Toyota Avanza merupakan mobil yang paling banyak dicari oleh konsumen Indonesia. Pasalnya, mobil ini menawarkan banyak fitur keamanan dan kenyamanan. Tak hanya itu, untuk menambah kenyamanan berkendara, pemilik mobil biasanya menambahkan sejumlah aksesoris interior mobil Avanza. Tapi, tidak semua aksesoris interior mobil Avanza cocok digunakan. 

Berikut adalah daftar aksesoris interior yang cocok untuk pengguna mobil Avanza beserta tips memilihnya agar perjalanan semakin nyaman:

Daftar Aksesoris Interior Mobil Avanza yang Bikin Nyaman

1. Tray Table atau Meja Lipat

Aksesoris interior mobil yang masih jarang dipakai orang banyak namun sangat berguna adalah tray table atau meja lipat. Meja lipat penting untuk mendukung berbagai aktivitas di dalam mobil mulai sebagai tempat menaruh makanan dan minuman, atau tempat menaruh laptop untuk bekerja.

Bahkan bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang penting sehingga lebih mudah dijangkau saat dibutuhkan. Melihat kegunaannya tersebut, meja lipat tentunya akan sangat bermanfaat sekali buat OtoFriends yang sering melakukan perjalanan jauh. 

2. Organizer

Organizer mobil mungkin menjadi aksesoris wajib saat ini. Mengingat, sifatnya yang multifungsi. Tak hanya bisa dipakai untuk menaruh barang-barang penting, melainkan juga bermanfaat untuk membuat mobil selalu rapi.

Adapun beberapa barang yang bisa disimpan di aksesoris satu ini adalah botol minum, berbagai gadget mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop, perlengkapan P3K seperti balsem atau minyak kayu putih, antimo (obat anti mabuk), inhaler, tissue, snack atau permen pelega tenggorokan, toolkit pembersih mobil, dan masih banyak lagi.

Organizer mobil tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang mudah ditemui di e-commerce. Cara pemasangannya pun terbilang mudah, tinggal direkatkan saja di bagian belakang jok mobil. Ada juga organizer ukuran kecil untuk menaruh dokumen atau kartu-kartu penting seperti e-money, uang, dsb yang bisa direkatkan pada sun visor.

3. Anti Slip Dash Mat

Aksesoris selanjutnya adalah lembaran anti slip dash mat yang ditaruh di atas dashboard mobil. Aksesoris ini berguna untuk menjaga barang-barang yang biasa ditaruh di dashboard mobil tidak mudah bergeser dan jatuh dari tempatnya.

Dengan memasang aksesoris tersebut, tentu akan sangat memudahkan OtoFriends yang masih sering meletakkan berbagai barang di dashboard mobil seperti  meletakkan uang receh, e-money, kunci mobil, dan barang kecil lainnya.

4. Tong Sampah

Satu lagi aksesoris wajib yakni tong sampah. Tak perlu banyak penjelasan, yang namanya tong sampah tentu berfungsi untuk menjaga agar mobil tetap bersih dan rapi. 

Buat OtoFriends yang sering makan, minum atau ngemil di mobil, tentu sangat butuh aksesoris satu ini untuk menampung sampah-sampah selama di perjalanan. Beberapa pengguna kendaraan roda empat bahkan butuh lebih dari satu tong sampah.

Kini tong sampah buat interior mobil telah tersedia dalam beragam warna, desain dan bentuk. Biar tampilan interior mobil makin apik, pilihlah tong sampah dengan warna yang senada dengan warna jok mobil, floor mat, dan dash mat mobil OtoFriends.

5. Aksesoris Cup Holder

Beberapa mobil mungkin sudah dilengkapi dengan cup holder namun kebanyakan kurang ergonomis dan jumlahnya kurang. Untuk itu, OtoFriends butuh cup holder tambahan.

Ada berbagai macam cup holder aftermarket yang tersedia di pasaran. Beberapa di antaranya dirancang anti guncangan dan anti tumpah. Ada juga yang dilengkapi dengan teknologi pemanas minuman atau menjaga suhu minuman tetap dingin atau hangat. Buat kamu pecinta kopi tentu butuh banget sama cup holder yang seperti itu, bukan?

Demikian pula dengan bentuk, warna, dan jumlah dudukan cangkirnya, ada banyak sekali pilihannya, yang terpenting pilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya!

6. Dash Cam

OtoFriends yang aware dengan keselamatan perjalanan wajib punya dash cam. Kalaupun tidak, OtoCrew tetap menyarankan kamu untuk memasang aksesoris ini di mobil Avanza mu. 

Dash cam merupakan kamera digital kecil yang dipasang di dashboard, kaca depan, atau kaca spion mobil. Gunanya tak hanya untuk merekam perjalanan kamu, melainkan juga penting untuk dijadikan sebagai alat bukti untuk hal-hal yang tidak diinginkan. 

