtoFriend juga dapat menambah list kap mesin mobil untuk memperindah tampilan. Sebab, list kap mesin mobil tersedia dari berbagai bahan dan model.

Dengan berbagai tips yang ada di atas kalian bisa menjaga penampilan kap mesin kalian. Kalian juga bisa mencari berbagai kebutuhan otomotif kalian di Otoklix selain itu juga bisa melakukan perawatan di bengkel-bengkel rekanan yang ada di Jabodetabek dengan mencarinya di Otoklix.