Misal, kecelakaan di jalan yang melibatkan mobil avanza Kamu maupun tidak. Dengan hadirnya dash cam, maka kamu bisa membela diri bila ada yang menyalahkanmu sebagai pelaku, atau untuk kebutuhan bukti lainnya. 

7. Bantal Jok

Aksesoris satu ini bisa membuat perjalananmu semakin nyaman. Apalagi buat OtoFriends yang sering bepergian jauh. 

Bantal jok mobil umumnya ada dua macam yaitu bantal leher dan bantal punggung. Di e-commerce maupun toko offline perlengkapan aksesoris mobil biasanya sudah tersedia satu set yang terdiri dari kedua macam bantal tadi. 

Sedikit tips, pilihlah bantal jok mobil yang berbahan dasar memory foam. Lantaran, bahan ini diyakini lebih nyaman dibanding bahan lainnya. Selain itu, sesuaikan warnanya dengan warna jok mobil dan aksesoris mobil lainnya supaya tampilan interior mobil membuat betah di perjalanan.

8. Tirai Mobil

Selanjutnya, aksesoris interior mobil Avanza yang wajib ada adalah tirai mobil. Selain untuk mencegah orang luar melihat segala aktivitasmu di mobil, aksesoris satu ini juga penting untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke mobil.

Aksesoris ini cukup mudah dipasang dan disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ingin melihat pemandangan di luar mobil, tinggal dibuka saja. Bila ingin tidur nyenyak tanpa terganggu pandangan orang di luar mobil atau silaunya cahaya matahari, tinggal ditutup lagi.

9. Aksesoris Phone Holder

Mobil tanpa aksesoris satu ini rasanya bakal kurang lengkap. Lantaran, fungsinya sangat dibutuhkan bagi setiap pengendara roda empat saat ini.

Kehadiran phone holder di dasbor mobil OtoFriends bisa memudahkan saat ada telepon penting yang harus diangkat, tanpa harus melepas tangan dari setir. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai pemandu jalan.

Ya, saat ini smartphone sudah dilengkapi fitur GPS. Dengan adanya phone holder, OtoFriends tidak perlu repot melepas setir mobil atau berhenti dan menepi di jalan berkali-kali hanya untuk memastikan kamu berjalan di arah yang benar.

Cukup tempelkan smartphone di phone holder dan nyalakan aplikasi pemandu jalan secara otomatis. Perjalanan jadi lebih lancar dan lebih aman tentunya.

10. Karpet Mobil

Terakhir, karpet atau alas mobil. Ini merupakan aksesoris yang wajib kamu miliki di dalam mobil sebab berguna menjaga lantai mobil tetap bersih. 

Selain menjaga kebersihan lantai mobil, beberapa karpet mobil ada yang dirancang untuk memberikan kenyamanan lebih buat telapak kaki pengendaranya. Ada juga yang didesain multifungsi sekaligus sebagai peredam suara dan mengatur suhu di dalam mobil.

Tips Memilih Aksesoris Interior Mobil Avanza

Nah, setelah mengetahui berbagai macam aksesoris interior mobil Avanza, simak tips berikut agar tak salah pilih dan menyesal di kemudian hari:

1. Cocokkan dengan ukuran interior mobil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah soal ukuran. Ukur secara seksama ukuran ruang tempat meletakkan aksesoris yang dipilih. Lalu, cocokkan dengan aksesoris yang dikehendaki misal tirai, maka sesuaikan dengan ukuran jendela mobil, atau karpet, maka sesuaikan dengan lantai mobil, dan lain sebagainya.

Ukur secara teliti, jangan terburu-buru, sehingga ukuran aksesoris yang dipilih tak muat dengan tempatnya dan berakhir tak terpakai. Jadi mubazir, bukan? 

2. Pilih sesuai kebutuhan

Selanjutnya, pikirkan juga secara matang kebutuhan kamu terhadap aksesoris yang akan dipasang di interior mobil. Sebab, kamu tak wajib membeli semua aksesoris yang sudah OtoCrew jabarkan di atas. Pilih beberapa yang paling dibutuhkan saja. 

3. Pasang di bengkel

Ada beberapa aksesoris mobil yang mungkin sulit dipasang sendiri di rumah, seperti cup holder. Ada baiknya percayakan pemasangannya pada mekanik di bengkel terdekat atau tempat aksesoris mobil terpercaya.

Memilih bengkel yang terpercaya sangat krusial agar aksesoris dapat terpasang dengan benar. Jika asal-asalan dikhawatirkan akan merusak aksesoris bahkan interior mobil kesayangan OtoFriends.

Kamu bisa menemukan bengkel terpercaya lewat aplikasi Otoklix. Selain memudahkan mencari bengkel, dari aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan booking service sekaligus melihat harga service yang diinginkan secara real. Menarik, bukan?

Nah, demikian informasi seputar aksesoris interior mobil Avanza beserta tipsnya, semoga bermanfaat!